Roboguru

Mengapa logam bersifat ulet, mudah ditempa, dan mudah dibuat menjadi kawat?

Pertanyaan

Mengapa logam bersifat ulet, mudah ditempa, dan mudah dibuat menjadi kawat?space 

Pembahasan Soal:

Lautan elektron pada kristal logam memegang erat ion-ion positif pada logam sehingga bila dipukul atau ditempa, logam tidak akan pecah atau tercerai berai, tetapi akan bergeser. Hal inilah yang menyebabkan sifat logam yang ulet dan dapat ditempa maupun diulur menjadi kawat.

Jadi logam bersifat ulet, mudah ditempa, dan mudah dibuat menjadi kawat karena lautan elektron pada kristal logam memegang erat ion-ion positif pada logam.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini, yang merupakan sifat logam berkaitan dengan ikatan yang terjadi pada logam adalah ...

Pembahasan Soal:

Logam mempunyai beberapa sifat yang unik, antara lain mengkilap, dapat menghantarkan arus listrik dan kalor dengan baik. Logam tersusun dalam suatu kisi kristal yang terdiri dari ion-ion positif logam di dalam lautan elektron. Lautan elektron tersebut merupakan elektron-elektron valensi dari masing-masing atom yang saling tumpang tindih. Masing-masing elektron valensi dapat bergerak bebas mengelilingi inti atom yang ada di dalam kristal tersebut, tidak hanya terpaku pada salah satu inti atom. Elektron-elektron yang bebas bergerak dari satu inti atom ke inti atom yang lain disebut elektron terdislokalisasi. Gaya tarikan inti atom-atom logam dengan lautan elektron mengakibatkan terjadinya ikatan logam. Adanya elektron yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain menjadikan logam sebagai penghantar listrik dan kalor yang baik.

Jadi yang merupakan sifat logam berkaitan dengan ikatan yang terjadi pada logam adalah daya hantar listrik dan panas dari logam sangat baik.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Elektron-elektron dari unsur logam terdelokalisasi sehingga dapat bergerak bebas di seluruh bagian atom. Oleh karena itu, unsur logam bersifat ....

Pembahasan Soal:

Ikatan pada unsur logam terbentuk antara inti atom logam yang bermuatan positif dengan elektron yang bebas bergerak membentuk lautan elektron di sekeliling inti atom. Elektron-elektron yang bebas bergerak ini memberikan sifat-sifat khas pada logam, seperti dapat menghantarkan panas dan listrik, dapat ditempa dan diulur menjadi kawat, serta bersifat keras dan tidak mudah rapuh.

Jadi, elektron-elektron unsur logam yang bergerak bebas menyebabkan logam bersifat konduktor panas dan listrik, dapat ditempa dan diulur, bersifat keras dan tidak rapuh.space 

0

Roboguru

Jelaskan dengan singkat mengapa logam dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Pembahasan Soal:

Logam mempunyai sifat dapat menghantarkan arus listrik dan kalor dengan baik. Logam tersusun dalam suatu kisi kristal yang terdiri dari ion-ion positif logam di dalam lautan elektron. Lautan elektron tersebut merupakan elektron-elektron valensi dari masing-masing atom yang saling rumpang tindih. Masing-masing elektron valensi dapat bergerak bebas mengelilingi inti atom yang ada di dalam kristal tersebut, tidak hanya terpaku pada salah saru inti atom. Elektron-elektron yang bebas bergerak dari satu inti atom ke inti atom yang lain disebut elektron terdislokalisasi. Gaya tarikan inti atom-atom logam dengan lautan elektron mengakibatkan terjadinya ikatan logam. Adanya elektron yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain menjadikan logam sebagai penghantar lisrrik dan kalor yang baik.

Jadi logam dapat menghantarkan lisrrik dengan baik karena danya elektron yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain.space 

0

Roboguru

Logam magnesium mudah dibentuk dengan memukul/menekannya, sedangkan magnesium fluorida akan hancur jika dipukul. Mengapa sifat keduanya berbeda meskipun sama-sama berwujud padat?

Pembahasan Soal:

Meskipun sama-sama berwujud padat, logam magnesium dan padatan magnesium fluorida memiliki ikatan intramolekul yang berbeda, atom-atom logam magnesium berikatan dengan ikatan logam sedangkan ion magnesium dan ion fluorin pada magnesium fluorida berikatan ion.

Senyawa ion umumnya membentuk kristal yang besar, dimana posisi ion positif dan ion negatif berselang seling membentuk struktur tertentu. Satu ion magnesium dikelilingi oleh enam ion fluorin pada kristal magnesium fluorida. Sehingga, ketika senyawa ion dipukul, terjadi pergeseran posisi ion positif dan ion negatif dari berselang seling menjadi berhadapan langsung. Karena sesama ion positif ataupun sesama ion negatif terjadi gaya tolak menolak, bagian tersebut menjadi pecah. Perhatikan gambar berikut.

Sementara itu, atom-atom logam dapat dibayangkan seperti kelereng yang terjejal dalam sebuah kotak yang saling bersentuhan satu sama lain. Karena atom logam memiliki kecenderungan melepas elektron pada kulit terluar, maka kelereng tadi menjadi bermuatan positif, sementara elektron valensi dapat bebas bergerak dan membaur disebut sebagai awan elektron atau lautan elektron yang menyelimuti semua atom logam. Dengan demikian, ketika diberi tekanan, atom-atom logam hanya bergeser, tetapi tidak pecah karena adanya awan elektron yang memegang erat ion-ion positif logam. Perhatikan gambar berikut.

Jadi, keduanya berbeda karena memiliki ikatan intramolekul yang berbeda.

0

Roboguru

Logam meskipun padat dapat menghantarkan listrik, sedangkan kristal ionik padat tidak dapat menghantarkan listrik. Perbedaan tersebut disebabkan di dalam logam...

Pembahasan Soal:

Logam mempunyai beberapa sifat yang unik, antara lain mengkilap, dapat menghantarkan arus listrik dan kalor dengan baik, mudah ditempa, ulet, dan dapat diulur menjadi kawat. Sifat-sifat logam tersebut tidak dapat dijelaskan dengan menggunakan teori ikatan kovalen maupun ikatan ion. Logam tersusun dalam suatu kisi kristal yang terdiri dari ion-ion positif logam di dalam lautanspaceelektron.

Lautan elektron tersebut merupakan elektron-elektron valensi dari masing-masing atom yang saling rumpang tindih. Masing-masing elektron valensi dapat bergerak bebas mengelilingi inti atom yang ada di dalam kristal tersebut, tidak hanya terpaku pada salah satu inti atom. Elektron-elektron yang bebas bergerak dari satu inti atom ke inti atom yang lain disebut elektron terdislokalisasi. Gaya tarikan inti atom-atom logam dengan lautan elektron mengakibatkan terjadinya ikatan logam. Adanya elektron yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain menjadikan logam sebagai penghantar listrik dan kalor yangspacebaik meskipun dalam wujud padat.

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceA.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved