Roboguru

Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku, masih di atas tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90°. Aku sungguh takut, aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.   Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....

Pertanyaan

Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku, masih di atas tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90°. Aku sungguh takut, aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.
 

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....

  1. Akhir cerita mengejutkan sehingga memberikan kesan mendalam

  2. Isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati

  3. Banyak menggunakan kiasan

  4. Akhir cerita mudah ditebak oleh pembaca

Pembahasan Soal:

Cerita di atas berisi seseorang yang tidak berhati-hati dalam berkendara. Dia berkendara dengan kecepatan tinggi hingga akhirnya tergelincir dan masuk ke dalam jurang yang tidak terlalu dalam, namun membentuk sudut 90 derajat. Kutipan di atas sangat bagus karena dari kutipan itu, pembaca dapat berpikir bahwa seberapa kalut pun pikiran kita, kita harus tetap berhati-hati dalam berkendara. Dengan demikian, keunggulan kutipan cerita di atas adalah isi cerita menginspirasi pembaca untuk berhati-hati.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved