Roboguru

Menurut teori yang dikemukakan oleh C.C Berg, agama hindu di bawa ke Indonesia oleh kaum ...

Pertanyaan

Menurut teori yang dikemukakan oleh C.C Berg, agama hindu di bawa ke Indonesia oleh kaum ...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Teori Ksatria oleh C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens. Dalam teori Ksatria, penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia pada masa lalu dilakukan oleh golongan ksatria. Menurut teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia satu ini, sejarah penyebaran Hindu Budha di kepulauan nusantara tidak bisa dilepaskan dari sejarah kebudayaan India pada periode yang sama. Seperti diketahui bahwa di awal abad ke 2 Masehi, kerajaan-kerajaan di India mengalami keruntuhan karena perebutan kekuasaan. Penguasa-penguasa dari golongan ksatria di kerajaan-kerajaan yang kalah perang pada masa itu dianggap melarikan diri ke Nusantara. Di Indonesia mereka kemudian mendirikan koloni dan kerajaan-kerajaan barunya yang bercorak Hindu dan Budha. Dalam perkembangannya, mereka pun kemudian menyebarkan ajaran dan kebudayaan kedua agama tersebut pada masyarakat lokal di nusantara.

Dengan demikian,  teori yang dikemukakan oleh C.C Berg, agama hindu di bawa ke Indonesia oleh kaum prajurit/ golongan ksatria di kerajaan-kerajaan yang kalah perang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut merupa...

Pembahasan Soal:

Teori ksatria secara umum menganggap bahwa yang menyebarkan ajaran Hindu di Nusantara adalah dari golongan bangsawan atau ksatria yang datang di Indonesia. Teori Ksatria dikembangkan dari CC. Berg yang menyatakan bahwa bukti dari hipotesis ksatria adalah dengan adanya cerita panji yang sedang berkembang dalam masyarakat Indonesia. Pada cerita tersebut memperlihatkan adanya sebuah proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para ksatria India.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

0

Roboguru

Teori Kstaria dikemukakan oleh….

Pembahasan Soal:

Dalam kebudayaaan Hindu, dikenal stratifikasi sosial, atau pelapisan sosial. Masyarakat dibagi menjadi tingkatan atau lapisan yang disebut kasta atau warna. Ada empat kasta yaitu kasta brahmana, ksatria, waisya dan sudra. Sistem ini disebut juga dengan Catur Warna (Empat Warna). Kasta ksatria adalah salah satu kasta dalam sistem sosial agama Hindu yang terdiri dari para prajurit, para raja dan bangsawan. Orang dari kasta ksatria umumnya menyelenggarakan pemerintahan dan memimpin kerajaan. Mereka juga yang umumnya memimpin peperangan. Menyebarnya agama Hindu di Indonesia ditandai dengan berdirinya kerajaan bercorak Hindu seperti kerajaan Kutai, Tarumanegara dan Mataram. Berdirinya kerajaan ini diduga melibatkan para kasta ksatria dari India, yang menjadi dasar dari dibuatnya Teori Ksatria ini. Teori ini dikemukakan oleh C. Berg dan L. Moens. Para kasta Ksatria ini diduga berasal dari kerajan yang kalah peperangan di India dan kemudian berpindah sehingga dapat mendirikan kerajaan di wilayah-wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Orang-orang yang tergolong dalam Kasta Sudra adalah….

Pembahasan Soal:

Dalam kebudayaaan Hindu, dikenal stratifikasi sosial atau pelapisan sosial. Masyarakat dibagi menjadi tingkatan atau lapisan yang disebut kasta atau warna. Ada empat kasta yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Sistem ini disebut juga dengan Catur Warna (Empat Warna). Sistem ini berasal dari India, negara asal agama Hindu, dan diterapkan juga di Indonesia pada masa Hindu Buddha. Pada masa sekarang, masyarakat Bali yang beragama Hindu juga menerapkan sistem ini. Di Indonesia, penerapan sistem kasta tidak sekaku atau seketat di India. Di India, dalam penerapan paling ketat, orang yang berlainan kasta dilarang menikah, dan bahkan orang dari kasta tinggi tidak boleh makan dari piring yang sama atau terkena bayang-bayang orang berkasta rendah. Keempat kasta tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kasta Brahmana. Brahmana adalah kasta para pendeta, pemuka agama, dan guru. Orang dari kasta Brahmana diberi hak untuk memimpin upacara keagamaan, memberi pemberkatan dan mengelola kuil.
  2. Kasta Ksatria. Kasta ini adalah para prajurit, para raja dan bangsawan. Orang dari kasta Brahmana umumnya menyelenggarakan pemerintahan dan memimpin kerajaan. Mereka juga yang umumnya memimpin peperangan.
  3. Kasta Waisya. Kasta ini adalah para pedagang, perajin dan pengusaha. Orang dari kasta Waisya bergerak dibidang perniagan dan keuangan.
  4. Kasta Sudra. Kasta ini adalah kasta paling rendah, terdiri dari para petani, buruh, pembantu, kuli, dan kaum buangan. Mereka umumnya berada di kedudukan sosial yang rendah dan miskin. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Kitab Weda ditulis dengan Bahasa Sansekerta yang hanya dipahami oleh kaum…

Pembahasan Soal:

Kitab Weda adalah kitab suci agama Hindu. Kitab Weda merupakan kumpulan sastra-sastra kuno dari zaman India Kuno yang jumlahnya sangat banyak dan luas. Dalam ajaran Hindu, Weda termasuk dalam golongan Sruti, karena umat Hindu percaya bahwa isi Weda merupakan kumpulan wahyu dari Brahman. Kitab Weda ditulis menggunakan bahasa Sanskerta dan hanya dipahami oleh golongan Brahmana. Golongan ini terdiri dari pendeta dan agamawan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! “Teori Sudra menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia di bawa oleh orang-orang India yang berkasta Sudra, karena mereka dianggap sebagai orang-orang buangan”...

Pembahasan Soal:

Menurut Teori Sudra yang dikemukakan oleh Van Faber, para budak yang berasal dari kasta Sudra datang ke Nusantara bersama tuannya untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Kekurangan Teori Sudra adalah kaum Sudra yang merupakan orang-orang buangan pada umumnya tidak mengerti soal agama karena tingkat pengetahuan mereka yang rendah. Tidak mengusai bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa Kasta.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved