Roboguru

Muhammad Ikhsan selalu ingin mengadakan penelitian yang menarik minatnya. Tetapi ia harus mempunyai sikap kompeten dalam melaksanakan penelitiannya. Harus dapat memisahkan pendapat pribadi dengan fakta Mempunyai kemampuan menyelenggarakan penelitian Harus bekerja berdasarkan fakta yang diperolehnya Menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung pernyataan Berdasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta obyektif Sikap kompeten ini artinya adalah....

Pertanyaan

Muhammad Ikhsan selalu ingin mengadakan penelitian yang menarik minatnya. Tetapi ia harus mempunyai sikap kompeten dalam melaksanakan penelitiannya.

  1. Harus dapat memisahkan pendapat pribadi dengan fakta
  2. Mempunyai kemampuan menyelenggarakan penelitian
  3. Harus bekerja berdasarkan fakta yang diperolehnya
  4. Menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung pernyataan
  5. Berdasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta obyektif

Sikap kompeten ini artinya adalah....  space

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan Pengantar Penelitian Sosial dan poin penting yang ditanyakan dalam soal tersebut adalah Cara Berpikir Seorang Peneliti berdasarkan kriteria di atas.

Ketika akan melakukan penelitian, seseorang haruslah memiliki beberapa cara berpikir seorang peneliti yaitu:

  1. Harus dapat memisahkan pendapat pribadi dengan fakta merupakan cara berpikir jujur seorang peneliti. Hal ini dikarenakan seorang peneliti tidak boleh asal memasukkan pendapat subyektifnya ke dalam penelitian.
  2. Harus bekerja berdasarkan fakta yang diperolehnya merupakan cara berpikir analitis seorang peneliti. Seorang peneliti haruslah dapat menganalisis setiap persoalan yang dihadapinya ketika di lapangan.
  3. Menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung pernyataan merupakan cara berpikir skeptis seorang peneliti. Seorang peneliti tidak boleh mudah percaya pada suatu pernyataan yang tidak memiliki bukti atau data yang jelas, sehingga peneliti ketika menerima suatu informasi harus mencari sumber informasi yang lain agar data yang diperoleh semakin valid.
  4. Berdasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta obyektif merupakan cara berpikir kritis seorang peneliti. Seorang peneliti harus dapat berpikir obyektif berdasarkan data yang dapat dicerna oleh logika. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved