Roboguru

Mengapa larutan penyangga penting dalam cairan tubuh?

Pertanyaan

Mengapa larutan penyangga penting dalam cairan tubuh?space 

Pembahasan Soal:

Dalam tubuh manusia terjadi reaksi enzimatis yang perlu dilakukan pada pH tertentu, Ketika kita mengkomsumsi makanan dan minuman bisa saja bersifat asam dan basa agar reaksi enzimatis dapat terus berlangsung maka tubuh memerlukan larutan penyangga sehingga meskipun mengkomsumsi makanan yang bersifat asam atau basa pH tubuh akan tetap dan reaksi enzimatis dapat terjaga.

Jadi, larutan penyangga penting bagi cairan tubuh agar menjaga reaksi enzimatis tetap berlangsung.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini merupakan senyawa/ion yang dapat bersifat larutan penyangga: CH3COOH dan CH3COO- NH3 HCOOH dan HCOO- H2CO3 C5H7O4CO2H Larutan penyangga yang terdapat dalam cairan ekstra sel makhl...

Pembahasan Soal:

Larutan penyangga atau buffer adalah campuran larutan yang dapat mempertahankan harga pH jika dilakukan penambahan sedikit asam, basa atau air. Suatu larutan penyangga terdiri dari dua larutan yaitu asam lemah atau basa lemah dengan garamnya atau berupa pasangan asam basa konjugasi. Komponen larutan penyangga yang terdapat di dalam cairan luar sel pada makhluk hidup yaitu sistem penyangga pasangan asam basa konjugasi asam karbonat bikarbonat.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Bagaimanakah bila larutan penyangga dalam air liur tidak ada?

Pembahasan Soal:

Air liur merupakan pembersih alami di dalam mulut. Air liur dapat membersihkan atau menghilangkan bakteri serta mencegah bakteri merusak gigi kita sampai pada waktunya kita menyikat gigi. Air liur menetralisir asam yang merusak struktur gigi. Plak dengan kandungan bakteri di dalamnya memproduksi asam yang mengakibatkan gigi kita rusak dan berlubang. Air liur mengandung buffer atau penyangga keseimbangan pH mulut, sehingga kondisi asam dalam mulut dapat terkontrol, baik itu asam yang disebabkan oleh aktivitas bakteri atau pun asam yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Air liur mencegah hilangnya mineral pada gigi dan menunjang proses kembalinya mineral-mineral pada gigi. Ketika asam hasil produksi dari bakteri berupaya merusak gigi, air liur kita siap sedia mencegah luruhnya mineral dengan menambah ion kalsium dan fosfat pada permukaan gigi. Air liur juga melindungi gigi dari hilangnya ion kalsium dan fosfat dari lapisan email gigi. Dengan menjaga agar kalsium dan fosfat tidak hilang dari gigi, air liur dapat mencegah gigi berlubang.

Jadi, apabila tidak ada larutan penyangga dalam air liur dapat menyebabkan kerusakan gigi akibat adanya kandungan asam serta hilangnya mineral di dalamspacegigi.

0

Roboguru

Sistem penahan utama dalam cairan luar sel adalah ...

Pembahasan Soal:

Sistem penahan utama dalam cairan luar sel ( darah) adalah pasangan asam basa konjugasi asam karbonat dan bikarbonat left parenthesis H subscript 2 C O subscript 3 space dan space H C O subscript 3 to the power of minus sign right parenthesis. Larutan penyangga ini menjaga pH darah hampir konstan yaitu sekitar 7,4.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

 

0

Roboguru

Campuran buffer yang terdapat dalam cairan intraseluler tubuh manusia yaitu ...

Pembahasan Soal:

Cairan intraseluler merupakan media yang penting untuk berlangsungnya reaksi metabolisme tubuh yang dapat menghasilkan zat-zat yang bersifat asam atau basa. Adanya zat hasil metabolisme yang bersifat asam akan menurunkan nilai pH cairan intrasel, dan sebaliknya jika dihasilkan zat yang bersifat basa maka akan menaikkan pH cairan intrasel. Di dalam proses metabolisme tersebut melibatkan banyak enzim yang bekerja. Enzim akan bekerja dengan optimal pada lingkungan pH teretentu. Oleh karena itu, pH cairan intrasel harus selalu dijaga agar pH-nya tetap, sehingga semua enzim dapat bekerja optimal. Jika ada satu enzim saja yang bekerja tidak semestinya, maka dapat timbul penyakit metabolik.space

Sistem penyangga fosfat yang terdiri dari H subscript 2 P O subscript 4 to the power of minus sign dan H P O subscript 4 to the power of 2 minus sign merupakan sistem penyangga yang bekerja untuk menjaga pH cairan intrasel. Jika dari proses metabolisme dihasilkan banyak zat bersifat asam, maka akan bereaksi dengan senyawa basa konjugasi H P O subscript 4 to the power of 2 minus sign. Sebaliknya, jika dari proses metabolisme dihasilkan banyak zat bersifat basa, maka akan bereaksi dengan senyawa asam lemah H P O subscript 4 to the power of 2 minus sign. Dengan demikian, perbandingan konsentrasi antara asam lemah H subscript 2 P O subscript 4 to the power of minus sign dan basa konjugasinya H P O subscript 4 to the power of 2 minus sign akan selalu tetap, dan ini akan menyebabkan pH larutan cairan intrasel tetap.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Perhatikan senyawa/ion berikut: NH4+ NH3 CO32− HCO3− H2CO3 Senyawa/ion yang berfungsi sebagai penyangga pada cairan luar sel adalah ….

Pembahasan Soal:

Penyangga dalam cairan luar sel ini merupakan asam karbonat dengan hidrogen karbonat. (HCO3 dan H2CO3)

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved