Roboguru

Mengapa energi ionisasi Al lebih besar dibandingkan Mg? Jelaskan!

Pertanyaan

Mengapa energi ionisasi Al lebih besar dibandingkan Mg? Jelaskan!space 

Pembahasan Soal:

Energi ionisasi Al lebih Rendah dibandingkan energi ionisasi Mg

Hal ini disebakan karena orbital terakhir yang diisi oleh Al adalah 3p dengan satu buah elektron sedangkan Mg adalah 3s dengan 2 buah elektron. Orbital terluar Mg terisi penuh oleh 2 buah elektron sehingga lebih stabil dibandingkan orbital terluar Al yang hanya berisi 1 buah elektron. Selain itu orbital 3s lebih dekat jaraknya dengan inti dibandingkan orbital 3p. Kedua alasan inilah yang menjadikan energi ionisasi Mg lebih besar dibandingkan Al.

Jadi pernyataan yang benar adalah energi ionisasi Al lebih rendah dibandingkan energi ionisasi Mg.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hubungan antara energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga dengan nomor atomnya dapat ditunjukkan oleh grafik ....

Pembahasan Soal:

Energi Ionisasi adalah energi yang dibutuhkan oleh suatu unsur untuk membentuk suatu ion (melepaskan elektron). Pada unsur periode ketiga kecenderungan energi ionisasi unsur mengalami kenaikan dari Na ke Ar.

Namun, energi ionisasi dari Magnesium ke Aluminium mengalami penurunan kemudian naik lagi sampai unsur Fosfor. Energi ionisasi dari unsur Fosfor ke Sulfur mengalami penurunan kemudian naik lagi sampai Argon.

Sehingga grafik yang yang tepat untuk menggambarkan energi ionisasi unsur periode ketiga adalah 


 


Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Energi ionisasi unsur periode ketiga dari kiri ke kanan adalah ….

Pembahasan Soal:

Secara keseluruhan energi ionisasi unsur-unsur periode tiga meningkat (semakin besar) seiring dengan naiknya nomor golongan (dari kiri ke kanan).space 

Dengan demikian, energi ionisasi unsur periode ketiga dari kiri ke kanan adalah semakin besar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Grafik hubungan energi ionisasi (EI) dan nomor atom (NA) berikut yang benar untuk unsur periode ketiga adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam satu periode dari kiri ke kanan, energi ionisasi unsur-unsur periode 3 cenderung bertambah disebabkan bertambahnya muatan inti sehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar semakin besar. Namun, energi ionisasi magnesium lebih besar daripada aluminium dan energi ionisasi fosforus lebih besar daripada belerang. Penyimpangan ini terjadi karena unsur golongan II A (magnesium) dan golongan VA (fosforus) mempunyai konfigurasi elektron yang relatif stabil, yaitu konfigurasi setengah penuh. Sementara itu, aluminium dan belerang mempunyai satu elektron yang terikat agak lemah.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Hubungan antara energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga dengan nomor atomnya dapat ditunjukkan oleh grafik ....

Pembahasan Soal:

Secara umum unsur-unsur periode tiga dari kiri ke kanan mengalami kenaikan Energi Ionisasi (EI), akan tetapi terdapat beberapa pengecualian yaitu:

EI Al lebih rendah daripada EI Mg 

EI S lebih rendah daripada P 

Konfigurasi elektron Mg dan Al

begin mathsize 14px style Mg presubscript 12 colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared Al presubscript 13 colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared 3 p to the power of 1 end style

Berdasarkan konfigurasinya, Mg ternyata lebih stabil karena memiliki elektron berpasangangan, selain itu jarak elektron terluar ke inti juga lebih dekat sehingga tarikan inti ke elektron terluar lebih kuat jadi EI Mg lebih tinggi dari Al.

Konfigurasi elektron S dan P

begin mathsize 14px style P presubscript 15 colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared 3 p cubed S presubscript 16 colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared 3 p to the power of 4 end style

Pada unsur S elektron di kulit terluar telah berpasangan sehingga tolakan keduanya cukup besar sehingga elektron lebih mudah lepas, maka dari itu EI S lebih rendah daripada P.

Sehingga jika dibentuk grafik yaitu sebagai berikut:

Jadi, jawaban yang benar terkait grafik energi Ionisasi unsur-unsur periode tiga adalah A.

Roboguru

Tren energi ionisasi unsur-unsur periode ke-3 mengalami anomali pada unsur ....

Pembahasan Soal:

Unsur periode ketiga: Na Mg Al Si P S Cl Ar.

Tren energi ionisasi pada unsur periode ketiga dari kiri ke kanan cenderung meningkat. Akan tetapi, terjadi anomali pada aluminium (Al) dan belerang (S). Untung menganalisinya, bandingkan konfigurasi elektron dari Mg dan Al serta P dan S.
 

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Mg presubscript 12 presuperscript blank end cell equals cell open square brackets Ne presubscript 10 close square brackets space 3 s squared end cell row cell Al presubscript 13 presuperscript blank end cell equals cell open square brackets Ne presubscript 10 close square brackets space 3 s squared space 3 p to the power of 1 end cell end table
 

Elektron terakhir dari unsur magnesium berpasangan dalam 1 orbital, sedangkan elektron terakhir dari aluminium berada dalam keadaan single. Energi untuk melepas elektron yang berpasangan pada magnesium jauh lebih besar daripada aluminium yang berada dalam keadaan single.


table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell P presubscript 15 presuperscript blank end cell equals cell open square brackets Ne presubscript 10 close square brackets space 3 s squared space 3 p cubed end cell row cell S presubscript 16 presuperscript blank end cell equals cell open square brackets Ne presubscript 10 close square brackets space 3 s squared space 3 p to the power of 4 end cell end table
 

Pada belerang, terdapat satu pasang elektron di orbital 3p, sedangkan pada fosfor terisi merata dengan masing-masing 1 elektron. Elektron di subkulit 3p dari atom belerang memiliki kecenderungan untuk menuju kestabilan seperti elektron di subkulit 3p dari atom fosfor. Akibatnya, pasangan elektron di subkulit 3p pada belerang akan menimbulkan tolakan-tolakan yang menyebabkan salah satu elektronnya lebih mudah untuk dilepas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved