Roboguru

Novel I Novel II Selama sakit, Hanafi banyak mendapat nasihat dari ibunya. Ibunya membujuknya untuk menikahi wanita pribumi pilihan ibunya. Karena cintanya ditolak oleh Corrie, dia menerima tawaran ibunya. Hanafi pun menikah dengan Rapiah. Perkawinan yang tidak didasari perasaan cinta itu membuat keluarga Hanafi-Rapiah tidak bahagia. Hanafi sering menyakiti Rapiah. Pemuda itu mendampingi kekasih hatinya dengan setia. Namun, penyakit TBC yang diderita Maria semakin hari semakin parah sehingga tak lama kemudian Maria pun meninggal dunia. Sebelum ia menghembuskan napasnya yang terakhir, ia meminta kekasihnya untuk menerima kakaknya sebagai penggantinya. Setelah Maria meninggal dunia, Tuti dan Yusuf menjalin hubungan kasih, Mereka pun sepakat untuk menikah. Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Novel I

Novel II

Selama sakit, Hanafi banyak mendapat nasihat dari ibunya. Ibunya membujuknya untuk menikahi wanita pribumi pilihan ibunya. Karena cintanya ditolak oleh Corrie, dia menerima tawaran ibunya. Hanafi pun menikah dengan Rapiah. Perkawinan yang tidak didasari perasaan cinta itu membuat keluarga Hanafi-Rapiah tidak bahagia. Hanafi sering menyakiti Rapiah.

Pemuda itu mendampingi kekasih hatinya dengan setia. Namun, penyakit TBC yang diderita Maria semakin hari semakin parah sehingga tak lama kemudian Maria pun meninggal dunia. Sebelum ia menghembuskan napasnya yang terakhir, ia meminta kekasihnya untuk menerima kakaknya sebagai penggantinya. Setelah Maria meninggal dunia, Tuti dan Yusuf menjalin hubungan kasih, Mereka pun sepakat untuk menikah.


Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut adalah ....

  1. Novel I

    Novel II

    tentang kawin paksa

    pernikahan sukarela

  2. Novel I

    Novel II

    pengaruh budaya barat

    tidak terpengaruh

  3. Novel I

    Novel II

    pengaruh budaya daerah

    pengaruh budaya barat

  4. Novel I

    Novel II

    mencintai pribumi

    mencintai warga asing

Pembahasan:

Karakteristik kedua kutipan novel memiliki perbedaan. Novel I menceritakan tentang seorang ibu yang membujuk anaknya untuk menikahi perempuan pribumi dan akhirnya si anak menuruti kemauan ibunya tanpa didasari rasa cinta. Hal tersebut membuktikan bahwa novel I menceritakan tentang kawin paksa. Sementara, novel II menceritakan tentang seorang pemuda yang ditinggal meninggal dengan kekasihnya dan menjalin kasih dengan kakak dari kekasihnya yang telah meninggal. Hal tersebut membuktikan bahwa novel II menceritakan tentang pernikahan sukarela. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

A. FL

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tema dalam kutipan novel tersebut adalah ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved