Roboguru

Mengapa pada darah yang mengandung oksigen kemudian mengalir ke seluruh tubuh, darah dapat menjadi mengandung karbon dioksida? Jelaskan!

Pertanyaan

Mengapa pada darah yang mengandung oksigen kemudian mengalir ke seluruh tubuh, darah dapat menjadi mengandung karbon dioksida? Jelaskan! 

Pembahasan Soal:

Mekanisme peredaran darah manusia terbagi menjadi dua yaitu, sistem peredaran darah kecil (peredaran darah pulmonalis) dan sistem peredaran darah besar (peredaran darah sistemik). Sistem peredaran darah sistemik dimulai ketika dimulai dari ventrikel kiri jantung, yaitu ruangan terakhir dalam jantung sebelum darah dikirim ke seluruh tubuh melalui aorta. Darah yang keluar dari ventrikel ini mengandung eritrosit yang kaya oksigen. Setelah itu, darah akan menuju cabang arteri-arteri kecil yang disebut arteriol. Dari arteriol ini darah kemudian dialirkan ke kapiler yang menghubungkan arteri dan vena untuk pertukaran gas dan nutrien. Setelah terjadi pertukaran gas dan nutrien, darah yang kini mengandung karbon dioksida dan sampah respirasi sel akan melalui venula, yaitu cabang vena-vena kecil yang menghubungkan kapiler dengan vena yang besar. Dari venula, darah akan mengalir melewati vena plantar hingga sampai pada vena cava. Seperti yang sudah kita ketahui, vena cava terbagi atas dua jenis, yaitu vena cava superior yang membawa darah dari tubuh bagian atas, dan vena cava inferior yang membawa darah dari tubuh bagian bawah. Jadi, darah yang mengandung oksigen kemudian mengalir ke seluruh tubuh dapat mengandung karbon dioksida karena adanya pertukaran gas (oksigen dan karbon dioksida) serta nutrien yang terjadi melalui pembuluh kapiler. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 24 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved