Roboguru

Mula-mula seorang praktikan menimbang gelas beker yang berisi 250mL larutan HCI0,1M. Ia juga menimbang sekeping batu pualam, lalu memasukkannya ke dalam gelas beker yang berisi larutan tersebut. Setelah reaksi berjalan dengan tuntas, ia kembali menimbang gelas beker tersebut. Ternyata, massa gelas beker setelah reaksi selesai lebih ringan dibandingkan semula. Apakah reaksi tersebut tidak melanggar hukum Kekekalan Massa? Jelaskan jawaban Anda!

Pertanyaan

Mula-mula seorang praktikan menimbang gelas beker yang berisi begin mathsize 14px style 250 space mL end style larutan undefined. Ia juga menimbang sekeping batu pualam, lalu memasukkannya ke dalam gelas beker yang berisi larutan tersebut. Setelah reaksi berjalan dengan tuntas, ia kembali menimbang gelas beker tersebut. Ternyata, massa gelas beker setelah reaksi selesai lebih ringan dibandingkan semula. Apakah reaksi tersebut tidak melanggar hukum Kekekalan Massa? Jelaskan jawaban Anda!undefined  

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Hukum Kekekalan Massa atau Hukum Lavoiser menyatakan bahwa massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama dalam sistem tertutup. 

Dalam percobaan yang dilakukan oleh seorang laboran, massa zat sebelum dan sesudah reaksi berbeda. Hal ini tidak melanggar Hukum Kekekalan Massa karena reaksinya terjadi di dalam sistem terbuka (gelas beker tetap terbuka) sehingga massa setelah reaksi berbeda.

Jadi, percobaan yang dilakukan oleh laboran tersebut tidak melanggar Hukum Kekekalan Massa.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Sebanyak 0,406 gram sampel magnesium bereaksi dengan oksigen menghasilkan 0,674 gram magnesium oksida sebagai satu-satunya produk. Berapakah massa oksigen yang diperlukan dalam reaksi tersebut?

1

Roboguru

20 gram padatan kalium klorat dipanaskan dalam wadah tertutup, sehingga terjadi reaksi KClO3​(s)→KCl(s)+3O2​(g)  massa zat yang dihasilkan adalah ... gram.

1

Roboguru

Sebanyak 28 gram serbuk sulfur direaksikan dengan gas oksigen menghasilkan gas sulfur dioksida sebanyak 64 gram. Berapakah massa gas oksigen yang bereaksi?

0

Roboguru

Besi bermassa 21 gram direaksikan dengan belerang sehingga membentuk 33 gram besi belerang. Tentukan massa belerang yang bereaksi!

0

Roboguru

Sebanyak 12,8 gram sulfur dioksida dibakar dengan 3,2 gram gas oksigen dalam ruang tertutup menghasilkan gas sulfur trioksida menurut reaksi: 2SO2 (g) + O2 (g) →2SO3 (g) Gas sulfur trioksida yang te...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved