Roboguru

Mutiara yang ada dalam tiram bersumber dari ....

Pertanyaan

Mutiara yang ada dalam tiram bersumber dari .... 

Pembahasan Soal:

Mutiara merupakan suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari mollusca hidup, salah satunya yaitu tiram. Tiram (kerang mutiara) merupakan hewan laut yang tergolong dalam hewan yang tidak bertulang belakang atau invertebrata. Tiram termasuk dalam filum Mollusca dan tergolong dalam kelas Bivalvia (Pelecypoda). Proses pembentukan mutiara dimulai jika sebutir pasir atau benda asing yang masuk diantara mantel dan cangkang tiram. Sebagai bentuk pertahanan diri, tiram menggunakan getah di perutnya untuk membalut pasir atau benda asing yang melukainya. Proses pembentukan mutiara itu bisa berlangsung bertahun-tahun sampai akhirnya terbentuklah sebuah mutiara. Jadi, mutiara yang ada dalam tiram bersumber dari masuknya benda asing diantara mantel dan cangkang tiram. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lapisan mutiara yang mengilap pada cangkang tiram Margaritifera adalah....

Pembahasan Soal:

Cangkang Pelecypoda tersusun dari tiga lapisan, yaitu periostrakum (paling luar), prismatik (lapisan kapur di bagian tengah), dan nakreas (lapisan mutiara).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. nakreas

0

Roboguru

Hewan berikut digolongkan ke dalam kelas Lamellibranchiata karena . .

Pembahasan Soal:

Hewan pada gambar merupakan sejenis kerang. Hewan tersebut digolongkan ke dalam kelompok bivalvia/lamellibranchiata/pelecypoda dengan alasan, karena memiliki karakteristik:

  • Bivalvia → karena memiliki sepasang cangkang
  • Lamellibranchiata → berasal dari bahasa Latin, yaitu lamella= lembaran, branchia = insang) karena memiliki insang yang berbentuk lembaran
  • pelecypoda → bergerak dengan kaki pipih seperti kapak

Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Buatlah tabel perbedaan anggota Filum Molusca....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tabel perbedaan di atas, terdapat beberapa karakteristik yang membedakan antara kelompok Gastropoda, Pelecypoda, dan Cephalopoda. Namun, ciri khas yang paling membedakan adalah dari alat gerak dan cangkangnya. Gastropoda bergerak dengan kaki yang tersusun dari otot perutnya berbentuk pipih dan memiliki cangkang tunggal berbentuk spiral, Pelecypoda memiliki karakteristik khas berupa kaki pipih berbentuk kapak yang keluar dari cangkang yang tersusun dari 2 sisi cangkang dan bisa dibuka tutup, sedangkan kelompok Cephalopoda bergerak dengan kaki tentakel pada kepala mereka dan umumnya tidak memiliki cangkang eksternal karena cangkang tersebut tereduksi menjadi cangkang internal, namun beberapa jenis Cephalopoda, seperti Nautilus sp., memiliki cangkang eksternal.

Dengan demikian, perbedaan utama dari antara kelompok Gastropoda, Pelecypoda, dan Chepalopoda adalah dari bentuk alat gerak (kaki) serta dari bentuk cangkang.undefined 

 

0

Roboguru

Lapisan cangkang pada Pelecypoda yang dapat menghasilkan mutiara adalah...

Pembahasan Soal:

Pada Pelecypoda, terdapat 3 lapisan cangkang yang secara berurutan dari luar ke dalam yaitu periostrakum, prismatik, dan nakreas. Periostrakum yaitu lapisan terluar yang pada umumnya berwarna gelap, lapisan ini tersusun dari zat konkiolin yang berisi kuinon sebagai pemberi warna. Lapisan kedua yaitu prismatik, yaitu lapisan yang tersusun dari kristal kristal kalsium karbonat. Lapisan ketiga yaitu nakreas yang sering disebut sebagai lapisan induk mutiara. Lapisan ini tersusun dari lapisan kalsit (karbonat) yang tipis dan paralel.

Saat terdapat benda asing yang masuk ke dalam kerang, nakreas akan meghasilkan lendir sebagai bentuk pertahanan diri untuk melapisi benda asing tersebut. Seiring waktu lendir akan mengeras dan menghasilkan lapisan berkilau pada benda asing. Proses ini terjadi berulang kali, sehingga lapisan mutiara terbentuk berlapisan-lapis dan ukuran mutiara semakin membesar.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.undefined 

0

Roboguru

Kerang mutiara mempunyai tiga lapisan : Lapisan prismatik Lapisan nakreas Lapisan periostrakum Urutan lapisan dari luar ke dalam adalah ....

Pembahasan Soal:

Kerang mutiara adalah hewan yang termasuk ke dalam filum Mollusca, kelas Pelecypoda. Kelas Pelecypoda (Bivalvia) memiliki ciri khas yaitu memiliki sepasang cangkang dan kaki yang pipih.  Lapisan cangkang kerang mutiara dari luar ke dalam terdiri dari :

  1. Periostrakum, merupakan lapisan terluar yang tersusun dari kitin. Periostrakum berfungsi sebagai lapisan pelindung.
  2. Prismatik, merupakan lapisan tengah yang tersusun atas kristal kapur berbentuk prisma.
  3. Nakreas, merupakan lapisan paling dalam yang tersusun atas kalsit atau karbonat yang tipis dan tampak mengkilap. Lapisan nakreas berfungsi sebagai tempat terbentuknya mutiara. Terbentuknya mutiara berawal dari masuknya pasir atau benda padat ke dalam tubuhnya. Kerang kemudian akan mengeluarkan getah untuk membalut pasir yang melukainya. Kerang membungkus pasir tersebut dengan nacre. Semakin lama, lapisan nacre akan terus terbentuk dan memisah dari bagian tubuh kerang sampai akhirnya terbentuk mutiara.

Berdasarkan uraian tersebut, urutan lapisan cangkang kerang mutiara dari luar ke dalam pada soal yaitu 3-1-2.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved