Roboguru

Mengapa golongan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok saat menjelang proklamasi kemerdekaan? Apa yang melatarbelakangi terjadinya perbedaan pendapat antara Golongan Muda dan Golongan Tua?

Pertanyaan

Mengapa golongan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok saat menjelang proklamasi kemerdekaan? Apa yang melatarbelakangi terjadinya perbedaan pendapat antara Golongan Muda dan Golongan Tua?

Pembahasan Soal:

Perbedaan pendapat golongan tua dan golongan muda menyebabkan peristiwa Peristiwa Rengasdengklok. Pada periwtiwa ini terjadi penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Soekarni, Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh terhadap Soekarno dan Muhammad Hatta, pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00, dengan membawa kedua tokoh ini ke Rengasdengklok, sebuah kota kecil di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Para pemuda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Mohammad Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1945. Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Malam harinya, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Keesokannya, pada tanggal 17 Agustus 1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi. Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno. 

Dengan demikian, latar belakang perbedaan pendapat golongan muda dan golongan tua adalah perbedaan mengenai waktu proklamasi kemerdekaan Indonesia. Golongan muda yang ingin kemerdekaan diproklamasikan segera, setelah Jepang menyerah dan sebelum datangnya pasukan Sekutu (termasuk Belanda) ke Indonesia untuk menghindari vacuum of power (kekosongan kekuasaan). Golongan tua berpendapat  bahwa proklamasi didiskusikan terlebih dahulu dengan PPKI, untuk mencegah pertumpakan darah dengan pasukan Jepang yang masih beada di Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu deklarasi atau sikap bangsa Indonesia yang telah merdeka dari segala bentuk penjajahan. 

0

Roboguru

Salah satu tugas BPUPKI adalah menyiapkan segala sesuatu untuk...

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh Jepang pada 29 April 1945. Badan ini dipimpin oleh K.R.T. Radjiman Wedoyodiningrat, lalu Raden Pandji Soeroso dan Ichibangase Yoshio bertugas sebagai wakil. Badan yang disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai ini didirikan untuk mempelajari dan menyelidiki sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi, politik, dan tata pemerintahan Indonesia yang merdeka.undefined


Berdasarkan penjelasan tersebut, salah satu tugas BPUPKI adalah menyiapkan segala sesuatu untuk kemerdekaan Indonesia.undefined

0

Roboguru

Perbedaan waktu tentang kapan proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan telah menyebabkan terjadinya....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok terjadi sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 1945. Penyebab peristiwa Rengasdengklok adalah perbedaan pandangan waktu tentang pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia antara golongan tua dan golongan muda. Perbedaan paham tentang waktu pengumuman Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menyebabkan ketegangan antara golongan tua dan golongan muda. Ketegangan bermula dari berita kekalahan Jepang yang menyerah tanpa syarat pada Sekutu 15 Agustus 1945. Golongan muda menghendaki proklamasi kemerdekaan secepatnya dengan mengacu pada berita yang diterima lewat radio BBC tentang kekalahan Jepang terhadap Sekutu, namun golongan tua menghendaki kemerdekaan yang terstruktur menunggu sidang PPKI dan atas ijin dari pemerintahan Jepang saat itu dengan tujuan agar tidak terjadi pertumpahan darah.undefined

Dengan demikian, perbedaan waktu tentang kapan proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan telah menyebabkan terjadinya peristiwa Rengasdengklok.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Ketegangan di Rengasdengklok dapat diakhiri setelah....

Pembahasan Soal:

Ketegangan dapat mereda setelah Ahmad Subarjo selaku penasihat PPKI datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Sejarah terbentuknya BPUPKI!

Pembahasan Soal:

Terbentuknya BPUPKI merupakan realisasi dari Janji Koiso yang diberikan Jepang melalui Perdana Menteri Jepang Kunaiki Koiso pada tanggal 7 September 1944. Kekalahan Jepang dalam beberapa kali pertempuran di Asia Pasifik melawan sekutu menyebabkan Jepang sangat membutuhkan bantuan rakyat Indonesia untuk melawan sekutu. Indonesia sebagai gantinya dijanjikan akan diberikan kemerdekaan di kemudian hari melalui Janji Koiso. BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh dr. Rajiman Wedyodiningrat dan wakilnya R.P. Soeroso. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah menyelidiki berbagai hal dalam segala bidang kehidupan yang diperlukan sebagai persiapan menuju Indonesia Merdeka. Dengan demikian, sejarah terbentuknya BPUPKI tidak terlepas dari realisasi Janji Koiso Jepang kepada rakyat Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved