Roboguru

Mengapa sistem rangka termasuk dalam objek biologi pada tingkat sistem organ?

Pertanyaan

Mengapa sistem rangka termasuk dalam objek biologi pada tingkat sistem organ? 

Pembahasan Soal:

Dalam biologi terdapat objek kajian biologi yang tersusun dalam tingkatan organisasi kehidupan. Salah satu objek kajian biologi adalah sistem organ. Sistem organ merupakan susunan dari beberapa organ yang saling bekerja sama sehingga membangun suatu sistem tubuh. Salah satunya adalah sistem rangka. Sistem rangka termasuk dalam objek biologi pada tingkat sistem organ​ karena sistem rangka tersusun atas kumpulan beberapa organ yang saling bekerja sama untuk melakukan suatu peran khusus yaitu berperan sebagai alat gerak pada manusia. Sistem rangka ini tersusun dari organ tulang dengan berbagai bentuk sebagai alat gerak pasif serta otot yang merupakan alat gerak aktif. Bagian lain yang juga penting menyusun sistem rangka adalah ligamen, tendon dan jaringan ikat. Berbagai organ tersebut menjalin fungsi yang sama yaitu organ pergerakan manusia. 

Jadi, sistem rangka termasuk dalam objek kajian biologi pada tingkat sistem organ karena sistem rangka tersusun atas berbagai macam tulang dan otot yang saling bekerja sama dalam menunjang fungsi bergerak pada makhluk hidup.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan definisi dari tingkatan objek biologi yaitu sistem organ!

Pembahasan Soal:

Tingkatan organisasi kehidupan pada sistem organ terdiri dari berbagai organ yang saling tersusun membentuk sistem tertentu yang saling berinteraksi. Adanya interaksi berbagai organ dengan tujuan yang sama akan membentuk satu kesatuan fungsional bagi keberlangsungan hidup suatu makhluk hidup. Contoh tingkatan organisasi kehidupan sistem organ adalah pada sistem organ hewan seperti sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi. Sedangkan pada sistem organ tumbuhan seperti sistem transportasi.space 

Jadi, sistem organ terdiri dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk sistem tertentu.space

0

Roboguru

Dalam kajian Biologi, gambar seperti di bawah dipelajari pada organisasi kehidupan tingkat. . . .

Pembahasan Soal:

Sistem organ adalah kumpulan beberapa organ berbeda yang menjalankan suatu peran saling berhubungan atau berkesinambungan dalam tubuh makhluk hidup. Beberapa organ dapat merangkap menjadi anggota lebih dari satu sistem organ, dan kerjasama antara sistem organ tersebut juga tercermin dalam beberapa organ yang memiliki fungsi ganda. Sistem organ dalam tingkatan organisasi biologi adalah satu tingkat dibawah organisme atau individual.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

0

Roboguru

Apa perbedaan sistem organ dan organisme....

Pembahasan Soal:

Dalam ruang lingkup biologi, mahluk hidup terdiri atas berbagai tingkat organisasi kehidupan dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Tingkatan organisasi kehidupan dimulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme.

  1. Sistem organ merupakan kumpulan organ yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh sistem organ adalah  contoh: sistem peredaran darah, sistem ekskresi, sistem pencernaan, sistem saraf, dan sistem pernapasan.
  2. Organisme adalah kumpulan sistem organ yang bekerjasama untuk menjalankan fungsi tertentu (contoh: manusia, hewan, ataupun tumbuhan).undefined 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem organ dan organisme memiliki perbedaan berdasarkan tingkatan organisasi kehidupan. Sistem organ tersusun atas kumpulan organ sedangkan organisme tersusun atas kumpulan sistem organ.

0

Roboguru

Jika salah satu organ tubuh bermasalah (sakit) maka seluruh organ laninnya akan sakit juga, contohnya sakit gigi. Maka semua organ tubuh yang terdampak, mengapa demikian? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki satu fungsi atau lebih. Berdasarkan letaknya, organ tubuh terbagi menjadi organ dalam dan organ luar. Jantung, ginjal, lambung, dan usus merupakan beberapa contoh organ dalam tubuh, sedangkan contoh organ luar tubuh adalah hidung dan kulit. Berbagai jenis organ ini saling bekerja sama dan membentuk suatu sistem organ pada tubuh manusia. Bila salah satu organ tidak berfungsi dengan baik, akan berdampak pada organ tubuh lainnya.

Misalnya saat seseorang mengalami sakit gigi maka proses pengolahan makanan akan terganggu. Akibatnya suplai nutrisi yang masuk kedalam tubuh akan berkurang, dan tubuh akan kekurangan energi. Saat tubuh kekurangan energi maka seluruh fungsi tubuh akan terganggu dan tidak berjalan seperti seharusnya (sakit).

Dengan demikian, mengapa saat satu bagian organ tubuh sakit maka bagian tubuh lain ikut sakit karena sistem organ di dalam tubuh bergantung satu sama lain dan tidak ada organ yang bekerja sendiri. Saat satu organ terganggu fungsinya maka akan ikut mengganggu kerja sistem organ lainnya.undefined

0

Roboguru

Tuliskan pengertian dan contoh dari, sel - jaringan - organ - sistem organ - organisme - populasi - komunitas - ekosistem - bioma - biosfer!

Pembahasan Soal:

Tingkat organisasi kehidupan adalah tingkatan yang dimulai dari bagian paling sederhana hingga paling kompleks. Tiap tingkatan dari organisasi kehidupan menjelaskan peranan yang penting dalam mempelajari biologi. Tingkatan organisasi kehidupan dalam biologi terdiri dari :

  1. Sel, yaitu unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup yang berfungsi untuk menjalankan aktivitas dalam tubuh makhluk hidup. Contoh sel yaitu sel otot, sel saraf, dan sel darah.
  2. Jaringan, yaitu kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Contoh jaringan yaitu jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah.
  3. Organ, yaitu sekumpulan jaringan yang menjalankan fungsi tertentu untuk membentuk alat tubuh. Contoh organ yaitu jantung, paru-paru, mata, dan lambung.
  4. Sistem organ, yaitu sekelompok organ yang bekerja sama untuk membentuk dan menjalankan suatu fungsi yang berkesinambungan. Contoh sistem organ adalah sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus, dan rektum.
  5. Organisme atau individu, yaitu makhluk hidup tunggal. Contoh organisme yaitu seorang manusia, seekor kelinci, dan sebatang pohon.
  6. Populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah dalam waktu yang sama. Contoh populasi yaitu populasi padi di sawah dan populasi kambing di padang rumput.
  7. Komunitas, yaitu kumpulan populasi dari berbagai spesies yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain di suatu tempat. Contoh komunitas yaitu komunitas lapangan rumput terdiri dari populasi rumput gajah, populasi belalang, dan populasi cacing tanah.
  8. Ekosistem, yaitu hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan lingkungannya (komponen abiotik). Contoh ekosistem yaitu ekosistem hutan bakau dan ekosistem sungai.
  9. Bioma, yaitu ekosistem darat yang mencakup daerah yang luas. Contoh bioma yaitu bioma tundra, bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan bioma padang pasir.
  10. Biosfer, yaitu interaksi semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya. Contoh biosfer adalah planet bumi.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved