Roboguru

Mengapa tidak boleh menghidupkan mesin kendaraan dalam ruang tertutup?

Pertanyaan

Mengapa tidak boleh menghidupkan mesin kendaraan dalam ruang tertutup?

Pembahasan Soal:

Bensin dan bahan bakar lain, baik bertimbal maupun tidak bertimbal merupakan sumber polutan utama di udara. Asap buangan pada pembakaran bensin merupakan sumber utama gas karbon monoksida (CO). Gas CO dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna. Pembakaran tidak sempurna terjadi jika jumlah gas O2 dalam ruang pembakaran atau ruang mesin kendaraan tidak mencukupi. Persamaan reaksi pembakaran tidak sempurna sebagai berikut.

C8H18(l)+217O2(g)8CO(g)+9H2O(g) 

Gas CO merupakan gas beracun sehingga keberadaannya di udara perlu dibatasi. Kadar CO di udara yang diperbolehkan di bawah 100 ppm (0,01 %). Kadar CO sebesar ini belum memberikan dampak negatif jika terhirup. Apabila kadar CO di udara melampaui 100 ppm, akan mengakibatkan sakit kepala dan Ielah bagi yang menghirupnya.

Gas CO mampu berikatan kuat dengan hemoglobin dalam da:rah. Daya ikat CO terhadap hemoglobin dua ratus kali lebih kuat daripada daya ikat O2. Oleh karena itu, jika kita menghirup udara yang mengandung O2 dan CO maka kedua gas tersebut akan saling berusaha untuk dapat berikatan dengan hemoglobin. Akan tetapi, CO akan berikatan terlebih dahulu dengan hemoglobin sehingga jumlah O2 di dalam darah sedikit. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen untuk proses metabolisme sel-sel sehingga timbul rasa pusing, muntah, pingsan, bahkan kematian.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Gultom

Mahasiswa/Alumni Politeknik AKA Bogor

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermatilah wacana berikut! Jutaan manusia meninggal lebih cepat akibat polusi udara, terutama di ·negara-.negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Polusi udara dapat berada di dalam maupun di l...

Pembahasan Soal:

Upaya pencegahan adalah mengurangi sumber dampak lingkungan yang lebih berat. Ada pun penanggulangan atau pengendaliannya adalah upaya pembuatan standar bahan baku mutu lingkungan, pengawasan lingkungan dan penggunaan teknologi dalam upaya mengatasi masalah pencemaran lingkungan. Secara umum, berikut ini merupakan upaya pencegahan atas pencemaran lingkungan yang dapat dilakukan:

  • berhati-hati atas penggunaan beberapa jenis pestisida, insektisida dan bahan kimia lain yang berpotensi menjadi penyebab dari pencemaran lingkungan.
  • Melakukan penghijauan.
  • Melakukan pembersihan selokan di sekitar rumah.
  • Mengurangi pemakain kertas atau tissue yang berasal dari pohon.
  • Menyediakan tempat sampah di sebuah lingkungan 
  • Mengurangi menggunakan kendaraan pribadi.
  • Menggunakan bensin yang ramah lingkungan

Dengan demikian, yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran adalah berhati-hati dalam menggunakan pestisida, melakukan penghijuan, pembersihan selokan rumah, mengurangi pemakaian kertas, menyediakan tempat sampah di lingkungan dan menggunakan bensin yang ramah lingkungan.

0

Roboguru

Pembakaran tidak sempurna bahan bakar menghasilkan gas beracun, mudah terbakar, tidak berwarna, dan tidak berbau. Gas yang dimaksud adalah ....

Pembahasan Soal:

Gas CO mampu berikatan kuat dengan hemoglobin dalam darah. Daya ikat CO terhadap hemoglobin dua ratus kali lebih kuat daripada daya ikat O2. Oleh karena itu, jika kita menghirup udara yang mengandung O2 dan CO maka kedua gas tersebut akan saling berusaha untuk dapat berikatan dengan hemoglobin. Akan tetapi, CO akan berikatan terlebih dahulu dengan hemoglobin sehingga jumlah O2 di dalam darah sedikit. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen untuk proses metabolisme sel-sel sehingga timbul rasa pusing, muntah, pingsan, bahkan kematian.

Gas CO juga merupakan gas yang mudah terbakar, tidak bewarna dan tidak memiliki bau. Sehingga ketika terhirup oleh manusia, awalnya tidak akan memberikan bau yang asing namun seiring dengan besarnya konsentrasi CO yang sudah terhirup dapat berakibat fatal.

Jadi, gas yang dimaksud adalah CO atau karbon monoksida.

0

Roboguru

Pembakaran tidak sempurna terjadi jika tidak ada oksigen yang cukup untuk membakar bahan bakar sepenuhnya menjadi gas karbon dioksida dan uap air. Pembakaran tidak sempurna menghasilkan gas karbon mon...

Pembahasan Soal:

Karbon monoksida (C O) adalah gas yang dihasilkan dari beragam proses, termasuk pembakaran batu bara, kayu, dan penggunaan bahan bakar pada kendaraan bermotor. Gas ini tidak berbau, berwarna, dan tidak bisa dirasakan. 

Keracunan karbon monoksida akan terjadi jika seseorang menghirup karbon monoksida dalam jumlah berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama. Karbon monoksida memiliki efek secara tidak langsung dengan menaikkan konsentrasi metana dan ozon troposfer melalui reaksi kimia yang sebenarnya akan melenyapkan metana dan ozon. Dengan proses alami di atmosfer, karbon monoksida pada akhirnya akan teroksidasi menjadi karbon dioksida. Konsentrasi karbon monoksida memiliki jangka waktu pendek di atmosfer.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa gas CO dapat mencemari udara dan bersifat racun, hal ini disebabkan oleh gas C O adalah gas yang bersifat reaktif dan mudah bereaksi dengan unsur-unsur lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Tuliskan reaksi pembakaran hidrokarbon yang sesuai dengan gambar?

Pembahasan Soal:

Pada gambar tersebut merupakan reaksi hidrokarbon yang tidak sempurna dapat terlihat dari adanya kepulan asap hitam. Reaksi pembakaran tidak sempurna sebagai berikut.

CxHy+O2CO+H2O+C

Adanya atom karbon yang tidak bereaksi menjadikan asap tersebut berwarna hitam.

Oleh karena itu, reaksi pembakaran senyawa hidrokarbon tersebut tidak sempurna dengan reaksi CxHy+O2CO+H2O+C.

0

Roboguru

Salah satu dampak pembakaran hidrokarbon adalah terjadinya hujan asam. Hujan asam adalah hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan asam dapat menyebabkan tumbuhan dan hewan air mati, serta merusak bangunan ...

Pembahasan Soal:

Hujan asam dimulai dengan pembakaran bahan bakar fosil oleh kendaraan bermotor ataupun pabrik, industri dan pembangkit listrik. Ketiga gas tersebut kemudian akan naik ke atmosfer dan bereaksi dengan oksigen di udara dan kemudian bereaksi dengan air. Gas sulfur dioksida (SO2) akan mengikat oksigen di udara dan berubah menjadi sulfur trioksida (SO3). Sulfur trioksida (SO3) kemudian akan bereaksi dengan air di udara membentuk air hujan berupa asam sulfat (H2SO4).

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved