Roboguru

Ovulasi dirangsang oleh hormon....

Pertanyaan

Ovulasi dirangsang oleh hormon....space

  1. FSHspace 

  2. LHspace 

  3. oksitosinspace 

  4. relaksinspace 

  5. estrogenspace 

Pembahasan Soal:

Proses ovulasi adalah matangnya sel ovum dan akan keluar dari ovarium untuk melakukan proses fertilisasi. Ovulasi dirangsang oleh hormon LH namun hormon FSH juga memiliki peran dalam sekresi hormon LH. Kelenjar Hipofisis awalnya mengeluarkan hormon FSH, kemudian FSH merangsang folikel yang berada dalam ovarium untuk membentuk hormon estrogen yang menyebabkan pertumbuhan sekunder dan juga berfungsi untuk merangsang kelenjar hipofisis untuk mengeluarkan hormon LH. Kemudian hormon LH merangsang folikel untuk kedua kalinya sehingga membuat folikel pecah dan keluarlah oosit sekunder (proses ovulasi).space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Setelah individu wanita mengalami masa puber maka di dalam tubuhnya akan terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan . . . .

Pembahasan Soal:

Oogenesis terdapat 3 tahapan secara garis besar:

  1. Tahap penggandaan yaitu sel primordial mengalami pembelahan membentuk oogonium (2n) pada saat wanita masih janin (kandungan)
  2. Tahap pertumbuhan yaitu oogoniium membelah secara mitosis membentuk oosit primer terjadi saat wanita menjadi bayi. Kemudian oosit primer mengalami dormansi sampai masa pubertas.
  3. Tahap pematangan, saat masa pubertas hormon wanita mengalami perubahan sehingga mengakinabatkan oosit primer membelah secara meiosis I menjadi oosit sekunder (n) dan badan polar (n). Oosit sekunder membelah kembali menjadi ootid (n) dan badan polar II (n) secara meiosis II. Ootid menjadi ovum melalui mekanisme diferensiasi. Ovum yang tidak dibuahi akan luruh bersama dengan endometrium melalui mekanisme menstruasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Menjelang kelahiran, serviks menjadi lunak dan tulang panggul menjadi longgar. Hormon apa yang memengaruhi peristiwa tersebut?

Pembahasan Soal:

Menjelang kelahiran, serviks menjadi lunak dan tulang panggul akan menjadi longgar, kondisi tersebut terjadi karena tubuh memproduksi dan melepaskan hormon relaksin, dimana keberadaan hormon tersebut mampu membuat ikatan sendi menjadi lebih lunak dan tulang panggul menjadi lebih lentur sehingga memberi ruang yang cukup untuk persalinan agar bayi dapat mudah keluar. 

1

Roboguru

Jelaskan pengaruh perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen pada sistem reproduksi wanita!

Pembahasan Soal:

Hormon estrogen pada organ reproduksi wanita memiliki beberapa peran, diantaranya:

  1. Memunculkan ciri fisik kelamin sekunder wanita seperti pembesaran payudara.
  2. Berperan untuk merangsang pembentukan endometrium.
  3. Merangsang pengeluaran hormon LH.

Apabila tubuh kekurangan hormon estrogen, maka dapat menyebabkan:

  1. Pertumbuhan ciri kelamin sekunder dapat terhambat seperti pertumbuhan payudara yang lambat.
  2. Dapat menyebabkan terhambatnya pengeluaran hormon LH yang berfungsi untuk ovulasi (pelepasan ovum) sehingga secara tidak langsung juga dapat menghambat pengeluaran ovum.
  3. Tidak dapat terjadi menstruasi, dikarenakan tidak ada pembentukan dinding endometrium.

Hormon Progesteron memiliki fungsi utama untuk merangsang penebalan dan mempertahankan dinding endometrium, apabila produksi hormon ini terhambat, maka dapat menyebabkan peluruhan dinding endometrium yang terbentuk sehingga terjadi peristiwa Menstruasi.

Dengan demikian, perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron berpengaruh terhadap siklus reproduksi perempuan yaitu siklus menstruasi.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar siklus uterus berikut! Berdasarkan siklus tersebut, hormon yang berperan merangsang ovulasi memuncak pada hari ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar tersebut, dapat diketahui bahwa menstruasi terjadi pada hari 1-7, terlihat dari peluruhan endometrium yang terjadi. Bersamaan dengan menstruasi, pematangan folikel di ovarium terjadi dan folikel yang sedang berkembang mensekresikan estrogen yang akan merangsang penebalan endometrium, sehingga dapat teramati adanya penebalan dari hari ke 7-14. Selain memicu penebalan dinding rahim, estrogen yang memuncak juga memicu pelepasan LH, hal ini terjadi pada hari ke 14. LH yang memuncak memicu ovulasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
 

0

Roboguru

Seorang perempuan telah mengalami beberapa kali keguguran. Dokter menduga hal itu disebabkan kekurangan hormon yang menyebabkan lapisan dalam uterus meluruh, seperti yang terjadi pada menstruasi. Tind...

Pembahasan Soal:

Keguguran yang dialami wanita tersebut disebabkan oleh kurangnya hormon estrogen. Estrogen yang dihasilkan oleh ovarium wanita membuat lapisan endometrium menebal. Dinding rahim yang tebal dan subur sangat penting dalam siklus haid dan kehamilan. Endometrium yang sehat memungkinkan implantasi sel telur yang telah dibuahi (embrio) sehingga kehamilan bisa berlanjut. Tetapi apabila kadar hormon estrogen rendah, maka lapisan endometrium akan menipis dan implantasi sel telur tidak bisa terjadi. Kadarnya yang rendah bisa terjadi akibat olahraga yang berlebihan, gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, gangguan fungsi kelenjar pituitari otak yang memicu ovarium untuk menghasilkan estrogen, serta kelainan ovarium akibat defek genetik atau penyakit autoimun. Kadar hormon estrogen dapat diperiksa melalui pemeriksaan darah. Jika kadarnya rendah, hormon estrogen oral diberikan sebagai terapi lini pertama. Bila gagal, baru digunakan alternatif lain seperti patch estrogen, injeksi estrogen, atau estrogen intravagina.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved