Roboguru

Mengapa terjadi ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua dalam menentukan proklamasi?

Pertanyaan

Mengapa terjadi ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua dalam menentukan proklamasi? space

Pembahasan Soal:

Ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai waktu dilakukannya proklamasi kemerdekaan RI. Golongan muda berpendapat bahwa Indonesia harus melangsungkan proklamasi secepatnya karena dikhawatirkan Belanda akan datang ke Indonesia dan menjajah kembali. Namun, golongan tua berpendapat bahwa dalam menentukan proklamasi kemerdekaan, mereka harus melakukan rapat terlebih dahulu dengan anggota PPKI. Selain itu, Jepang juga sudah menjanjikan kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 24 Agustus 1945.

Sikap hati-hati dari golongan tua disebabkan karena mereka tidak ingin ada pertumpahan darah. Hal ini memicu ketegangan kembali karena golongan pemuda merasa PPKI adalah lembaga yang dibuat oleh Jepang serta tanggal 24 Agustus 1945 adalah kemerdekaan yang diberikan atau dihadiahkan dari pemerintah Jepang. Golongan pemuda menginginkan kemerdekaan yang murni atas perjuangan rakyat Indonesia, bukan merupakan campur tangan dari pihak Jepang. Jika memang pertumpahan darah diperlukan, maka mereka siap untuk berkorban demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua disebabkan perbedaan pandangan mengenai kapan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan. Golongan pemuda berpendapat untuk melakukan proklamasi secepatnya tanpa menunggu janji Jepang, sedangkan golongan tua berpendapat untuk melakukan proklamasi kemerdekaan sesuai dengan arahan dari pemerintah Jepang untuk menghindari pertumpahan darah.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 27 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved