Roboguru

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dirumuskan oleh...

Pertanyaan

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dirumuskan oleh...

  1. Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo 

  2. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat 

  3. dr. Radjiman Wediodiningrat, Sukarni, dan Sudiro 

  4. Ir. Soekarno, Mr. A. Soebardjo, dan Sukarni 

  5. Drs. Moh. Hatta, Wikana, dan A.G. Pringgodigdo 

Pembahasan Soal:

Perumusan teks proklamasi dilaksanakan dikediaman Laksamana Maeda. Teks dirumuskan oleh Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo. Peristiwa tersebut disaksikan juga oleh Sukarni, B. M. Diah dan Sudiro. Soekarno menuliskan konsep pada secarik kertas, sementara Hatta dan Ahmad Soebardjo menyumbangkan piiran secara lisan. Konsep teks proklamasi kemerdekaan tersebut terdiri atas du akalimat, yakni sebagai beirkut : 

  • kalimat pertama merupakan pernyataan kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri,
  • kalimat kedua merupakan oeryataan mengenai pengalihan kekuasaan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 10 tokoh yang berperan di sekitar proklamasi kemerdekaan RI!

Pembahasan Soal:

Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia atas penjajahan yang telah berlangsung selama berabad-abad. Dalam proses menegakkan kemerdekaan tersebut banyak pihak yang terlibat atau turut serta, baik dari golongan tua maupun golongan muda. Tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses proklamasi, yakni:

  1. Sukarno (perumus proklamasi kemerdekaan),
  2. Moh. Hatta (perumus proklamasi kemerdekaan),
  3. Ahmad Subarjo (perumus proklamasi kemerdekaan),
  4. Sukarni (orang yang menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok),
  5. Wikana (orang yang menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok),
  6. Sutan Sjahrir (orang yang menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok),
  7. Latief Hendradiningrat (pengibar bendera Merah Putih saat proklamasi kemerdekaan),
  8. S. Suhud (pengibar bendera Merah Putih saat proklamasi kemerdekaan),
  9. Sayuti Melik (pengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia), dan
  10. B.M Diah (menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia).

Dengan demikian 10 tokoh proklamasi adalah Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo, Sukarni, Wikana, Sutan Sjahrir, Latief Hendradiningrat, S.Suhud, Sayuti Melik, dan B.M Diah.

Roboguru

Sebutkan pahlawan proklamator Indonesia!

Pembahasan Soal:

Proklamator adalah tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pada peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, terdapat dua tokoh yang dianggap sebagai pahlawan proklamator, yaitu Ir. Soekarno yang membacakan proklamasi dan Drs. Mohammad Hatta yang mendampinginya. Kedua tokoh ini disebut sebagai founding fathers atau pendiri bangsa Indonesia.

Jadi, pahlawan proklamator Indonesia adalah Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. space

Roboguru

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dirumuskan oleh ...

Pembahasan Soal:

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan bangsa untuk terbebas dari penjajahan bangsa luar, yaitu Belanda dan Jepang. Serangkaian peristiwa yang melatarbelakangi dibacakannya teks proklamasi sebagai tanda kemerdekaan Negara Republik Indonesia adalah dengan menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Pasca penyerahan tersebut, gejolak sempat terjadi di antara Golongan Muda dan Golongan Tua terkait kemerdekaan Indonesia sehingga terjadi Peristiwa Rengasdengklok. Hal ini terkait polemik untuk membicarakan kapan akan dibacakannya proklamasi. Meski sempat terjadi gejolak, akhirnya proklamasi dibacakan oleh Sukarno didampingi oleh Mohammad Hatta, 17 Agustus 1945.

Adapun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan, merupakan naskah yang dirumuskan oleh tiga tokoh, yakni Ir. Sukarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Subarjo pada dini hari 17 Agustus 1945, di kediaman Laksamana Tadashi Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No. 1). Peristiwa ini disaksikan oleh B. M. Diah, Sudiro dan Sayuti Melik. Naskah proklamasi semula ditulis tangan oleh Sukarno dengan usulan paragraf pertama muncul dari pemikiran Ahmad Subarjo dan paragraf kedua dari pemikiran Mohammad Hatta. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Roboguru

Jelaskan biodata singkat Mohammad Hatta!

Pembahasan Soal:

Dr. H. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Pria yang akrab disapa dengan sebutan Bung Hatta ini merupakan pejuang kemerdekaan RI yang kerap disandingkan dengan Soekarno. Tak hanya sebagai pejuang kemerdekaan, Bung Hatta juga dikenal sebagai seorang organisatoris, aktivis partai politik, negarawan, proklamator, pelopor koperasi, dan seorang wakil presiden pertama di Indonesia. Kiprahnya di bidang politik dimulai saat ia terpilih menjadi bendahara Jong Sumatranen Bond wilayah Padang pada tahun 1916. Pengetahuan politiknya berkembang dengan cepat saat Hatta sering menghadiri berbagai ceramah dan pertemuan-pertemuan politik. Secara berkelanjutan, Hatta melanjutkan kiprahnya terjun di dunia politik. Sampai pada tahun 1921 Hatta menetap di Rotterdam, Belanda dan bergabung dengan sebuah perkumpulan pelajar tanah air yang ada di Belanda, Indische Vereeniging. Mulanya, organisasi tersebut hanyalah merupakan organisasi perkumpulan bagi pelajar, namun segera berubah menjadi organisasi pergerakan kemerdekaan saat tiga tokoh Indische Partij (Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker, dan Tjipto Mangunkusumu) bergabung dengan Indische Vereeniging yang kemudian berubah nama menjadi Perhimpunan Indonesia (PI). Kiprahnya kemudian semakin besar dengan menjadi dwi tunggal bersama Soekarno sebagai tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, Moh. Hatta lahir di Bukittinggi Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902, Kiprahnya di bidang politik dimulai saat ia terpilih menjadi bendahara Jong Sumatranen Bond wilayah Padang pada tahun 1916, kemudian Moh.Hatta menetap di rotterdamdan bergabung dengan organisasi Indische Verenining yang menjadi cikal bkal dari Indische Partij yang membuat karir Htta melejit serta memiliki pengaruh dan sumbangan yang sangat besar terhadap negara Indonesia. Drs. Moh. Hatta wafat pada 14 Maret 1980.

Roboguru

Berikut pernyataan yang tepat mengenai pola pergerakan Achmad Soebardjo dalam peristiwa sekitar proklamasi adalah …

Pembahasan Soal:

Achmad Soebardjo merupakan salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia termasuk ke dalam golongan tua, yaitu golongan yang bersikap kooperatif terhadap pemerintahan Jepang. Pada masa Pendudukan Jepang, Achmad Soebardjo bekerja di Kantor Angkatan Laut Jepang di bawah pimpinan Laksamana Maeda. Ia juga dipercaya oleh Maeda untuk mengelola Asrama Indonesia Merdeka, yang kelak melahirkan tokoh-tokoh muda pergerakan nasional. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved