Roboguru

Pada 23 Juli 1914 pemerintah Austria mengeluarkan ultimatum pasca penyelidikan kasus penembakan putra mahkota Austria. Adanya ultimatum tersebut disebabkan…

Pertanyaan

Pada 23 Juli 1914 pemerintah Austria mengeluarkan ultimatum pasca penyelidikan kasus penembakan putra mahkota Austria. Adanya ultimatum tersebut disebabkan…

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sebulan setelah dibunuhnya Putra Mahkota Austria-Hungaria Franz Ferdinand bersama istrinya oleh Gavrilo Princip, seorang militan nasionalis Serbia di Sarajevo, Kerajaan Austria-Hungaria mengumumkan perang terhadap Serbia. Tindakan yang didukung oleh Jerman ini sekaligus mengawali Perang Dunia I, yang memakan korban sedikitnya 9 juta nyawa manusia. Setelah terbunuhnya Putra Mahkota Franz Ferdinand dan istrinya Sophie, pada 23 Juli 1914, Austria-Hungaria pada memberikan ultimatum kepada Serbia yang di antaranya meminta beberapa hal di antaranya penyelidikan yang mereka lakukan sendiri atas pembunuhan putra mahkotanya. Pihak Serbia berusaha memenuhi semua permintaan tersebut namun gagal memenuhi salah satu dari semua tuntutan Austria Hungaria. Sebagai jawaban atas ketidaksanggupan Serbia, Austria-Hungaria yang mendapat dukungan dari sekutu kuatnya, Jerman langsung memutuskan hubungan diplomatik dan mendeklarasikan perang terhadap negara Balkan tersebut pada 28 Juli 1914. Serbia yang juga didukung oleh sekutu mereka, Rusia juga tidak tinggal diam dan segera mempersiapkan mobilisasi militer untuk menghadapi Austria-Hungaria dan Jerman. Konflik itu dengan cepat meningkat saat Jerman mengumumkan perang terhadap Rusia, yang sebelumnya telah mengerahkan pasukannya untuk membantu Serbia. Prancis yang merupakan sekutu Rusia diikuti oleh Inggris ikut terseret ke dalam konflik setelah mendeklarasikan perang terhadap Jerman pada 3 dan 4 Agustus 1914. Hanya dalam waktu kurang dari sepekan negara-negara besar di Eropa terlibat dalam salah satu konflik terbesar dan paling berdarah dalam sejarah yang dikenal dengan nama Perang Dunia I.

Dengan demikian, Austria-Hungaria pada memberikan ultimatum kepada Serbia yang di antaranya meminta beberapa hal di antaranya penyelidikan yang mereka lakukan sendiri atas pembunuhan putra mahkotanya. Pihak Serbia berusaha memenuhi semua permintaan tersebut namun gagal memenuhi salah satu dari semua tuntutan Austria Hungaria.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketidakstabilan politik pada awal abad ke XX di daerah Balkan memicu terjadinya Perang Dunia I. Salah satu kondisi yang menunjukan ketidakstabilan politik tersebut ialah ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1908 Kerajaan Austria menguasai Bosnia dan Herzegovina. Sedangkan Bulgaria, Yunani, Montenegro, dan Serbia menyatukan kekuatan untuk menguasai beberapa wilayah lain di sekitar Balkan. Pada tahun 1913 Serbia berperang melawan Bulgaria. Akibatnya, Bulgaria kehilangan banyak wilayah. Pada bulan Juni 1914 wilayah Balkan merupakan wilayah labil.

Dengan demikian, ketidakstabilan di wilayah Balkan karena muncul semangat nasionalisme, persaingan antarmasyarakat dari berbagai kelompok etnik, dan perbedaan politis.

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan Perang Dunia I adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I terjadi (1914-1918) dipicu oleh pembunuhan Franz Ferdinan. Selain itu factor lainnya karena disebabkan permusuhan diantara Negara-negara Eropa dan merupakan perang besar pertama yang melibatkan semua Negara besar di dunia.  Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan Perang Dunia I adalah disebabkan kekecewaan Jerman atas Perjanjian Versailles karena hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya Perang Dunia II (1939 – 1945) bukan Perang Dunia I.

0

Roboguru

Mengapa bisa terjadi Perang Dunia ke 1?

Pembahasan Soal:

Tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah umat manusia, adalah Peristiwa Perang Dunia 1 yang berlangsung dari tahun 1914-1918. Peristiwa yang memakan korban hingga jutaan nyawa manusia menghilang dan jutaan lainnya mengalami luka ringan dan berat tersebut, dipicu oleh beberapa sebab. Adapun beberapa sebab umum terjadinya Perang Dunia 1: (1) munculnya politik aliansi, dalam arti persekutuan antara satu negara dengan negara lain untuk sama-sama memberikan perlindungan, misalnya Blok Sekutu yang terdiri dari Prancis, Inggris, Australia, Amerika Serikat, Rumania, Belgia, Italia, dan Blok Sentral terdiri dari Jerman, Turki Ottoman dan Austria-Hongaria, (2) perlombaan senjata, dan (3) adanya pergerakan kebangsaan rakyat di Balkan. Adapun pemicu khusus Perang Dunia 1: (1) Franz Ferdinand, yang merupakan putera mahkota kekaisaran Austria-Hungaria, oleh Gavrilo Princip, seseorang yang berusaha menyatukan Bosnia dari Austria-Hungaria, dengan Kerajaan Serbia, (2) ultimatum perang dari Austria-Hungaria terhadap Serbia, dan (3) pernyataan perang dari Jerman terhadap Rusia dan Prancis.

Dengan begitu, Perang Dunia 1 bisa terjadi karena sebelumnya telah ada serangkaian peristiwa yang memicu hingga kemudian Perang Dunia 1 pecah.

0

Roboguru

Informasi berikut yang tidak tepat terkait kondisi politik wilayah Balkan sebelum Perang Dunia I adalah ....

Pembahasan Soal:

Sebelum meletusnya Perang Dunia I, wilayah Balkan dikuasai oleh tiga kekaisaran yakni, Rusia, Austria dan Kekaisaran Turki. Turki menguasai sebagian besar Balkan yaitu meliputi Albania, Montenegro, Bulgaria, Macedonia, Serbia dan Rumania. Namun dalam perkembangannya kekuasaan Turki Ottoman semakin melemah. Hal tersebut berdampak pada Austria dan Rusia yang  mulai mengusai berbagai wilayah Balkan. Balkan sendiri terdiri dari berbagai etnis antara lain bangsa Slavia, Latin, Yunani, Albanian, Turki, Rumania. Serbia mempelopori bangsa Slavia dengan membentuk Pannasionalisme Salvia yaitu mendirikan negara untuk bangsa Slavia. Tokoh yang membuat Pannasionalisme Salvia adalah Nicholas Paschich.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Pada September 1914, pasukan Jerman berhasil menyerang Kota Paris, Prancis. Dampak serangan tersebut bagi Prancis adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 3 Agustus 1914, Jerman menyatakan perang terhadap Prancis sebagai bagian dari Perang Dunia I. Perancis pun segera bergabung dengan Rusia dengan membentuk Blok Sekutu bersama Inggris, Italia, dan negara-negara lain. Pada tanggal 2 September 1914, pasukan Jerman dengan cepat mendekati dan berhasil menyerang Kota Paris, Prancis. Akibat dari serangan ini adalah pemerintah Prancis meninggalkan Kota Paris dan untuk sementara pusat pemerintah Prancis dipindahkan ke Bordeaux.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved