Roboguru

Menurut pendapat kalian Kelenjar Endokrin dimasukk...

Menurut pendapat kalian Kelenjar Endokrin dimasukkan ke dalam proses sekresi atau ekskresi? Beri penjelasan ilmiah mu! Dan jelaskan perbedaan antara kelenjar eksokrin dan endokrin!space 

Jawaban:

Kelenjar endokrin termasuk ke dalam proses sekresi. Sekresi merupakan proses pengeluaran zat oleh kelenjar, dimana zat tersebut masih digunakan dalam tubuh. Zat yang disekresikan yaitu berupa enzim dan hormon. Sementara ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa metabolisme ke luar tubuh. Pengeluaran zat sisa tersebut melalui urine, keringat atau pernapasan.

Perbedaan kelenjar eksokrin dan endokrin adalah sebagai berikut:

  • Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang bertanggung jawab untuk mensekresi hormon ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini bertanggung jawab atas banyak proses fisiologis dalam tubuh. Sistem endokrin terdiri dari kelenjar utama seperti kelenjar hipofisis, kelenjar pineal, pankreas, testis, ovarium, kelenjar paratiroid dan tiroid, kelenjar adrenal, dan hipotalamus.
  • Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang mengeluarkan zat kimia ke saluran khusus di dalam tubuh (tidak melalui pembuluh darah). Contoh dari kelenjar eksokrin yaitu kelenjar keringat, kelenjar ludah, dan kelenjar pencernaan.

Perbedaan utama antara kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin yaitu kelenjar endokrin tidak memiliki saluran. Sekresi zat dari kelenjar endokrin langsung masuk ke aliran darah, sedangkan sekresi produk kelenjar eksokrin masuk ke dalam saluran di dalam tubuh.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved