Roboguru

Norma sosial yang sanksinya paling tegas dan pasti adalah ….

Pertanyaan

Norma sosial yang sanksinya paling tegas dan pasti adalah ….space space 

  1. moresspace space 

  2. folkwaysspace space 

  3. lawsspace space 

  4. adatspace space 

  5. agamaspace space 

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas dalam soal ini berkaitan dengan nilai dan norma sosial. Norma adalah patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Norma disebut pula peraturan sosial menyangkut perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani interaksi sosialnya.

Norma-norma sosial mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat. Terbentuknya norma di dasari oleh kebutuhan demi terciptanya hubungan yang harmonis, selaras, dan serasi di antara warga masyarakat. Setiap norma mengandung sanksi terhadap para pelanggarnya.

Salah satu jenis dari norma sosial adalah norma hukum (laws). Norma hukum mengatur anggota masyarakat agar tidak melanggar hukum. Hukum adalah peraturan yang dibuat secara resmi oleh lembaga pembuat undang-undang (legislatif). Pada umumnya, hukum bersifat tertulis dan disahkan lewat lembaran negara. Ikatan sanksinya, sesuai ruang lingkup kewenangan lembaga pembuatnya. Setiap norma hukum mengandung sanksi yang pasti, baik sanksi fisik maupun nonfisik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Hadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hukuman bagi orang yang tidak menaati adat istiadat yang berlaku di masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam kehidupan masyarakat pasti ada yang namanya norma dan nilai dimana, antara norma dan nilai akan saling berkaitan. Nilai sebagai tolak ukur dalam tindakan dan perilaku seorang individu, sehingga nilai menjadi dasar dalam pembentukan norma-norma yang ada dalam kehidupan masyarakat. Adapun pengertian norma adalah kaidah atau aturan yang berlaku bagi manusia yang berisi perintah, larangan dan sanksi antar manusia dalam kehidupan masyarakat. sehingga dalam norma yang ada dalam kehidupan masyarakat memiliki daya ikat sesuai dengan kekuatannya akan berpengaruh pada sanksi-sanksi yang ada, adapun macam-macam norma dan sanksinya adalah sebagai berikut : 

Norma cara (usage) norma yang paling lemah daya mengikatnya. Cara atau usage lebih menonjol dalam hubungan antar individu.  Contoh bersendawa didepan umum setelah makan, sanksi ejekan dan cemoohan.  

Norma kebiasaan (folkways), adalah perbuatan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama karena orang banyak menyukai dan menganggap penting dan karenanya juga terus dipertahankan. Contoh menghormati orang yang lebih tua. Sanksi jika melanggar berupa teguran. 

Norma tata kelakuan (mores), merupakan kebiasaan tertentu yang tidak sekedar dianggap sebagai cara berperilaku, melainkan diterima sebagai norma pengatur. Tata kelakuan mencerminkan sifat-sifat yang hidup dalam kelompok manusia dan dilaksanakan sebagai alat kontrol oleh masyarakat terhadap anggotanya. Contoh  Larangan berzina, larangan minum minuman keras, Sanksi dapat ditindak secara hukum yang berlaku dan juga dikucilkan 

Norma adat istiadat (custom),  merupakan aturan yang sudah menjadi tata kelakuan dalam masyarakat yang sifat kekal serta memiliki keterpaduan (integritas) yang tinggi dengan pola perilaku masyarakat. Contoh Larangan menikah dengan orang Madura bagi orang Kalimantan, Sanksi atas pelanggaran adat istiadat dapat berupa pengucilan, dikeluarkan dari masyarakat/kastanya, atau harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti melakukan upacara tertentu untuk media rehabilitasi diri.
Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah D. Dikucilkan.space space space space

undefined 

0

Roboguru

Jelaskan pengertian adat istiadat beserta contohnya yang ada di kehidupan masyarakat.

Pembahasan Soal:

Adat Istiadat (custom), merupakan kumpulan tata kelakuan yang bersifat kekal dan menyatu sangat kuat dengan masyarakat yang menganutnya. Adat istiadat merupakan norma yang memiliki sanksi cukup berat bagi para pelanggarnya. Contohnya, seseorang yang melanggar pelaksanaan upacara adat akan dijatuhi hukuman berupa pengucilan dari kelompoknya.undefined 

0

Roboguru

Upacara memperingati meninggalnya seseorang sering dilakukan sebagian suku bangsa di Indonesia, merupakan perwujudan norma....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan daya ikatnya, norma terrbagi kepada:

1) Norma cara, yaitu suatu bentuk perilaku atau tindakan yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

2) Norma kebiasaan, yaitu perbuatan berulang-ulang yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan jelas

3) Norma tata kelakuan, yaitu sekumpulan perbuatan mengenai anjuran dan larangan dalam kehidupan masyarakat

4) Norma adat, yaitu serangkaian tata kelakuan yang terintegrasi secara kuat dengan pola-pola perilaku masyarakat

5) Norma hukum, yaitu sekumpulan aturan tertulis dalam masyarakat yang berisi ketentuan-ketentuan, perintah, dan larangan

Dengan demikian, upacara memperingati meninggalnya seseorang termasuk wujud norma adat.space space

0

Roboguru

Jelaskan hubungan antara nilai dan norma dengan kebudayaan!

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas dalam soal ini berkaitan dengan nilai dan norma sosial. Menelaah hubungan antara nilai dan norma dengan kebudayan dapat dijelaskan bahwa:

Menurut Koentjaraningrat, nilai sosial terdiri atas konsepsi-konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian warga masyarakat. Konsepsi-konsepsi itu mengenai hal-hal yang mereka anggap bernilai dalam hidup dan memiliki kaitan erat dengan kebudayaan di masyarakat. Oleh karena itu, nilai sosial berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi perilaku manusia.

Aturan-aturan konkret itu berupa norma sosial dalam segala bentuknya. Sistem nilai yang dianut oleh suatu masyarakat merupakan inti suatu kebudayaan masyarakat itu. Sehingga, untuk memahami nilai dan norma yang berlaku di masyarakat tidak bisa dilepaskan dari pemahaman kebudayaan masyarakat tersebut.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai dan norma sosial yang berkembang pada suatu masyarakat tertentu merupakan landasan terbentuknya kebudayaan yang dipahami secara turun temurun bagi masyarakat tersebut sebab nilai dan norma sosial telah dipatuhi dan dijalankan setiap generasi masyarakat tersebut.space space 

0

Roboguru

Norma yang pada umumnya tidak tertulis, namun memiliki sanksi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contohnya adalah diberlakukannya hukum adat, disebut norma ....

Pembahasan Soal:

Norma adat istiadat (custom) dimana norma ini pada umumnya tidak tertulis namun memiliki sanksi baik secara langsung maupun tidak langsung. Hukum adat adalah salah satu contohnya, seperti adanya hukum adat di masyarakat Aceh yang melarang laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri atau keluarga berada dalam satu ruangan, orang yang melanggarnya akan dihukum cambuk. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved