Roboguru

Menurut prinsip aufbau, subkulit dengan bilangan kuantum n dan l yang lebih tinggi keadaan dasar adalah ....

Pertanyaan

Menurut prinsip aufbau, subkulit dengan bilangan kuantum n dan l yang lebih tinggi keadaan dasar adalah ....space 

  1. n=2, l=0space 

  2. n=2, l=1space space 

  3. n=3, l=0space 

  4. n=3, l=1space 

  5. n=4, l=0space 

Pembahasan Soal:

Bilangan kuantum adalah bilangan penentu untuk menentukan kedudukan elektron dalam atom. Menurut model imekanika kuantum, suatu elektron memungkinkan menempati ruang tiga dimensi. Oleh karena itu, terdapat empat jenis bilangan kuantum untuk menggambarkan orbital-orbitalnya, diantaranya:

  1. Bilangan kuantum utama (n): menggambarkan tingkat energi utama orbital yang dapat dianalogikan sebagai kulit. Semakin besar nomor kulit maka semakin tinggi tingkat energinya. Penomoran dan penamaan kulit dimulai dari kulit yang terdekat dengan inti atom dan dituliskan dengan bilangan bulat 1, 2, 3, dan seterusnya.
  2. Bilangan kuantum azimut (l): menggambarkan bentuk orbital. Bilangan kuantum azimut membagi kulit atom menjadi subkulit. Subkulit adalah kumpulan orbital-orbital dan elektron-elektron dengan nilai n dan l yang sama. Dalam kulit ke-n, nilai adalah 0 sampai dengan (n-1). 
  3. Bilangan kuantum magnetik (m): menunjukkan jenis dan jumlah orbital dalam subkulit serta orientasi orbital dalam ruang. Nilai m berkisar dari -l sampai dengan +l.
  4. Bilangan kuantum spin (s): orientasi elektron terhadap medan magnet di sekitarnya. Spin elektron hanya terjadi dalam dua arah yang mungkin yaitu +1/2, dan -1/2.

Semakin besar nilai n dan l maka semakin tinggi tingkat energinya, sehingga menurut prinsip aufbau, subkulit dengan bilangan kuantum n dan l yang lebih tinggi keadaan dasar adalah n=4, l=0 yang berarti menempati subkulit 4s.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved