Roboguru

Manusia memiliki sepasang ginjal. Jika salah satu ...

Manusia memiliki sepasang ginjal. Jika salah satu ginjalnya tidak berfungsi, dapatkah proses ekskresi berlangsung? Jika kedua ginjalnya rusak, apa yang harus dilakukan agar dapat bertahan hidup? Jelaskanlah! 

Jawaban:

Ginjal merupakan sepasang organ di dalam tubuh yang berfungsi sebagai metabolisme racun yang terdapat di dalam darah dan mengeluarkannya melalui urine. Kerusakan pada salah satu ginjal tidak akan mempengaruhi kerja ginjal yang lainnya, tubuh akan tetap dapat menyaring darah dengan normal. Namun, banyak kasus yang terjadi jika salah satu ginjal rusak, maka ginjal lainnya pun sudah mengalami gangguan, karena ginjal tersebut sama-sama bekerja menyaring darah dengan membawa substansi yang sama. Gangguan ginjal atau gagal ginjal kronis tahap akhir, berarti kedua ginjal tidak mampu lagi berfungsi sempurna yang mengakibatkan tumpukan hasil sisa metabolisme di dalam tubuh yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Upaya yang dapat dilakukan untuk menangani gagal ginjal kronis diantaranya sebagai berikut.

  1. Dialisis merupakan penyaringan limbah dan cairan dalam tubuh dengan mesin atau memanfaatkan rongga perut. Dialisis dalam rongga perut dengan menggunakan cairan dialisis untuk menyerap cairan atau limbah yang berlebih. Metode ini juga disebut dengan continuous ambulatory peritoneal dialysis atau CAPD. Sedangkan dialisis yang dilakukan dengan mesin, dikenal dengan hemodialisis atau terapi cuci darah.
  2. Metode cangkok ginjal atau transplantasi ginjal merupakan langkah medis yang dipakai untuk menangani kondisi ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Lewat metode ini dokter akan melakukan pembedahan untuk mengganti ginjal yang telah rusak dengan ginjal sehat dari pendonor.

Jadi, jika salah satu ginjal tidak berfungsi, proses ekskresi masih dapat berlangsung. Namun, banyak kasus yang terjadi jika salah satu ginjal rusak, maka ginjal lainnya pun sudah mengalami gangguan. Jika kedua ginjal rusak, upaya yang dilakukan adalah dengan dialisis atau transplantasi ginjal. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved