Roboguru

Pada bulan Mei 1998 terjadi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa. Mahasiswa menuntut agar Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya. Akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto menyatakan berhenti dari jabatannya.  Alasan Presiden Soeharto berhenti dari jabatannya karena ...

Pertanyaan

Pada bulan Mei 1998 terjadi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa. Mahasiswa menuntut agar Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya. Akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto menyatakan berhenti dari jabatannya.  Alasan Presiden Soeharto berhenti dari jabatannya karena ...

  1. Presiden Soeharto beserta anggota kebinet tidak dapat memperbaiki keadaan ekonomi

  2. Didudukinya gedung MPR dan DPR oleh mahasiswa yang memaksa Presiden Soeharto turun

  3. Beberapa menteri dari Kabinet Pembangunan VII mengundurkan diri dari jabatannya

  4. Presiden Soeharto tidak berhasil menyelesaikan keadaan sosial ekonomi yang memburuk

Pembahasan Soal:

Presiden Soeharto menyampaikan pidato pengunduran dirinya sebagai presiden pada 21 Mei 1998. Mundurnya Soeharto ini merupakan puncak dari kerusuhan dan aksi protes di berbagai daerah dalam beberapa bulan terakhir. Krisis ekonomi yang tak kunjung membaik sejak 1997 dan terpilihnya kembali Soeharto menjadi Presiden RI pada Maret 1998 memantik situasi memanas di penjuru negeri. Dengan situasi itu, sejumlah pihak mulai mendesak Soeharto untuk mundur dari jabatannya, di antaranya berasal dari pimpinan DPR, baik ketua maupun wakil ketua.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Orde Baru diganti dengan Orde Reformasi. Peristiwa ini ditandai dengan turunnya Soeharto dari jabatan presiden pada tanggal ...

Pembahasan Soal:

Turunnya Presiden Soeharto dari jabatannya menandai dimulainya Orde Reformasi di Indonesia. Akibat timbulnya gejolak masyarakat yang kian memanas dan belasan anggota kabinet yang mengundurkan diri, akhirnya Presiden Soeharto mundur dari jabatannya pada tanggal 21 Mei 1998 dan digantikan oleh Wakil Presiden B.J. Habibie.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Hasil dari Peristiwa Reformasi ...

Pembahasan Soal:

Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia. Gerakan ini pada awalnya hanya berupa demonstrasi di kampus-kampus besar. Namun mahasiswa akhirnya harus turun ke jalan karena aspirasi mereka tidak mendapatkan respon dari pemerintah. Gerakan Reformasi tahun 1998 mempunyai enam agenda yaitu:

  1. Suksesi kepemimpinan nasional
  2. Amendemen UUD 1945
  3. Pemberantasan KKN
  4. Penghapusan dwifungsi ABRI
  5. Penegakan supremasi hukum,
  6. Pelaksanaan otonomi daerah

Agenda utama gerakan reformasi adalah turunnya Soeharto dari jabatan presiden. Akhirnya, pada 21 Mei 1998 pukul 09.00 WIB Presiden Soeharto membacakan pernyataan pengunduran dirinya. Jadi hasil dari Peristiwa Reformasi adalah berhasi membuat Presiden Soeharto mengundurkan diri, dan pemerintahan di serahkan kepada BJ. Habibie.

Roboguru

Setelah mendapat tekanan dari berbagai pihak akhirnya Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 pukul 09.00 membacakan pernyataannya sebagai berikut ....

Pembahasan Soal:

Pada Mei 1998 di Indonesia banyak sekali terjadi kerusuhan,baik di tingkat lokal maupun nasional. Peiristiwa ini sering juga disebut sebagai kerusuhan Mei 1998. Kerusuhan ini diatarbelakangi adanya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998, Krisis ekonommi ini diawali dari adanya krisis moneter yang melanda Thailand pada awal Juli 1997, yang mengakibatkan nilai tukar mata uang negara-negara di Asia seperti Malaysia, Filipina, dan juga Indonesia menjadi melelmah. Melemahnya nilai tukar rupiah mengakibatkan naiknya harga bahan-bahan kebutuhan pokok, menaikan harga bbm naik dua kali lipat, dan ribuan usaha bangkrut. Bangkrutnya usaha ini berimbas pada meluasnya pengangguran dan meningkatkan angka kemiskinan akibbat dari terjadinya PHK secara besar-besaran.

Melihat keadaan negara yang semakin tidak menentu. Para Mahasiswa di sejumlah kampus dan daerah melakukan aksi demo. Misalnya, aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Trisakti. Aksi ini merupakan aksi damai yang dilakuakan Mahasiswa Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998, yang nyatanya justru berujung dengan kematian 4 orang Mahasiswa yang biasa kita kenal sebagai Tragedi Trisakti. Selain demonstrasi dari Mahasiswa pada tanggal 13-15 Mei terjadi banyak sekali kerusuhan baik di pusat maupun di daerah. Kerusuhan ini berupa penjarahan besar-besaran baik di toko maupun pusat-pusat perbelanjaan, sweeping rasis terhadap etnis tionghoa, serta pembakaran Mall dan kendaran-kendaran bermotor turut membuat keadaan kemanan di Indonesia pada masa itu semakain tidak terkendali.

Melihat keadaan yang semakin tidak terkendali dan tersebarnya berita kematian yang menimpa 4 mahasiswa Trisakti membuat para mahasiswa semakin geram dan tak dapat dibendung lagi aksinya.  Puncaknya Pada 18 Mei 1998 terjadi aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa dari berbagai kampus secara besar-besaran. Mahasiswa terlihat memenuhi dan menduduki gedung DPR/MPR.
Salah satu yang menjadi tuntutan dari mahasiswa adalah adanya Suksesi kepemimpinan nasional, diamana dalam agenda ini Mahasiswa Menuntut Soeharto turun dari jabatanya. Melihat banyaknya kekacauan dan tekanan dari bebrbagai pihak yang memintanya untuk mundur, demi keamanan dan keberlangsungan negara Republik Indonesia. Maka pada tanggal 21 Mei 1998 tepatnya pada pukul 09.00 presiden Soeharto membacakan surat pengunduran dirinya yang berisi:

“saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai presiden RI terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari Kamis, 21 Mei 1998”.

Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah pilihan A berdasarkan dari isi surat pengunduran Soeharto yang dibacakan pada 21 Mei 1998.

Roboguru

Perhatikan gambar peristiwa yang terjadi pada 21 Mei 1998 berikut! Salah satu faktor yang mendorong terjadinya peristiwa pada gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada 21 Mei 1998, Soeharto mengundurkan diri. Pengunduran diri Soeharto dari jabatan presiden, dapat dilihat dari Lima Faktor penyebabnya, yakni :

  1. Memburuknya situasi perekonomian di Indonesia saat itu karena krisis moneter sejak Juli 1997. Krisis ini dipengaruhi perekonomian di Thailand yang membuat para investor takut melakukan kerjasama di bidang perekonomian baik itu bilateral maupun multilateral, khususnya di negara Asia Tenggara.
  2. Soeharto yang terpilih sebagai presiden kedua Indonesia ini dianggap sebagai pemimpin yang sudah dipahami karena setiap kebijakan harus melalui dirinya.
  3. Terjadinya perpecahan di dalam kabinet, MPR, ABRI dan Birokrat lainnya.
  4. Tuntutan untuk revolusi namun lebih diperhalus menjadi reformasi oleh pelajar saat itu karena Soeharto dinilai sebagai pemimpin yang tidak demokratis, pelanggar HAM dan sarat KKN. Pemimpin oposisi pun ikut handil dalam tuntutan ini, seperti Amien Rais, Megawati Soekarnoputri, Abdurahman Wahid, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan lainnya.
  5. Mahasiswa di seluruh negeri ini melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran dan berhasil menduduki Gedung MPR RI. Dalam aksi tersebut, berbagai tuntutan di suarakan, salah satunya kebebasan hak berpendapat. Pada aksi ini, khusus di Ibukota Indonesia, Jakarta banyak fasilitas umum yang hancur bahkan gedung-gedung rusak berat. Tak hanya itu, banyak toko-toko di jarah oleh oknum yang mengambil kesempatan dalam situasi tersebut.

Kelima faktor tersebut merupakan krisis multidimensi di Indonesia yang tidak mampu diatasi oleh pemerintahan Orde Baru sehingga Presiden Soeharto mundur dari jabatannya. Jadi jawabannya adalah B.

Roboguru

Orde Baru diganti dengan Orde Reformasi. Peristiwa ini ditandai dengan turunnya Suharto dari jabatan presiden pada tanggal...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 19 Mei 1998, ribuan mahasiswa dari uluhan perguruan tinggi menduduki Gedung MPR/DPR. Mereka menuntut agar Suharto mundur dari kursi kepresidenan. Menghadapi tuntutan tersebut, Presiden Suharto mengadakan pertemuan dengan sembilan tokoh masyarakat dan menyatakan akan merombak (reshuffle) Kabinet Pembangunan VII menjadi Kabinet Reformasi. Namun, tuntutan pengunduran diri Suharto tetap tidak surut. Ketidaksediaan sejumlah tokoh menjadi anggota Kabinet Reformasi mengakibatkan pembentukan kabinet ini mengalami kegagalan. Akhirnya, pada tanggal 21 Mei 1998 Suharto menyatakan berhenti sebagai presiden dan menyerahkan jabatan kepada Wakil Presiden, B. J. Habibie.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved