Roboguru

Mengapa pada saat terbang burung tidak menggunakan...

Mengapa pada saat terbang burung tidak menggunakan paru-paru untuk bernapas, melainkan dengan kantong udara ? Jelaskan !  

  1. . . .  

  2. . . .  

Jawaban:

Burung melakukan proses pernapasan dengan organ paru-paru dan dibantu oleh kantung udara. Pada saat hinggap, burung akan melakukan proses pernapasan dengan cara memperbesar dan mengecilkan rongga dada. Ketika rongga dada membesar, udara dari luar akan masuk melewati hidung, faring, trakea, bronkus, kemudian udara berakhir pada paru-paru dan sebagian udara lain akan masuk ke kantung udara bagian belakang. Ketika rongga dada mengecil, udara dari kantung bagian belakang akan mengalir ke kantung udara bagian depan. Aliran udara tadi akan melewati saluran yang disebut parabronkus. Parabronkus ini berfungsi sebagai tempat pertukaran antara gas oksigen dengan gas karbondioksida. Pertukaran udara pada burung bukan terjadi pada alveolus karena burung tidak memiliki alveolus sebagai tempat pertukaran udara.  

Namun, mekanisme tersebut tidak berlaku ketika burung sedang berada dalam kondisi terbang. Hal ini dikarenakan tulang dada dan tulang rusuk pada burung merupakan tempat melekatnya otot-otot yang digunakan saat terbang, sehingga, aliran udara ke dalam paru-paru digantikan melalui proses pengepakan sayap saat terbang. Pada saat sayap diangkat ke atas, kantung udara di ketiak mengembang, sehingga terisi oleh udara, sedangkan kantung udara selangka akan mengempis. Ketika sayap turun, kantung udara ketiak akan terjepit dan kantung udara di antara tulang selangka mengembang sehingga udara mengalir ke dalam kantung udara di antara tulang selangka melewati paru-paru. Saat proses itulah terjadi proses pertukaran gas saat terbang.  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved