Roboguru

Masih terdapat beberapa kelompok dalam masyarakat ...

Masih terdapat beberapa kelompok dalam masyarakat daerah terpencil yang belum terpenuhi gizinya. Kondisi tersebut menyebab­kan anak-anak di daerah terpencil mengalami stunting. Faktor penyebab ketimpangan sosial tersebut adalah...undefined 

  1. kepedulian terhadap sanitasi di lingkungan sekitar masih rendahundefined 

  2. kepedulian masyarakat terhadap kesehatan tinggiundefined 

  3. diskriminasi sosial yang dilakukan oleh pemerintahundefined 

  4. sosialisasi dari pemerintah terkait pola kehidupan sehat sangat minimundefined 

  5. pendidikan dan perekonomian masyarakat masih rendahundefined 

Jawaban:

Ketimpangan sosial dapat dipahami sebagai ketidakseimbangan dalam masyarakat karena adanya jarak yang mencolok di antara golongan-golongan dalam masyarakat. Ketimpangan sosial yang terjadi dalam masyarakat biasanya berkaitan ,dengan perbedaan tingkat kesejahteraan dan kualitas hidup kelompok masyarakat. Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial antara lain:

  1. Perbedaan Sumber Daya Alam. Setiap daerah memiliki keistimewaan tersendiri terkait kepemilikan sumber daya alam. Perbedaan kepemilikan sumber daya alam dapat mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
  2. Letak dan Kondisi Geografis. Masyarakat setiap daerah akan berproses dan berubah sesuai kondisi geografis daerahnya. Daerah dataran rendah pada umumnya lebih mudah dibangun dikembangkan sgbagai lahan pertanian atau perindustrian. Sementara itu, daerah dataran tinggi sering terkendala oleh bentang alam perlu waktu dan proses panjang dalam melakukan pembangunan. Perbedaan percepatan pembangunan tersebut dapat menimbulkan ketimpangan sosial.
  3. Faktor Globaliasi. Tingkat pemahaman terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat Indonesia berbeda-beda. Kondisi ini menyebabkan terjadinya ketimpangan dalam bidang ilmu pengetahuari dan teknologi.
  4. Perbedaan Kondisi Demografis. Setiap daerah memiliki kondisi demografis masing-masing. Perbedaan kondisi demografis menyebabkan produktivitas masyarakat di setiap daerah berbeda.
  5. Kebijakan Publik. Melalui kebijakan publik, pemerintah mengambil keputusan yang memiliki maksud dan tujuan baik. Namun tidak selamanya kebijakan publik sesuai harapan masyarakat Kebijakan pemerintah dapat menimbulkan perubahan laten·ketika diterapkan.
  6. Faktor internal. Faktor internal meliputi dari rendahnya kualitas sumber daya manusia karena tingkat pendidikan yang kurang dan budaya kemiskinan. Budaya kemiskinan merupakan sikap putus asa, pasrah, apatis, dan tidak yakin dengan masa depannya. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved