Roboguru

Masalah sosiologi adalah masalah yang menyangkut pemahaman terhadap ...

Pertanyaan

Masalah sosiologi adalah masalah yang menyangkut pemahaman terhadap ...space 

  1. sosialisasispace 

  2. tindakan-tindakan sosialspace 

  3. fakta-fakta sosial pada masyarakat primitifspace 

  4. masyarakat yang dinamisspace 

  5. tindakan dan masalah sosialspace 

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan tentang masalah sosiologi. Masalah sosiologi berarti pemahaman terhadap masyarakat yang dinamis. Di dalam masyarakat tersebut tercipta berbagai hal di antaranya; tindakan sosial, sampai masalah sosial.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Restiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang pekerja yang mempunyai jam kerja sedikit, dan cenderung tidak menentu disebut dengan....

Pembahasan Soal:

Seorang pekerja yang mempunyai jam kerja sedikit, dan cenderung tidak menentu lebih tepat disebut setengah menganggur, karena masih memiliki pekerjaan namun jam kerja yang sedikit membuat pendapatannya kurang maksimal. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Permasalahan sosial dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan hal ini karena  ….

Pembahasan Soal:

Masalah sosial adalah kondisi yang tidak diinginkan di masyarakat, hal tersebut karena ; Pertama, sesuatu yang dilakukan seseorang itu telah melanggar atau tidak sesuai dengan nilai-norma yang dijunjung tinggi oleh kelompok; Kedua, sesuatu yang dilakukan individu atau kelompok itu telah menyebabkan terjadinya disintegrasi kehidupan dalam kelompok; Ketiga, sesuatu yang dilakukan individu atau kelompok itu telah memunculkan kegelisahan, ketidakbahagiaan individu lain dalam kelompok.(Coleman, J.W dan Cressey)

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bspace space
 

 

0

Roboguru

Masalah sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam.  Pada dasarnya, masalah sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan ....

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan tentang masalah sosial yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas kehidupan masyarakat, karena masalah sosial dapat terjadi sebagai salah satu wujud dari hasil kebudayaan manusia atau masyarakat itu sendiri.

Masalah sosial bisa juga kita pahami sebagai suatu kondisi dimana kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.  

Sehingga, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Jelaskan, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial!

Pembahasan Soal:

Masalah sosial merupakan salah satu matero sosiologi yang diajarkan pada tingkat 2 SMA. 

Soerjono Soekanto mengungkapkan bahwa pengertian masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.  ada banyak faktor penyebab tumbuh dan berkembangnya suatu masalah sosial. Menurut BPMPK - KEMDIKBUD, penyebab masalah sosial dapat dikategorikan menjadi empat jenis faktor, yaitu:

  1. Faktor Ekonomi: Fakor ekonomi merupakan faktor terbesar penyebab terjadinya masalah sosial. Krisis global dan PHK dapat memicu tindak kriminal. Masalah tersebut didorong adanya ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak, misalnya pengangguran, anak jalanan, dan lain-lain.
  2. Faktor Budaya: Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara. Kebudayaan yang semakin berkembang pada masyarakat akan mempunyai peran yang dapat memicu timbulnya masalah sosial.
  3. Faktor Biologis: Masalah ini dapat timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat, seperti adanya wabah penyakit menular, virus penyakit baru, dan makanan beracun.
  4. Faktor Psikologi: Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. Masalah sosial yang satu ini tidak mudah menanganinya karena menyangkut soal keyakinan, sehingga butuh penanganan secara berkesinambungan dengan pendekatanpendekatan yang bijak.

1

Roboguru

Berikut ini pernyataan yang tepat tentang masalah sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Dilansir dari buku Sosiologi Suatu Pengantar (2006) karya Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan permasalahan-permasalahan yang muncul dalam masyarakat, bersifat sosial dan berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. 

Ciri-ciri khas masalah sosial antara lain adalah:

  1. Masalah yang muncul mencerminkan atau terkait dengan kesadaran moral dari anggota masyarakat yang berdasar pada nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat tersebut.
  2. Munculnya keresahan umum dalam masyarakat yang berarti bahwa telah terbentuknya suatu persepsi terhadap ancaman yang dapat ditimbulkan dari masalah tersebut.
  3. Timbulnya suatu kesadaran bahwa masalah tidak dapat diatasi sendiri tetapi harus ada kerjasama sesama anggota masyarakat.

Pada poin pertama, ciri khas masalah sosial artinya adalah masalah yang muncul adalah timbul dari masyarakat itu sendiri berdasarkan nilai dan norma yang dijalankan dengan baik. Hal ini menandakan bahwa masalah sosial terjadi dikarenakan hubungan individu yang tidak baik, dan memiliki perbedaan sehingga menimbulkan masalah sosial tersebut.

Jadi, jawabannya adalah E Masalah sosial terjadi akibat adanya hubungan yang tidak baik antarindividu 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved