Roboguru

Manfaat pengindraan jauh dalam pengelolaan hutan adalah ....

Pertanyaan

Manfaat pengindraan jauh dalam pengelolaan hutan adalah .... undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Manfaat penginderaan jauh dalam pengelolaan hutan adalah .... 

  • Pengelolaan hutan. undefined
  • Perencanaan pengambilan hasil kayu undefined
  • Pemantauan penebangan dan penghutanan kembali. undefined
  • Pengelolaan dan pencacahan margasatwa. undefined
  • Inventarisasi dan pemantauan sumberdaya hutan, rekreasi dan pengawasan kebakaran hutan undefinedundefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Wiratama

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Manfaat Sistem Informasi Geografis di bidang Kehutanan adalah …

Pembahasan Soal:

Manfaat SIG dalam bidang kehutanan adalah mampu memantau kondisi hutan dan merencanakan strategi untuk dilakukannya reboisasi dan kontrol akibat penyalahgunaan lahan hutan. Fungsi lainya dari oemanfaatan SIG dalam bidang kehutanan adalah penilaian dan pemantauan sumder daya hutan, untuk perlindungan hutan, dan dalam konservasi tanah dan daerah aliran sungai.

0

Roboguru

Pernyataan: (1) perencanaan tata guna lahan; (2) pemantauan daerah aliran sungai; (3) pemantauan pergerakan masa batuan; (4) pemantauan sedimentasi di muara sungai; (5) pemantauan pendangkalan da...

Pembahasan Soal:

Hidrologi adalah ilmu yang membahas tentang air, sehingga jawaban yang tepat harus berhubungan dengan air. Pernyataan yang menunjukan manfaat Sistem Informasi Geografis dibidang hidrologi sebagai berikut :

  1. pemantauan daerah aliran sungai;

  2. pemantauan sedimentasi di muara sungai;

  3. pemantauan pendangkalan danau.

Oleh karena itu jawaban yang tepat untuk soal ini pada pernyataan (2), (4), dan (5)

0

Roboguru

Manfaat Sistem Informasi Geografis di bidang Kehutanan adalah ....

Pembahasan Soal:

SIG (Sistem Informasi Geografis) sangat bermanfaat bagi dunia kehutanan. Munculnya citra satelit beresolusi spatial tinggi telah membuka peluang pengembangan dalam dunia penelitian kehutanan. Banyak manfaat yang didapat dari penggunaan SIG, seperti mengetahui kesesuaian penggunaan kawasan, kecenderungan perubahan lahan, polanya, lokasi, dan masih banyak lagi. Dengan SIG kita dapat memiliki gambaran sistem inventarisasi hutan untuk kemudian dapat memetakan lebih lanjut penggunaan lahan di wilayah kehutanan, seperti memantau kegiatan penebangan dan reboisasi.

0

Roboguru

Perhatikan fenomena alam berikut. Perubahan bentuk garis pantai. Pembentukan sand dune. Pembentukan delta. Pergeseran muara sungai. Pembentukan meander sungai. SIG dapat dimanfaatkan untuk me...

Pembahasan Soal:

Salah satu pemanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah untuk menganalisis aktivitas bentuk lahan di permukaan bumi. Contonya aktivitas pertumbuhan bentuk lahan aluvial yang disajikan menggunakan SIG adalah pembentukan delta, pergeseran muara sungai dan pembentukan meander sungai. lnformasi aktivitas bentuk lahan aluvial dapat disajikan dalam bentuk peta daerah aliran sungai (DAS). Peta tersebut dapat memberikan informasi tentang bentuk meander sungai, letak muara sungai, dan delta sungai. Peta tersebut merupakan hasil manipulasi buffering sehingga dapat dianalisis aktivitas bentuk lahan aluvial.

Berdasarkan penjelasan tersebut, SIG dapat dimanfaatkan untuk menganalisis aktivitas bentuk lahan di permukaan bumi. Aktivitas pertumbuhan bentuk lahan aluvial yang disajikan menggunakan SIG adalah pembentukan delta, pergeseran muara sungai dan pembentukan meander sungai.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Badan kesehatan dunia WHO mengakui bahwa SIG dapat digunakan dalam bidang kesehatan lingkungan. Sebutkan contoh pemanfaatan SIG untuk kesehatan lingkungan !

Pembahasan Soal:

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) adalah sistem informasi pemetaan berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial. Salah satu manfaat SIG adalah pada bidang kesehatan lingkungan. Menginvestigasi Masalah serta Resiko Kesehatan di Masyarakat. SIG dapat digunakan untuk memberikan data mengenai penyebaran limbah perusahaan yang berdampak pada kesehatan masyarakat. Selain itu, SIG juga dapat digunakan untuk menyajikan data polusi udara, data penguraian cahaya dan penyebarannya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved