Roboguru

Pada awal masa Orde Baru, program ekonomi pemerintah lebih banyak tertuju kepada upaya penyelamatan ekonomi nasional. Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah mengeluarkan program ekonomi, seperti ......

Pertanyaan

Pada awal masa Orde Baru, program ekonomi pemerintah lebih banyak tertuju kepada upaya penyelamatan ekonomi nasional. Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah mengeluarkan program ekonomi, seperti ......undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sebagai upaya penyelamatan ekonomi nasional, pemerintah Orde Baru menerapkan berbagai kebijakan ekonomi, di antaranya:

  1. Pembentukan Dewan Stabilias Ekonomi Nasional pada 11 Agustus 1966. Dewan Stabilias Ekonomi Nasional bertanggung jawab kepada Presiden dengan tugas merumuskan kebijaksanaan-kebijaksanaan di bidang ekonomi.
  2. REPELITA merupakan satuan perencanaan yang dibuat oleh pemerintah Orde Baru (1966-1998). REPELITA terbagi menjadi 5 tahap program kerja, yaitu REPELITA I⁠ (1969-1974)—fokusnya adalah memenuhi kebutuhan dasar dan infrastruktur dengan penekanan pada bidang pertanian. Contoh nyata dari program ini ialah penerapan Revolusi Hijau. REPELITA II (1975-1979)⁠—fokusnya adalah meningkatkan pembangunan di luar pulau Jawa, Madura, dan Bali. Terdapat program transmigrasi pada tahap ini. REPELITA III (1979-1984)⁠—fokusnya adalah penekanan terhadap bidang industri padat karya yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor. Pada tahap ini, Indonesia berhasil meraih prestasi berupa swasembada beras nasional (negara dapat memenuhi kebutuhan beras rakyatnya dengan produksi nasional). REPELITA IV (1984-1989)⁠—fokusnya adalah menciptakan lapangan kerja dan industri baru. Oleh karena prestasi yang diraih pada tahap sebelumnya, Indonesia mengalami keadaan ekonomi yang dinamakan Oil Boom. Hal ini menyebabkan terdapat kebijakan-kebijakan yang mendukung sumber daya  manusia. REPELITA V (1989-1994)⁠—fokusnya adalah penekanan terhadap bidang transportasi, komunikasi, dan pendidikan. Industri jasa mulai dibangun secara mapan di Indonesia pada tahap ini.
  3. Trilogi Pembangunan adalah wacana pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintahan orde baru di Indonesia sebagai landasan penentuan kebijakan politik, ekonomi, dan sosial dalam melaksanakan pembangunan negara. Trilogi pembangunan terdiri dari 3 : pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Dengan demikian program ekonomi pada masa orde baru yaitu Pembentukan Dewan Stabilias Ekonomi Nasional, Repelita, dan Trilogi Pembangunan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan p...

Pembahasan Soal:

Peryataan salah, karena seharusnya Tritura merupakan dampak kekecewaan     Mahasiswa dan rakyat pasca G 30 S/PKI.

Alasan benar, karena Salah  satu contoh penyelewengan terhadap UUD 1945 adalah ketika MPRS memutuskan untuk mengangkat Ir. Sukarno menjadi presiden seumur  hidup.

 

0

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk kebijakan politik pemerintahan Presiden Soeharto adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Pembubaran PKI merupakan isi dari surat perintah 11 Maret 1965 yang di intruksikan untuk Soeharto.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.     Pemberontakan G30S telah mengakibatkan dibubarkannya PKI dan dilarangnya penyebaran komunis d...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Pemberontakan yang dilakukan oleh G30S menjadi katalis dan casus belli terhadap usaha pembubaran PKI dan larangan terhadap ideologi komunisme. Selain itu, hal tersebut juga dijadikan sebagai alasan untuk menangkap simpatisan komunis di Indonesia termasuk diantaranya beberapa menteri kabinet.

Alasan benar. Pembentukan SEATO dilakukan oleh Amerika Serikat untuk membendung penyebaran komunisme di Asia Tenggara seiring dengan makin berkobarnya Perang Vietnam dan Konflik di Kamboja.

Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.  spacePemberontakan G30S menyebabkan dibubarkannya PKI dan dilarangnya ideologi komunisme untuk berkembang di Indonesia. Sementara itu, SEATO memang dibentuk untuk membendung pengaruh komunisme di Asia Tenggara. Akan tetapi kedua pernyataan tersebut tidak memiliki korelasi sebab akibat.


Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.  space

0

Roboguru

Jelaskan dengan lengkap kapan secara resmi pemerintahan Orde Baru terbentuk...

Pembahasan Soal:

Pemerintahan Orde Baru resmi terbentuk pada tahun 1967 sesuai dengan pengangkatan Soeharto sebagai Presiden RI yang dilakukan oleh MPRS. 


Dengan demikian, Pemerintahan Orde Baru resmi terbentuk pada tahun 1967 sesuai dengan pengangkatan Soeharto sebagai Presiden RI yang dilakukan oleh MPRS.space space space  

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan dampak negatif di bidang sosial pada masa akhir pemerintahan Orde Baru, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Masa akhir pemerintahan orde baru menyebabkan beberapa permasalah sosial diantaranya kesenjangan sosial yang menjadi wujud utama dari pembangunan yang tidak merata, kecemburuan sosial yang terjadi karena besarnya jarak antara yang kaya dan yang miskin, disintegrasi sosial sebagai akibat tidak adanya institusi yang mampu mempertahankan tata tertib dalam masyarakat, serta penjarahan sebagai akibat makin memburuknya kondisi perekonomian masyarakat semasa krisis.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved