Roboguru

Masa praaksara mempunyai nama lain, yaitu ...

Pertanyaan

Masa praaksara mempunyai nama lain, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Praaksara berasal dari Bahasa Sansekerta, yakni "pra" yang berarti sebelum dan "aksara" yang berarti tulisan. Sehingga zaman praaksara merupakan zaman ketika manusia belum mengenal tulisan. Zaman praaksara disebut juga dengan masa nirleka dari Bahasa Sansekerta, "nir" berarti tidak ada dan "leka" berarti tulisan. Sehingga Nirleka berarti masa ketika belum dikenal dan ditemukannya tulisan. 

Dengan demikian, nama lain masa praaksara yaitu masa nirleka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Nikmah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 28 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini manakah yang termasuk fosil dan manakah yang termasuk artefak ?

Pembahasan Soal:

Fosil dan artefak merupakan benda-benda peninggalan kebudayaan masa lampau. Keberadaan keduanya sangat penting dalam merekontruksi peristiwa sejarah.

Fosil adalah semua sisa, jejak, atau cetakan dari manusia, hewan, atau tumbuhan yang telah terawetkan dalam suatu endapan batuan dari masa Praakasara. Menemukan fosil memerlukan adanya penggalian di bawah lapisan tertentu dalam tanah. Contoh dari fosil adalah sisa tulang manusia, fosil gajah purba, tulang dinosaurus dan sebagainya.

Sementara itu, Artefak adalah peninggalan benda bersejarah yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia. Ciri khas dari artefak adalah dapat bergerak atau dipindahkan oleh tangan manusia dengan mudah tanpa perlu dihancurkan atau merusak bentuknya. Contoh dari artefak alat dari batu, alat dari tulang, alat dari logam, gerabah, prasasti lempeng dan kertas, senjata dari logam, hingga tanduk binatang

Dengan demikian, berdasarkan gambar diatas yang termasuk fosil adalah gambar pertama dan keempat,  sedangkan artefak ditunjukan oleh gambar ke dua, tiga, dan lima

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Batak Sunda Toraja Makassar Bangsa Proto Melayu merupakan salah satu nenek moyang bangsa Indonesia. Kini, bangsa Proto Melayu menurunkan beberapa suku bangs...

Pembahasan Soal:

Proto Melayu atau Melayu Tua merupakan salah satu bangsa yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia. Bangsa Proto Melayu bermigrasi dari wilayah Cina Selatan pada sekitar 1500 tahun sebelum masehi. Kini, Proto Melayu menurunkan beberapa suku bangsa, antara lain suku Batak, suku Dayak, suku Toraja, suku Nias, dan suku Sasak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

3

Roboguru

Berbagai ajaran agama diterima oleh bangsa Indonesia karena sebelumnya masyarakat sudah mengenal kepercayaan seperti ....

Pembahasan Soal:

Sebelum masuknya ajaran Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen, masyarakat Indonesia telah mengenal sistem kepercayaan. Sistem kepercayaan tersebut terdiri dari animisme, dinamisme, hingga totenisme. Animisme merupakan kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Dinamisme merupakan kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan magis. Sedangkan totenisme merupakan kepercayaan terhadap makhluk hidup, seperti hewan atau tumbuhan, yang memiliki kekuatan magis.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Fungsi menhir adalah ...

Pembahasan Soal:

Menhir secara isitilah diartikan sebagai batu tegak atau batu yang didirikan tegak yang sudah atau belum dikerjakan, dan diletakkan dengan sengaja di suatu tempat untuk tujuan sebagai batu peringatan orang yang telah mati Benda tersebut dianggap sebagai medium penghormatan, menampung kedatangan roh dan sekaligus menjadi lambang orang-orang yang diperingati.

Menhir adalah produk tradisi megalitik, tradisi yang telah muncul semenjak prasejarah yang menggunakan batu-batu besar. pendirian menhir berkaitan erat dengan unsur penghormatan dan pengagungan arwah nenek moyang, dan sering dihubungkan dengan kesakralan dan kesaktian lelu­hur. Hal ini terjadi karena manusia pendukung tradisi megalitik beranggapan bahwa nenek moyang yang telah meninggal, arwahnya dianggap ma­sih hidup terus di dunia arwah, dan bersemayam di tempat-tempat yang tinggi.

Menhir menjadi alat untuk pemujaan pada masa Batu Besar untuk berhubungan dengan nenek moyang.

0

Roboguru

Manusia purba yang hidup pada masa praaksara kebudayaan mempertahankan dan mengembangkan hidupnya. Adanya kebudayaan abris sous roche adalah bukti bahwa manusia purba...

Pembahasan Soal:

Abris sous roche adalah goa menyerupai ceruk batu karang yang digunakan manusia sebagai tempat tinggal. Penelitian mengenai kebudayaan abris sous roche ini juga dilakukan oleh van Stein Callenfels pada tahun 1928-1931 di Goa Lawu dekat Sampung, Ponorogo (Madiun). Keberadaan abris sous roche menandakan manusia purba memiliki pola tempat tinggal menetap di gua-gua. Sebagai tempat tinggal manusia purba, abris sous roche seringkali dijadikan tempat untuk menyimpan peralatan sehari-hari. Beberapa ilmuwan menemukannya dalam bentuk peralatan berburu, peralatan dapur, dan peralatan lainnya. abris sous roche berfungsi sebagai tempat menetap yang melindungi manusia purba dari hujan dan panas. Selain itu, tempat ini juga berguna untuk melindungi mereka dari serangan dunia luar. 

Dengan demikian, adanya kebudayaan abris sous roche adalah bukti bahwa manusia purba bertempat tinggal tetap.

Jadi, jawaban yang tepat adalah  A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved