Roboguru

Mengapa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok? Apa bukti bahwa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga?

Pertanyaan

Mengapa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok? Apa bukti bahwa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga?  

Pembahasan Soal:

Secara geologi, Indonesia dilihat dari sejarahnya merupakan satu dengan Benua Asia di bagian barat (Kalimantan, Sumatera, dan Jawa), dan di bagian timur (Papua) dulunya satu dengan Benua Australia. Sehingga flora dan fauna Indonesia di bagian Barat memiliki kemiripan dengan flora fauna di Asia dan flora fauna Indonesia bagian Timur memiliki kemiripan dengan flora fauna Australia. Pada daerah peralihan memiliki karakteristik flora fauna khas, yang merupakan perpaduan antara Benua Asia dan Australia Pembagian flora dan fauna menjadi 3 wilayah ini juga diperkuat oleh penelitian beberapa peneliti diantaranya:

  1. Alfred Russel Wallace. Dari 1854 hingga 1862, peneliti asal Inggris itu berkeliling Indonesia untuk mengumpulkan spesimen biologis. Wallace menemukan fakta spesies fauna di Kalimantan dan Sulawesi berbeda padahal jarak metreka berdekatan. Garis antara kalimantan dan sulawesi ini selanjutnya dikenal dengan Garis Wallace.
  2. Ekspedisi Sibolga (1899-1900) yang dipimpin Weber menemukan tanaman dan hewan bertulang belakang (vertebrata) lebih tepat terbagi di Kepulauan Tanimbar. Batas pemisah itu kemudian diberi nama Garis Weber. Pada 1919, Weber menamai kawasan di sisi barat (kiri) Garis Weber sebagai Paparan Sunda. Sedangkan yang di sisi timur (kanan) sebagai Paparan Sahul.

  3. Pada tahun 1895, ia menetapkan batas biogeografi yang melalui Indonesia, yang dikenal sebagai Garis Lydekker, yang memisahkan Wallacea di sebelah barat dengan Australia-Nugini di sebelah timur.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Persebaran hewan di Indonesia dibagi berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh beberapa ahli zoologi, yaitu ... , ... , dan ....

Pembahasan Soal:

Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker merupakan ahli zoologi yang mengamati persebaran hewan di Indonesia. Alfred Russel Wallace membagi hewan tipe Asiatis di Indonesia yang dibatasi oleh garis Wallace. Kemudian, Max Carl Wilhelm Weber membagi persebaran hewan yang mirip dengan wilayah Asia dan Australia, sehingga disebut sebagai wilayah peralihan dan diberi nama garis Weber. Max Carl Wilhelm Weber juga membagi persebaran fauna Australis di wilayah timur Indonesia. Sementara itu, Richard Lydekker menentukan garis batas kawasan timur berdasarkan kedalaman laut dan diberi nama garis Lydekker.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa persebaran hewan di Indonesia dibagi berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh beberapa ahli zoologi, yaitu Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker. 

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan garis wallace dan garis weber!

Pembahasan Soal:

Garis Wallace dibuat atau ditemukan oleh seorang ilmuwan dari bidang Zoologi yang bernama Alfred Russel Wallace. Berdasarkan hasil penelitian Alfred Russel Wallace, terdapat dua buah pulau yang saling berdekatan yaitu Pulau Lombok dan Pulau Bali namun memiliki perbedaan sehingga disimpulkan penyebaran hewan jenis Asiatis pada bagian barat berada pada wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Sedangkan garis Weber yang dibuat oleh seorang ilmuwan Zoologi juga yang bernama Max Wilhem Carl Weber. Berdasarkan hasil penelitian Max Wilhem Carl Weber, diemukan bahwa pada wilayah bagian tengah Indonesia terdapat pulau yang berdekatan namun mempunyai jenis hewan yang berbeda yaitu pulau Maluku, Sulawesi dan Papua. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Wallace adalah garis yang membatasi persebaran fauna tipe asiatis dengan fauna tipe peralihan, sedangkan garis weber adalah garis yang membatasi persebaran fauna tipe peralihan dan fauna tipe australia.  

1

Roboguru

Dalam persebaran fauna di Indonesia zona peralihan diibatasi oleh dua garis khayal yaitu garis ….

Pembahasan Soal:

Zona peralihan yang meliputi wilayah Indonesia bagian tengah dibatasi oleh dua garis khayal yakni garis wallace dan garis weber. Dalam sejarah geologisnya, wilayah ini sejak sebelum zaman pleistosen memang merupakan wilayah laut dalam sehingga fauna yang ada pada wilayah ini tidak memiliki kemiripan baik dengan wilayah Indonesia bagian barat maupun Indonesia bagian timur. Yang termasuk dalam wilayah peralihan ini adalah kepulauan Nusa Tenggara dan Pulau Sulawesi.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

0

Roboguru

Alfred Russel Wallace membagi menjadi enam wilayah persebaran fauna di dunia yaitu Oriental, Ethiopia, Australis, Neotropik, Neartik, dan Paleartik. Diantara enam wilayah tersebut wilayah Paleartik me...

Pembahasan Soal:

Perhatikan gambar berikut!

Wilayah paleartik meliputi hampir seluruh kawasan Benua Asia kecuali Asia Selatan dan tenggara, Benua Eropa, dan Benua Afrika bagian utara. Faktor yang menyebabkan wilayah paleartik sangat luas adalah karena berada di wilayah kontinen (benua) yang melebar/memiliki batas garis bujur yang sangat panjang yaitu mulai dari 15° BB di Eropa hingga 180° BT di Siberia, Rusia. Hal ini menyebabkan terdapat banyak karakteristik fauna dan flora karena wilayah tersebut memiliki kondisi iklim yang hampir sama, karena perbedaan garis bujur tidak menyebabkan perbedaan iklim. Benua Amerika yang memanjang dari utara ke selatan terbagi menjadi dua wilayah yaitu neartik dan neotropik karena memiliki lintang yang memanjang sehingga terdapat banyak variasi iklim.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Dampak sejarah geologis Indonesia terhadap persebaran flora dan fauna di Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Akibat dari sejarah geologisnya, persebaran flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Wilayah Indonesia bagian barat, seperti Sumatra, Kalimantan, dan Jawa, dulunya bersatu dengan Asia di Dangkalan Sunda. Wilayah Indonesia bagian timur, seperti Maluku dan Papua dulunya bersatu dengan Australia di Dangkalan Sahul. Sementara itu, wilayah Indonesia bagian tengah, seperti Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara, merupakan wilayah Peralihan yang khas karena tidak termasuk dalam wilayah Dangkalan Sahul maupun Sunda.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved