Roboguru

Menurut teori atom mekanika kuantum, volume ruang yang memiliki kebolehjadian terbesar menemukan elektron disebut ....

Pertanyaan

Menurut teori atom mekanika kuantum, volume ruang yang memiliki kebolehjadian terbesar menemukan elektron disebut ....

  1. Orbital atom

  2. Kulit elektron

  3. Kulit elektron

  4. Bilangan Kuantum Magnetik

  5. Bilangan Kuantum Spin

Pembahasan Soal:

Berdasarkan dualime elektron, elektron memiliki sifat sebagai gelombang dan partikel sehingga elektron tidak bergerak lurus. Sehingga tidak mungkin menentukan letak pasti elektron namun dapat ditentukan kebolehjadian menemukan elektron pada tingkat energi tertentu atau disebut sebagai orbital atom.

Oleh karena itu, volume ruang yang memiliki kebolehjadian terbesar menemukan elektron disebut orbital atom.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Disajikan perkembangan model atom. Pada tabel di atas terdapat perkembangan model atom. Urutkanlah penemunya berdasarkan perkembangan model atomnya ....

Pembahasan Soal:

Model atom mengalami perkembangan sebagai berikut:

  1. Model atom Dalton: atom merupakan partikel terkecil penyusun materi yang tidak dapat dibagi lagi. Atom dianggap seperti bola pejal tidak bermuatan.
  2. Model atom Thomson: atom merupakan bola pejal bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron bermuatan negatif sehingga total muatan netral. Model ini diibaratkan seperti roti kismis.
  3. Model atom Rutherford: muatan positif dan massa atom terpusat di inti atom. Inti atom tersebut dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif. Model ini diibaratkan seperti susunan tata surya.
  4. Model atom Bohr: elektron mengelilingi inti atom pada lintasannya dengan energi yang stasioner sehingga elektron tidak akan terjatuh ke inti atom.
  5. Model atom modern: atom memiliki sifat dualisme partikel, sebagai gelombang dan partikel. Elektron dapat ditemukan dalam orbital, yaitu kebolehjadian dalam menemukan elektron.


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Lengkapi tabel perkembangan model atom berikut ini: Keterangan: Kolom model atom diisi dengan nama penemu dan penjelasan singkat Kolom gambar diisi gambar model atom  Kolom kelemahan diisi j...

Pembahasan Soal:

Tabel tersebut dapat dilengkapi dengan menambahkan isi teori atom, gambar model atom, dan kekurangan model atom mulai dari teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan Mekanika Kuantum. Tabel yang telah dilengkapi adalah sebagai berikut. 


space

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara model atom Bohr dan model atom mekanika kuantum!

Pembahasan Soal:

Pada model atom Bohr, elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan atau kulit yang memiliki tingkat energi tertentu seperti halnya sistem tata surya. Elektron dapat berpindah kulit jika menerima atau melepaskan energi.

Sementara itu, pada model atom mekanika kuantum, posisi elektron tidak berada pada lintasan dengan tingkat energi tertentu (posisi elektron tidak dapat ditentukan secara pasti karena elektron terus bergerak), tetapi tersebar di ruang atom. Oleh Schrodinger, posisi elektron berada pada orbital atau ruang dengan peluang ditemukannya elektron paling besar. Posisi elektron tersebut dinyatakan dengan bilangan kuantum.


Jadi, menurut model atom Bohr, elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan atau kulit yang memiliki tingkat energi tertentu; sedangkan menurut model atom mekanika kuantum, elektron berada pada orbital, yaitu ruang dengan peluang ditemukannya elektron paling besar.

1

Roboguru

Gambarkan lintasan elektron pada keadaan stasioner di tingkat energi paling rendah menurut model atom mekanika kuantum!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan dualitas partikel-gelombang, elektron akan menyebar dalam atom dan tidak akan berada di lintasan seperti yang dimodelkan Bohr, karena bersifat seperti gelombang. Oleh sebab itu, model mekanika kuantum  menyatakan bahwa elektron dalam atom dapat berpindah dalam ruang tiga dimensi x, y dan z. Oleh sebab itu, dibutuhkan tiga bilangan kuantum untuk menunjukkan ruang, bentuk dan orientasi daerah kemungkinan ditemukannya elektron. Setiap setelan dari tiga bilangan kuantum tersebut dinamakan orbital atom. Tingkat energi terendah adalah orbital 1s yaitu daerah probabilitas yang berbentuk bola (bilangan kuantum n=1 dan l=0).

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai gambar di atas.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan fungsi bilangan-bilangan kuantum pada teori atom modern.

Pembahasan Soal:

Teori atom mekanika kuantum menggunakan empat bilangan untuk menyatakan suatu orbital, yaitu bilangan kuantum utama (n), bilangan kuantum azimut (l), bilangan kuantum magnetik (m), dan bilangan kuantum spin (s). Makna dan nilai yang diizinkan untuk keempat bilangan kuantum tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Bilangan kuantum utama menentukan tingkat energi orbital atau kulit atom.
  2. Bilangan kuantum azimut menyatakan subkulit.
  3. Bilangan kuantum magnetik menyatakan orientasi orbital dalam ruang.
  4. Bilangan kuantum spin menyatakan arah perputaran elektron.

Jadi, fungsi bilangan-bilangan kuantum pada teori atom modern adalah bilangan kuantum utama menentukan tingkat energi orbital atau kulit atom, bilangan kuantum azimut menyatakan subkulit, bilangan kuantum magnetik menyatakan orientasi orbital dalam ruang dan bilangan kuantum spin menyatakan arah perputaran elektron.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved