Roboguru

Margarin atau mentega mudah dioksidasi oleh bakteri atau oksigen di udara. Oksidasi ini menyebabkan margarin atau mentega menjadi tengik. Untuk memperlambat proses oksidasi tersebut, ke dalam margarin atau mentega dapat Anda tambahkan zat antioksidan. a. Antioksidan apa yang dapat Anda gunakan untuk keperluan ini? b. Selain antioksidan tersebut, zat apa lagi yang Anda ketahui dapat berfungsi sebagai antioksidan?

Pertanyaan

Margarin atau mentega mudah dioksidasi oleh bakteri atau oksigen di udara. Oksidasi ini menyebabkan margarin atau mentega menjadi tengik. Untuk memperlambat proses oksidasi tersebut, ke dalam margarin atau mentega dapat Anda tambahkan zat antioksidan.

a. Antioksidan apa yang dapat Anda gunakan untuk keperluan ini?

b. Selain antioksidan tersebut, zat apa lagi yang Anda ketahui dapat berfungsi sebagai antioksidan? space 

Pembahasan Soal:

a. BHT (butil hidroksi tulena) dan BHA (butil hidroksi anisol) digunakan sebagai zat antioksidan untuk mencegah bau tengik pada minyak goreng dan mentega. Penggunaan BHT dan BHA yang berlebihan pada makanan dapat menimbulkan reaksi alergi, terutama pada anak-anak.

b. Antioksidan adalah sifat dari berbagai senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk di dalam maupun di luar tubuh. Contohnya adalah vitamin C dan vitamin E.

Jadi, zat antioksidan pada minyak goreng dan mentega adalah BHT dan BHA, sedangkan contoh lain dari zat antioksidan adalah vitamin C dan E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Senyawa aromatik yang digunakan untuk mengawetkan kayu adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam kehidupan sehari-hari, fenol diguna.kan untuk membuat karbol, suatu desinfektan untuk kamar mandi dan lantai. Dalam bentuk resin, fenol digunakan untuk mengawetkan kayu, membuat konstruksi bangunan, dan juga digunakan dalam industri sepeda motor. Adapun dampak negatifnya, fenol dapat merusak jaringan protein dalam tubuh.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Roboguru

Perhatikan beberapa senyawa turunan benzene berikut: Ioluena Nitrobenzene  Anilina Natrium benzoate Asam salisilat Yang dimanfaatkan sebagai pembuatan zat warna diazo dan zat anti jamur pada ...

Pembahasan Soal:

Benzena memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Toluena, digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan peledak (TNT) dan sebagai pelarut.
  2. Nitrobenzen, digunakan sebagai pewangi pada sabun, sekitar 95% dari nitrobenzena digunakan dalam produksi anilin, pengkilap lantai, pelarut cat, dan penyemir jaket kulit.
  3. Anilina, banyak dimanfaatkan sebagai bahan pewarna diazo dan kosmetik.
  4. Natrium benzoate, banyak dimanfaatkan sebagai pengawet pada makanan dan minuman kemasan.
  5. Asam salisilat, merupakan senyawa turunan benzena yang banyak dimanfaatkan sebagai salep untuk obat kulit, pengawet makanan, dan antiseptik pada pasta gigi.

Jadi, yang dimanfaatkan sebagai pembuatan zat warna diazo dan zat anti jamur pada salep berturut-turut adalah nomor 3 dan 5.

Roboguru

Apa khasiat dari aspirin dan paracetamol? Apa perbedaannya?

Pembahasan Soal:

Baik aspirin maupun paracetamol digunakan sebagai zat analgesik (penghilang rasa sakit) dan antipiretik (penurun panas). Namun parasetamol lebih aman bagi lambung.

Berikut adalah struktur dari aspirin dan paracetamol.


   


Jadi, aspirin dan paracetamol memiliki khasiat yang sama namun paracetamol lebih aman untuk lambung.space 

Roboguru

Margarin atau mentega mudah dioksidasi oleh bakteri atau oksigen di udara. Oksidasi ini menyebabkan margarin atau mentega menjadi tengik. Untuk memperlambat proses oksidasi tersebut, ke dalam margarin...

Pembahasan Soal:

Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan secara alami dapat diperoleh dari buah, sayur, kacang-kacangan, dan tanaman herbal, seperti kemangi atau basil, rosemary dan keladi tikus. Selain itu, daging tanpa lemak dan ikan juga mengandung antioksidan, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan rumput laut atau makanan laut selain ikan.

Jadi, bahan alami mengandung antioksidan adalah buah, sayur, kacang-kacangan, dan tanaman herbal.space 

Roboguru

Beberapa senyawa turunan benzena berikut ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Asam benzoat Fenol Anilina Toluena Senyawa yang memiliki kegunaan sebagai pembasmi kuman dan bahan pe...

Pembahasan Soal:

Benzena adalah suatu senyawa hidrokarbon dengan rumus senyawa begin mathsize 14px style C subscript 6 H subscript 6 end style . Beberapa nama dan kegunaan senyawa turunan benzena adalah sebagai berikut.

  • Asam benzoat berfungsi sebagai pengawet makanan.
  • Fenol memiliki sifat antiseptik sehingga digunakan di dalam bidang pembedahan untuk mensterilkan alat-alat. Fenol terdapat dalam karbol sebagai pembasmi kuman.
  • Anilina banyak digunakan sebagai zat warna serta bahan baku pembuatan berbagai obat, seperti antipirina dan antifebrin.
  • Toluena merupakan bahan dasar pembuatan 2,4,6-trinitrotoluena (TNT) yang digunakan sebagai bahan peledak untuk kepentingan militer dan pertambangan.


Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved