Roboguru

Pada Gambar 5.50 suatu transformator step down dengan kumparan primer 500 lilitan dan kumparan sekunder 250 lilitan. Kumparan primer dihubungkan dengan tegangan 120 volt. Terangkan bagaimana cara kerja transformator!

Pertanyaan

Pada Gambar 5.50 suatu transformator step down dengan kumparan primer 500 lilitan dan kumparan sekunder 250 lilitan. Kumparan primer dihubungkan dengan tegangan 120 volt.

Terangkan bagaimana cara kerja transformator!

Pembahasan Soal:

Pembahasan

Ketika kumparan primer dialiri arus AC (bolak-balik) maka akan menimbulkan medan magnet atau fluks magnetik disekitarnya. Kekuatan Medan magnet (densitas Fluks Magnet) tersebut dipengaruhi oleh besarnya arus listrik yang dialirinya. Semakin besar arus listriknya semakin besar pula medan magnetnya. Fluktuasi medan magnet yang terjadi di sekitar kumparan pertama (primer) akan menginduksi GGL (Gaya Gerak Listrik) dalam kumparan kedua (sekunder) dan akan terjadi pelimpahan daya dari kumparan primer ke kumparan sekunder.

Dengan demikian, terjadilah pengubahan taraf tegangan listrik baik dari tegangan rendah menjadi tegangan yang lebih tinggi maupun dari tegangan tinggi menjadi tegangan yang rendah.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved