Roboguru

Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi...

Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya?
 

Jawaban:

Selang sehari setelah penculikan golongan tua ke Rengasdengklok, pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno akhirnya membacakan teks proklamasi yang dirancangnya bersama beberapa tokoh, di rumah Soekarno. Setelah proklamasi selesai dibacakan, dikibarkanlah bendera merah putih yang telah dijahit oleh ibu Fatmawati, istri dari Soekarno. Rakyat pun bersorak-sorai gembira.

Namun, kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Belanda kembali datang. Mereka berusaha menegakkan kembali kekuasaan di Indonesia. Rakyat Indonesia pun tidak terima dan mulai melakukan perlawanan. Saat itulah perjuangan revolusi Indonesia dimulai untuk mempertahankan kemerdekaan. Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, rakyat Indonesia harus berjuang lagi agar kemerdekaan yang telah dicapai dihormati oleh bangsa lain. Perjuangan rakyat Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perlawanan fisik dan diplomasi. Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Sedangkan perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah karena Belanda kembali datang dan mereka berusaha menegakkan kembali kekuasaan di Indonesia.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved