Roboguru

Mengapa unsur-unsur transisi periode keempat dari kiri ke kanan jari-jari atomnya relatif tidak berubah?

Pertanyaan

Mengapa unsur-unsur transisi periode keempat dari kiri ke kanan jari-jari atomnya relatif tidak berubah?blank subscript blank

Pembahasan Soal:

Pada umumnya jari - jari atom dari kiri ke kanan dalam satu periode akan semakin kecil, namun hukum ini ,tidak berlaku pada unsur transisi periode keempat. Hal ini disebabkan oleh konfigurasi elektronnya, terdapat orbital di subkulit d terisi namun tidak terisi secara penuh (kecuali Cu dan Zn oleh karena Zn adalah unsur yang spesial).

Hal ini yang menyebabkan unsur - unsur pada periode keempat tersebut memiliki jari - jari atom yang hampir mirip. Jumlah elektron di kulit 3d tentu akan lebih banyak daripada elektron di kulit s yang berada paling luar, ini yang membuat seolah - olah ada penghalang untuk daya tarik antara inti dan elektron terluar (shieding effect). Sehingga daya tarik yang dirasakan oleh inti seakan - akan terhenti hanya sampai pada kulit d. Hal inilah yang menyebabkan jari - jari atom pun relatif tidak berubah secara signifikan.

Jadi, unsur-unsur transisi periode keempat dari kiri ke kanan jari-jari atomnya relatif tidak berubah karena memiliki elektron di kulit terluar yang sama.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved