Roboguru

Masyarakat dituntut agar siap menghadapi globalisasi dalam berbagai bidang, termasuk di bidang budaya. Upaya apa yang dapat dilakukan masyarakat agar siap menghadapi globalisasi? Jelaskan pendapat Anda!

Pertanyaan

Masyarakat dituntut agar siap menghadapi globalisasi dalam berbagai bidang, termasuk di bidang budaya. Upaya apa yang dapat dilakukan masyarakat agar siap menghadapi globalisasi? Jelaskan pendapat Anda!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Beberapa upaya kritis dalam menghadapi tantangan globalisasi sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan Sikap Bangga terhadap ldentitas Bangsa Indonesia
    Beberapa upaya yaitu membiasakan diri menggunakan bahasa nasional dan bahasa daerah yang baik dan benar, berperan aktif dalam kegiatan budaya di lingkungan sekolah, sanggar, dan pergelaran seni, berpartisipasi dalam kegiatan budaya di lingkungan sekitar serta menggunakan produk-produk Indonesia.
     
  2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
    Beberapa upaya meningkatkan sumber daya manusia yang dapat dilakukan pemerintah diantaranya meningkatkan mutu wajib belajar 12 tahun, perluas akses pelayanan kesehatan masyarakat, mengembangkan pemberdayaan masyarakat dan kepemudaan, membangun akses; kualitas, dan pemerataan pendidikan di berbagai wilayah serta meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui berbagai pelatihan kerja dan soft skill.
     
  3. Berpegang Teguh pada Norma-Norma Sosial
    Norma-norma sosial dibentuk untuk memelihara keharmonisan hubungan sosial masyarakat Hubungan antara manusia dan Tuhan, mahusia dan sesama manusia, serta manusia dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya harus senantiasa terpelihara.
     
  4. Mewujudkan Glokalisasi
    Glokalisasi merupakan perpaduan budaya global dan lokal untuk menciptakan karya tiruan agar dapat meningkatkan pengaruh budaya tertentu (Nanag Martono, 2012, 100-101). Konsep think globally and act locally merupakan inti pemikiran glokalisasi. 
     
  5. Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan; melakukan penanaman pohon, melakukan daur ulang, mengurangi sampah plastik dan hemat Energi.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved