Roboguru

Oviduk dan uterus berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor ...

Pertanyaan

Oviduk dan uterus berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor ...space

space 

  1. 2 dan 4space 

  2. 1 dan 2space 

  3. 1 dan 3space 

  4. 2 dan 3space

  5. 1 dan 4space 

Pembahasan Soal:

Sistem reproduksi pada wanita terdiri dari beberapa organ inti dengan fungsi yang berbeda. Organ reproduksi wanita terdiri dari :

1. Ovarium, disebut indung telur

Ovarium adalah sepasang organ berbentuk oval yang terletak di rongga perut. Ovarium memiliki struktur berbentuk bulatan-bulatan yang disebut folikel. Tiap folikel mengandung sel telur (oosit) yang berada pada lapisan tepi ovarium. Fungsinya adalah memproduksi telur matang untuk pembuahan dan produksi hormon steroid dalam jumlah besar.

2. Oviduk (Tuba Fallopi)

Oviduk merupakan saluran penghubung antara ovarium dan rahim (uterus). Di ujungnya terdapat fimbria yang menyerupai jari-jari untuk menangkap telur yang matang. Oviduk ini berfungsi untuk membawa sperma dan telur ke tempat terjadinya pembuahan, yaitu ampula tuba.

3. Rahim (Uterus)

Rahim pada wanita hanya ada satu dan tersusun atas otot yang tebal. Rahim bagian bawah memiliki ukuran yang lebih kecil dan biasa disebut sebagai leher rahim (cervix). Bagian yang besar dari uterus disebut dengan corpus uteri. Terdapat tiga lapisan utama uterus, yaitu perimetrium, miometrium, dan endometrium. Endometrium merupakan lapisan yang akan mengalami penebalan dan pengelupasan apabila tidak ada pembuahan. Fungsi utamanya adalah tempat menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

4. Vagina

Vagina merupakan alat kelamin wanita yang menghubungkan alat kelamin luar dengan rahim. Vagina terdiri atas otot yang membujur ke arah belakang. Dinding vagina banyak memiliki lipatan meskipun lebih tipis dari rahim. Selain itu, lendir yang dihasilkan dari dindingnya berfungsi mempermudah persalinan. Fungsi vagina adalah menahan penis saat berhubungan seksual dan menyimpan semen sementara.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Roa

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar alat reproduksi wanita pada gambar berikut! Tuliskan nama alat reproduksi wanita dan fungsinya setiap nomor yang tertera pada gambar!

Pembahasan Soal:

Gambar di atas merupakan gambar organ reproduksi pada wanita. Berikut merupakan organ dan fungsinya sesuai yang ditunjuk pada soal :

  1. Ovarium (indung telur), merupakan sepasang organ berbentuk seperti buah almond yang berada disamping uterus. Fungsi ovarium yakni menghasilkan ovum (sel telur), umumnya setiap ovarium menghasilkan ovum setiap 28 hari. Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut berfungsi mengatur siklus menstruasi dan mengatur perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder pada perempuan.
  2. Infundibulum. Infundibulum merupakan bagian pangkal oviduk yang menyerupai bentuk corong. Pada infundibulum terdapat jumbai-jumbai (fimbrae) yang berfungsi menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. Ovum yang ditangkap oleh infundibulum akan masuk ke tuba fallopi.
  3. Tuba fallopi atau oviduk (saluran telur), merupakan saluran dengan panjang sekitar 10 cm. Tuba fallopi berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi (pembuahan) dan tempat menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus.
  4. Uterus (rahim), merupakan rongga pertemuan oviduk kanan dan kiri yang berbentuk seperti buah pir. Uterus manusia berfungsi sebagai tempat perkembangan zigot apabila terjadi fertilisasi dan tempat berkembangnya embrio. Uterus terdiri dari dinding berupa lapisan jaringan yang tersusun dari beberapa lapis otot polos dan lapisan endometrium. Endometrium merupakan lapisan yang mengalami penebalan yang akan meluruh dalam proses menstruasi.
  5. Serviks (leher rahim), merupakan bagian bawah rahim yang mengecil. Serviks adalah struktur yang menghubungkan mulut rahim dengan vagina.
  6. Vagina, merupakan sebuah tabung berlapiskan otot yang membujur ke arah belakang dan atas  yang menghubungkan uterus ke alat kelamin bagian luar tubuh, yaitu vulva. Dinding vagina lebih tipis daripada dinding rahim dan banyak memiliki lipatan. Hal ini untuk mempermudah jalan kelahiran bayi.space 
Roboguru

Perhatikan gambar reproduksi bagian dalam wanita. Nama dan fungsi bagian yang diberi label P adalah ....

Pembahasan Soal:

Nama dan fungsi dari bagian yang ditunjuk oleh huruf P adalah ovarium yang fungsinya sebagai tempat berlangsungnya proses oogenesis.undefined 


A = Serviks, tempat menempelnya plasentaundefined 
B = Uterus, tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio.undefined 
E = Vagina, tempat jalan keluarya bayi pada saat dilahirkan.undefined 
C = Oviduk, tempat berlangsungnya fertilisasi.undefined 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah Dundefined 
 

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Dari gambar diatas, apa yang terjadi seandainya bagian yang berlabel C mengalami penyumbatan?

Pembahasan Soal:

Bagian C pada organ tersebut adalah oviduk atau tuba fallopi yang berfungsi sebagai saluran lewatnya ovum untuk melakukan fertilisasi dengan sperma. Sehingga, jika bagian C mengalami penyumbatan maka tidak akan terjadi kehamilan.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space

Roboguru

Perhatikanlah gambar organ reproduksi di bawah ini! Tulislah nama organ yang ditunjuk oleh nomor 4 serta fungsinya!

Pembahasan Soal:

Sistem reproduksi merupakan sistem yang berfungsi untuk proses perkembangbiakan makhluk hidup. Pada wanita, organ reproduksi terdiri atas organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam. Gambar pada soal merupakan organ reproduksi wanita bagian dalam yang terdiri dari :

  1. Ovarium, berfungsi sebagai tempat penghasil ovum.
  2. Oviduk atau tuba falopi, berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi.
  3. Uterus, berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio hingga siap lahir.
  4.  Vagina, berfungsi sebagai saluran kopulasi dan tempat keluarnya bayi.

Bagian yang ditunjuk oleh nomor 4 adalah oviduk atau tuba falopi. Oviduk merupakan sepasang saluran yang ujungnya berbentuk corong yang disebut infundibulum. Pada infundibulum terdapat fimbriae (rumbai-rumbai untuk menangkap ovum). Oviduk berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi.space space 

Roboguru

Pasangan yang tepat antara organ reproduksi dan fungsinya adalah ....

Pembahasan Soal:

Alat kelamin dalam pada wanita terdiri atas ovarium, oviduk, uterus dan vagina. Ovarium merupakan organ kecil yang menghasilkan sel telur (ovum). Tuba fallopi (oviduk) merupakan saluran yang dilewati ovum setelah dilepaskan oleh ovarium menuju uterus. Tuba fallopi berupa saluran berotot dengan bagian pangkal berbentuk corong yang dilengkapi rumbai-rumbai untuk menangkap ovum yang disebut fimbrae. Tuba fallopi juga berfungsi sebagai tempat fertilisasi. Uterus (rahim) merupakan tempat pertemuan dua saluran telur yang membentuk rongga tempat pertumbuhan embrio. Dinding uterus bagian dalam dilapisi oleh endometrium. Vagina merupakan alat kopulasi pada wanita. Vagina berhubungan dengan uterus melalui leher rahim (serviks).

Alat kelamin dalam pada laki-laki tersusun atas kelenjar kelamin (testis), kelenjar askesoris dan saluran kelamin. Testis merupakan kelenjar kelamin yang berfungsi untuk membentuk sperma dan menyintesis androgen terutama hormon testosteron. Testis dibungkus oleh skrotum. Kelenjar askesoris laki-laki terdiri atas kelenjar prostat, kelenjar cowper dan vesikula seminalis. Sedangkan saluran kelamin terdiri atas epididimis, vas deferens dan saluran ejakulasi. Epididimis merupakan saluran panjang berkelok-kelok yang keluar dari testis. Epididimis berfungsi untuk tempat penyimpanan dan pemasakan sperma. Vas deferens merupakan saluran lurus berfungsi untuk mengangkut sperma menuju ke vesikula seminalis. Saluran ejakulasi merupakan saluran pendek penghubung antara kantong sperma dan uretra. Saluran ini mampu mengalirkan sperma menuju ke uretra dan keluar melalui penis.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved