Roboguru

Mekanisme "lock and key' pada kerja enzim menggambarkan bahwa molekul enzim ....

Pertanyaan

Mekanisme "lock and key' pada kerja enzim menggambarkan bahwa molekul enzim ....space 

  1. membentuk kompleks enzim-substrat yang permanenspace 

  2. dapat dibongkar dan dibentuk kembali beberapa kalispace 

  3. berinteraksi dengan tipe khusus molekul substratspace 

  4. bereaksi pada laju yang sama dalam semua kondisispace 

  5. berinteraksi dengan semua jenis molekul substratspace 

Pembahasan Soal:

Teori gembok dan anak kunci (lock and key) merupakan teori yang menjelaskan bahwa enzim bekerja dengan mekanisme gembok dan anak kunci. Hanya anak kunci (substrat) dengan ukuran yang sesuai yang dapat masuk ke lubang gembok (sisi aktif enzim). Anak kunci yang lebih kecil, lebih besar atau tidak tepat posisi gigi-gigi anak kuncinya (tidak sesuai bentuk dan ukuran molekul substratnya) tidak dapat masuk ke gembok (enzirn), Hal itu yang menjadikan enzim bekerja secara spesifik. Jika terjadi denaturasi enzim karena panas dan penambahan pH, bentuk sisi aktif enzim berubah sehingga substrat tidak sesuai lagi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fakhirah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah cara kerja enzim?

Pembahasan Soal:

Cara kerja enzim menganut dua teori, yaitu teori kunci dan anak kunci (Lock and Key) dan teori kecocokan induksi (induced fit).

1. Teori Lock and Key

Lock atau kunci identik dengan substrat. Adapun key atau anak kunci diibaratkan dengan enzim. Struktur enzim yang khusus hanya dapat berikatan dengan jenis substrat tertentu yang memiliki struktur yang pas dengan struktur enzim tersebut.

2. Teori lnduced Fit

Teori ini menyatakan bahwa enzim dan sisi aktifnya merupakan suatu struktur yang fleksibel. Pada struktur enzim ditemukan adanya suatu interaksi dinamis yang dapat menyebabkan adanya perubahan pada struktur enzim tersebut.space

2

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Menurut teori Gembok dan Kunci, substrat yang dapat bereaksi dengan enzim ditunjukkan oleh angka....

Pembahasan Soal:

Lock and Key Theory (Teori Gembok dan Kunci) Teori ini dikemukakan oleh Fischer(1898). Enzim diumpamakan sebagai gembok yang mempunyai bagian kecil dan dapat mengikat substrat.

Bagian enzim yang dapat berikatan dengan substrat disebut sisi aktif. Substrat diumpamakan kunci yang dapat berikatan dengan sisi aktif enzim.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined  

0

Roboguru

Perhatikan cara kerja enzim di bawah ini!   Bentuk sisi aktif enzim sesuai dengan substrat Bentuk sisi aktif enzim tidak sesuai dengan substrat Enzim menyesuaikan bentuk sisi aktifnya agar dapat ...

Pembahasan Soal:

Cara kerja enzim berdasarkan teori lock and key terjadi jika bentuk sisi aktif enzim sesuai dengan bentuk substrat. Adanya kesesuaian bentuk sisi aktif enzim dan substrat akan membentuk kompleks enzim substrat (ES). Kompleks enzim substrat tersebut akan menghasilkan suatu produk sebagai hasil reaksi serta enzim itu sendiri. Oleh karena itu, urutan yang tepat terkait cara kerja enzim secara lock and key adalah 1-5-4.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

1

Roboguru

Teori tentang substrat  yang memiliki bentuk spesifik yang komplementer dengan sisi aktif enzim yang dapat berikatan dan bereaksi dengan enzim adalah….

Pembahasan Soal:

Teori Lock and Key atau teori gembok dan kunci menyatakan bahwa hanya substrat yang memiliki bentuk spesifik yang komplementer dengan sisi aktif enzim yang dapat berikatan dengan enzim tersebut. Jadi bentuk sisi aktif enzim sama dengan bentuk substratnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini!   Pernyataan yang sesuai dengan gambar di atas adalah …

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal terlihat bahwa sisi aktif enzim sesuai dengan bentuk substratnya sehingga dapat saling berikatan. Gambar tersebut menjelaskan salah satu teori cara kerja enzim yaitu teori lock and key. Teori ini menyatakan bahwa hanya substrat yang memiliki bentuk spesifik dan komplementer dengan sisi aktif enzim yang dapat berikatan dengan enzim tersebut dan bereaksi. Hal ini menyatakan bahwa enzim memiliki sisi aktif yang spesifik atau bentuk yang sesuai dengan substrat, sehingga dapat saling berikatan membentuk kompleks enzim substrat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved