Roboguru

Matahari beserta tata surya berasal dari kabut gas yang tersebar di angkasa dalam jumlah yang sangat banyak karena adanya pengaruh gaya tarik antar molekul dalam kabut gas tersebut, perlahan-lahan kabut gas menjadi gumpalan-gumpalan makin padat. Teori tersebut adalah .... (Soal UN Geografi 2014)

Pertanyaan

Matahari beserta tata surya berasal dari kabut gas yang tersebar di angkasa dalam jumlah yang sangat banyak karena adanya pengaruh gaya tarik antar molekul dalam kabut gas tersebut, perlahan-lahan kabut gas menjadi gumpalan-gumpalan makin padat. Teori tersebut adalah .... (Soal UN Geografi 2014)space 

  1. Teori Awan Debuspace 

  2. Teori Pasang Surutspace 

  3. Teori Planetesimalspace space 

  4. Teori Bintang Kembarspace 

  5. Teori Kabut Asapspace 

Pembahasan Soal:

Teori Awan Debu menyatakan bahwa matahari beserta tata surya berasal dari kabut gas yang tersebar di angkasa dalam jumlah yang sangat banyak karena adanya pengaruh gaya tarik antar molekul dalam kabut gas tersebut, perlahan-lahan kabut gas menjadi gumpalan-gumpalan makin padat.  

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Teori yang mengemukakan bahwa, matahari dengan piringan debu dan gas disekeliling nya berputar cepat. Partikel debu saling berbenturan, melekat, kemudian menjadi planet ...

Pembahasan Soal:

Teori Awan Debu (Protoplanet) oleh Von Weizsaecker 
Isi teori: tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu. Awan tersebut mengalami pemampatan akibat pengaruh gravitasi sehingga partikel-partikel debu tertarik menuju ke pusat awan, membentuk gumpalan bola dan mulai berotasi. Kecepatan rotasi bertambah dan gumpalan gas mulai memipih membentuk cakram/piringan yang tebal di tengahnya dan tipis di bagian tepi. Bagian tengah berotasi lebih cepat sehingga partikel-partikel bagian tengah saling menekan sehingga menimbulkan panas dan berpijar. Bagian tengah yang berpijar menjadi matahari. Bagian tepi berotasi cepat kemudian menyatu membentuk protoplanet. Protoplanet berotasi dan akhirnya membentuk planet dan satelit-satelitnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Roboguru

Sebutkan teori-teori pembentukan tata surya berserta ahli yang mengemukakannya !

Pembahasan Soal:

1. Teori Proto Planet (Awan Debu) (Carl Von Weizsaecker & G.P. Kuiper)
2. Teori Pasang Surut (Jeans-Jeffrey)
3. Teori Planetisimal (Moulton dan Chamberlain)
4. Teori Bintang Kembar (R.A Lyttleton)
5. Teori Kabut (nebula) (Kant-Lapplace)
6. Teori Ledakan Dahsyat (The Big Bang) (George Lemaître)
Roboguru

Alam semesta terdiri atas formasi bintang-bintang dan terdapat dua pusat bintang yang padat dan berkembang dalam awan gas hidrogen dan pusat yang lebih besar disebut matahari merupakan teori ....

Pembahasan Soal:

Teori Kuiper dikemukakan oleh Gerard P. Kuiper pada tahun 1950 yang menyempurnakan teori Awan Debu (Protoplanet). Teori Kuiper menyatakan bahwa alam semesta terdiri atas formasi bintang-bintang dan terdapat dua pusat bintang yang memadat dan berkembang dalam awan gas hidrogen. Pusat yang lebih besar dalam awan gas itu kemudian memadat dan menjadi bintang yang disebut dengan Matahari. Sementara, awan yang lebih kecil akan terpecah-pecah, sehingga ukurannya terus mengecil, dan disebut dengan protoplanet.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Berikut ini yang merupakan inti teori awan debu tentang pembentukan tata surya, ialah ....

Pembahasan Soal:

Tokoh Weizsaecker dan Kuiper mengemukakan sebuah teori tentang pembentukkan tata surya yang disebut Teori Awan Debu, mereka berpendapat bahwa tata surya berasal dari awan yang sangat luas yang terdiri dari debu dan gas berupa hidrogen dan helium. Awan tersebut memiliki ketidakteraturan sehingga terjadi penyusutan karena adanya gaya tarik menarik dengan gerakan berputar yang sangat cepat dan teratur sehingga terbentuklah piringan seperti cakram. Inti dari piringan tersebut menggelembung dan menjadi matahari sedangkan, pada bagian pinggirnya berubah menjadi planet-planet.

Berdasarkan penjelasan diatas maka teori awan debu adalah awan yang sangat luas yang terdiri dari debu dan gas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Menurut Immanuel Kant, tata surya terbentuk dari gumpalan kabut yang terdiri atas bermacam-macam gas yang berpilin lambat hingga membentuk cakram biasa disebut teori…

Pembahasan Soal:

Immanuel Kant adalah seorang filsuf dan ilmuwan Jerman. Ia merupakan orang yang pertama kali mengemukakan teori nebula. Menurut Kant, tata surya terbentuk oleh gumpalan kabut (nebula) yang terdiri atas bermacam-macam gas. Awalnya gas-gas di angkasa yang massanya besar menarik gas-gas yang massanya kecil yang berada di sekelilingnya hingga membentuk gumpalan gas yang menyerupai cakram. Gumpalan gas tersebut mengalami pemampatan dan penyusutan sehingga menyebabkan perputaran kabut menjadi makin cepat. Gumpalan kabut bermassa besar yang berada di pusat cakram menjadi Matahari, sedangkan gas-gas disekitarnya mengalami penuruann suhu dan menyusut membentuk planet-planet yang mengelilingi matahari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved