Roboguru

Menjadi bijak Menjadi berilmu/ berpengatahuan Menjadi nasionalis Menjadi terhibur Menjadi terinspirasi Hal-hal ini adalah ... sejarah.

Pertanyaan

  1. Menjadi bijak
  2. Menjadi berilmu/ berpengatahuan
  3. Menjadi nasionalis
  4. Menjadi terhibur
  5. Menjadi terinspirasi

Hal-hal ini adalah ... sejarah.

  1. Guna

  2. Syarat

  3. Objek

  4. Unsur

  5. Hakikat

Pembahasan Soal:

Secara umum, guna sejarah terbagi menjadi dua, yaitu guna instrinsik dan guna ekstrinsik. Guna intrinsik merupakan kegunaan sejarah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Sementara itu, guna ekstrinsik merupakan kegunaan sejarah bagi masyarakat. Guna ekstrinsik terbagi lagi menjadi beberapa bagian, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Guna pendidikan moral, agar masyarakat menjadi bijak.
  2. Guna edukatif, agar masyarakat berilmu atau berpengatahuan.
  3. Guna pendidikan politik, agar masyarakat menjadi nasionalis.
  4. Guna rekreatif, agar masyarakat terhibur.
  5. Guna inspiratif, agar masyarakat terinspirasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan di bawah ini yang dimaksud dengan sejarah memiliki manfaat edukatif adalah...

Pembahasan Soal:

Sejarah dan manusia tidak bisa dipisahkan, keduanya akan terus berkembang secara berdampingan mulai dari kehidupan manusia yang paling sederhana hingga pada tingkat modern, bahkan pada tingkatan yang lebih maju. Maka dari itu, sejarah sebagai ilmu memiliki beberapa fungsi bagi kehidupan manusia, salah satunya fungsi sejarah sebagai edukatif. Fungsi tersebut terdapat unsur pendidikan, yaitu untuk mempelajari bagaimana makna dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Selain itu, sejarah dari masa lalu bisa diambil manfaat atau hikmah untuk dijadikan pelajaran di masa depan dan merancangnya agar yang lebih baik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Jelaskan pernyataan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik!

Pembahasan Soal:

Ungkapan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik mengandung makna yang mendalam, yaitu dalam hidup ini dibutuhkan bekal pengalaman agar dapat dijalani dengan baik agar kesalahan yang pernah dilakukan tidak terulang kedua kalinya. Pengalaman adalah guru yang terbaik yang berarti peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat diambil suatu hikmah atau pelajaran untuk menciptakan kondisi atau keadaan yang lebih baik. Dengan belajar sejarah, kita mengetahui hal-hal positif dan juga negatif dari setiap peristiwa yang terjadi, mulai dari pemicu, cara mengatasi dan menyelesaikan, hingga dampak yang ditimbulkannya.

Dengan demikian, ungkapan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik merupakan bentuk pengalaman seseorang bisa belajar banyak, baik itu baik dan buruknya suatu hal.

Roboguru

Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau merupakan pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini. Sebutkan dan uraikan 2 dari 4 kegunaan mempel...

Pembahasan Soal:

Manfaat masa lalu manusia untuk masa kini terdapat empat manfaat menurut Louis Gottschalk dan Nugroho Notosusanto. Manfaat tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Edukatif, sejarah mempunyai keguanaan sebagai pembelajaran bagi manusia agar kehidupan lebih baik di masa yang akan datang.
  2. Rekreatif, yaitu kegunaan sejarah sebagai sarana keindahan dan hiburan bagi manusia.
  3. Inspiratif, yaitu kegunaan sejarah sebagai sesuatu yang memberikan inspirasi bagi kehidupan manusia.
  4. Instruktif, yaitu sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini sejarah dapat berperan dalam upaya penyampaian pengetahuan dan keterampilan pada subjek belajar.

Dengan demikian, kegunaan dan manfaar dari mempelajari sejarah adalah edukatif, rekreatif, inspiratif dan instruktif.

Roboguru

Peristiwa sejarah dapat mengilhami jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi....

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah satu sistem yang meneliti kejadian tersusun dalam bentuk kronologi dan semua peristiwa masa lalu mempunyai catatan serta bukti-bukti kuat. Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki berbagai fungsi, salah satunya adalah fungsi inspiratif. Sejarah dapat digunakan sebagai sumber inspirasi seseorang. Artinya dengan mempelajari sejarah, seseorang bisa mendapat inspirasi tentang apa yang harus dilakukannya sekarang. Dengan mempelajari sejarah kita dapat menumbuhkan semangat dan jiwa kepahlawanan bagi siswa dan masyarakat dengan cara meneladani tokoh sejarah seperti, Ir. Soekarno , Drs. Moh. Hatta dan lain lain dengan cara membaca buku tentang tokoh tersebut atau menonton film dokumenternya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Bagaimana sejarah dapat menjadi sarana rekreatif!

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah satu sistem yang meneliti kejadian tersusun dalam bentuk kronologi dan semua peristiwa masa lalu mempunyai data tentang catatan serta bukti-bukti pendukung dari sebuah peristiwa. Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki fungsi rekreatif. Bersama dengan sejarah kita seperti menjelajahi "mesin waktu" untuk dapat mengetahui kehidupan masyarakat masa lampau. Oleh karena itu, sejarah dapat menjadi sarana rekreasi ke masa lampau. Peninggalan-peninggalan sejarah dapat menjadi sarana rekreasi dan pendidikan tentang keindahan.

Dengan demikian, bagaimana cara sejarah memiliki fungsi rekreatif adalah saat sejarah memberikan pengalaman masa lalu yang dituangkan melalui tulisan yang berdasar kepada fakta- fakta kuat yang dibumbui oleh Intuisi penulis, sehingga para pembaca bisa terbawa dalam suasana yang diceritakan oleh penulis sejarah tersebut.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved