Roboguru

Mengapa manusia dalam hidupnya perlu berinteraksi dengan manusia lain? Jelaskan!

Pertanyaan

Mengapa manusia dalam hidupnya perlu berinteraksi dengan manusia lain? Jelaskan! 

Pembahasan Soal:

Di dunia ini tidak ada satupun manusia yang sama dan tidak ada satu pun manusia yang mampu hidup sendiri. Sehingga dipastikan setiap manusia selalu melekat di dalam dirinya status yang tidak dapat dipisahkan, yaitu  makhluk individu dan  makhluk sosial. 

Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia sebagai warga masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Meskipun dia mempunyai kedudukan dan kekayaan, dia selalu membutuhkan manusia lain. Setiap manusia cenderung untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan manusia lainnya. Manusia merupakan makhluk hidup yang selalu berinteraksi dengan sesama. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Manusia akan memperoleh keutamaan jika dia…

Pembahasan Soal:

Manusia akan memperoleh keutamaan jika dia hidup di dalam masyarakat, karena menurut Aristoteles manusia kodratnya sebagai makhluk sosial. di mana seseorang akan memperoleh keutamaan di masyarakat jika dia hidup di dalam masyarakat  yang menunjukan sikap sosial positif seperti tenggang rasa, kerjasama, dan solidaritas.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Hidup di dalam masyarakat

 

undefined

0

Roboguru

Jelaskan hubungan antara interaksi antar ruang dengan potensi SDA!

Pembahasan Soal:

Interaksi antar ruang terjadi apabila adanya kebutuhan dan ketersediaan sumber daya alam yg berbeda dan hal ini juga di sebabkan karna adanya plus dan minus pada dua atau lebih wilayah yg berbeda potensi sehingga terjadi adanya hubungan yg saling melengkapi.

contoh : pulau jawa penghasil padi/beras dan pulau kalimantan penghasil kayu, dengan adanya perbedaan potensi sumber daya alam maka terjadilah interaksi antara pulau jawa dan kalimantan

1

Roboguru

Apakah yang mendorong manusia berinteraksi?

Pembahasan Soal:

Pada poin ini yang ditanyakan adalah alasan manusia berinteraksi. Soal ini berkaitan dengan tindakan sosial yang menciptakan interaksi sosial. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, mereka membutuhkan kehadiran orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, maka diperlukan tindakan sosial yang berupa aksi dan reaksi, maka terciptalah interaksi sosial. Secara garis besar manusia berinteraksi karena didorong keinginan nalurinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.space space space 

0

Roboguru

Mengapa manusia perlu menginterpretasikan tindakannya dalam berinteraksi?

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan alasan manusia perlu menginterpretasikan tindakannya dalam berinteraksi.

Dalam kehidupan sosial, tindakan manusia tidak lepas dari suatu penilaian dari orang lain. Tindakan yang dilakukan kerap menjadi suatu acuan bagi orang lain untuk memberikan penilaian baik atau buruk pada si pelaku tindakan. Penilaian itu pada umumnya ditujukan kepada si pelaku sebab tindakan yang dilakukan itu dimengerti sebagai produk keputusan pikiran si pelaku. Namun, penilaian itu kerap kali tanpa memperhitungkan hal-hal lain yang memotivasi dan yang hendak dituju oleh si pelaku. Dengan dasar bahwa setiap tindakan individu akan dinilai oleh individu lain, maka menafsirkan tindakan yang dilakukan oleh diri sendiri dalam interaksi sosial menjadi penting untuk dilakukan.

Max Weber, seorang sosiolog Jerman menawarkan suatu metode sistematis untuk memahami tindakan manusia dan makna yang terkandung dalam tindakan itu secara objektif. Metode itu disebut metode verstehen. Metode tersebut digunakan untuk memahami makna tindakan sosial. Beragamnya tindakan sosial mendorong Weber mengklasifikasikannya menjadi empat tipe tindakan dari segi orientasinya, yakni:

  1. Tindakan sosial intrumental. Tindakan yang didasari pada akal/rasio, sehingga mempertimbangkan antara tujuan dan cara yang dilakukan. Misalnya, seorang murid yang begadang belajar demi persiapan ulangan.
  2. Tindakan sosial berorientasi nilai. Tindakan sosial ini berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang terkandung di masyarakat. Seperti etika, estetika, agama, dan nilai-nilai lain. Contohnya, seorang anak yang berhenti main bola untuk melakukan ibadah (tindakan ini didorong oleh nilai agama).
  3. Tindakan sosial afektual. Tindakan sosial ini terjadi karena dorongan dari perasaan/emosi. Contohnya, seorang siswa yang menangis karena dihukum guru saat mencontek ulangan teman.
  4. Tindakan sosial tradisional. Tindakan yang didasarkan atas kebiasaan yang telah mendarah daging. Contoh: Tradisi Ngaben di Bali sebagai bentuk penghormatan atas orang yang telah meninggal dunia. 

0

Roboguru

Niken bergabung dalam organisasi sosial peduli sesama. Ia mengikuti kegiatan kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif bagi penyandang disabilitas yang diadakan oleh organisasi yang diikutinya. Kegiatan t...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah bentuk tindakan sosial. 

Dalam kehidupan masyarakat tentu saja akan ada yang namnya hubungan-hubungan sosial, yang kemudian menjadi dasar tindakan sosial masyarakat yang mana merupakan  tindakan yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang lain. tindakan sosial ini terjadi dalam kehidupan masyarakat kerana di pengaruhi dari faktor interaksi yang kemudian sebagai wujudnyatanya yaitu tindakan soial. Salah satu tindakan sosial yang ada ini yaitu filantropi. 

Dalam sosiologi, istilah filantropi sosial menggambarkan kegiatan yang menunjukkan charity  yang artinya kemurahan hati atau kedermawanan suatu kelompok sosial.  Ada dua alasan seseorang melakukan filantropi sosial, antara lain:

  1. Berdasarkan respons terhadap realitas sosial. Kegiatan ini dilakukan karena adanya kesadaran diri bahwa terdapat orang lain yang membutuhkan uluran bantuan. Contonnya membantu korban bencana alam.
  2. Berdasarkan ajaran keagamaan. Filantropi dalam ajaran agama memiliki kaitan dengan pahala bagi umat yang melakukan perilaku dermawan akan mendapat balasan
    berupa pahala.
    Secara tidak langsung, lembaga agama mengajarkan umatnya membiasakan diri memiliki sifat dermawan kepada pihak lain yang membutuhkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah perilaku filantropi berdasarkan respons terhadap realitas sosial. space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved