Roboguru

Manakah di antara molekul-molekul berikut yang mampu berikatan hidrogen antarmolekul itu sendiri?  a.  C2H6 b.  HI c.  BeH2 d.  CH3COOH

Pertanyaan

Manakah di antara molekul-molekul berikut yang mampu berikatan hidrogen antarmolekul itu sendiri?space 

a.  C2H6

b.  HI

c.  BeH2

d.  CH3COOH 

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi antara atom hidrogen yang sangat elektropositif dari suatu molekul dengan atom yang sangat elektronegatif (O, F, N) dari molekul lain. Di antara keempat molekum, yang memiliki ikatan O-H, F-H, atau N-H adalah CH3COOH.


Jadi, molekul yang mampu berikatan ikatan hidrogen adalah CH3COOH.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Hidayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Interaksi yang terjadi antara molekul HF dengan molekul HF lain disebut...

Pembahasan Soal:

Ikatan yang terjadi antar molekul HF dan molekul HF merupakan gaya tarik menarik molekul antar dipol-dipol yang terjadi antara dua muatan listrik dengan polaritas yang berlawanan. Ikatan yang terjadi adalah ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen terjadi ketika sebuah molekul yang memiliki atom N, O, atu F yang mempunyai pasangan elektron bebas. Hidrogen dari molekul lain akan berinteraksi dengan pasangan elektron bebas ini membentuk suatu ikatan hidrogen.

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Dalam tabel periodik, unsur nitrogen, oksigen dan fluorin terletak pada periode kedua. Bagaimana kecenderungan titik didih unsur-unsur tersebut jika bersenyawa dengan hidrogen membentuk NH3​, H2​O, da...

Pembahasan Soal:

Ketiga senyawa tersebut dapat membentuk ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen semakin kuat jika atom lebih elektronegatif sehingga atom hidrogen menjadi lebih elektropositif. Dalam tabel periodik, dari kiri ke kanan, keelektronegatifan semakin besar.

Namun, urutan kenaikan titik didih ketiga senyawa tersebut bukan begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style - begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style - begin mathsize 14px style H F end style. Jumlah ikatan hidrogen akan memengaruhi titik didih suatu senyawa. Interaksi ikatan hidrogen pada molekul begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style sangat kuat karena 1 molekulnya mampu membentuk 4 ikatan hidrogen dengan molekul lain. Sedangkan, molekul begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style dan begin mathsize 14px style H F end style hanya mampu membentuk 1 ikatan hidrogen saja. Oleh karena itu, titik didih begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style lebih tinggi dari begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style dan begin mathsize 14px style H F end style.

begin mathsize 14px style H F end style memiliki massa molekul yang lebih tinggi dari begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style sehingga begin mathsize 14px style H F end style memiliki gaya London yang lebih kuat daripada begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style. Selain itu, atom F lebih elektronegatif dibandingkan atom N. Hal ini membuat titik didih begin mathsize 14px style H F end style lebih tinggi dari begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style.


Jadi, urutan kenaikan titik didih ketiga senyawa tersebut adalah begin mathsize 14px style N H subscript 3 end stylebegin mathsize 14px style H F end style - begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style.

0

Roboguru

Di antara senyawa-senyawa berikut tidak dapat membentuk ikatan hidrogen adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen merupakan ikatan antarmolekul yang terjadi pada molekul-molekul yang sangat  polar dan mengandung atom hidrogen. Ikatan hidrogen disebabkan oleh gaya tarik-menarik antara atom hidrogen dari molekul yang satu dengan atom molekul lain yang sangat elektronegatif (F, O, atau N). Berdasarkan pilihan jawaban tersebut yang tidak mengandung unsur F, O, atau N adalah begin mathsize 14px style B H subscript 3 end style.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang:  c. Ikatan hidrogen

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen adalah gaya tarik-menarik antarmolekul yang terjadi antara dua muatan listrik parsial dengan polaritas yang berlawanan. Ikatan hidrogen meripakan gaya antarmolekul yang paling kuat diantara gaya antarmolekul lainnya tetapi lebih lemah dari ikatan intramolekul. Ikatan hidrogen terjadi ketika sebuah molekul memiliki atom N, O, atau F yang mempunyai pasangan elektron bebas. Semakin besar perbedaan elektronegativitas antar atom dalam molekul maka semakin besar pula ikatan hidrogen yang terbentuk.space 

0

Roboguru

Jumlah ikatan hidrogen yang terbentuk antara satu molekul air dengan molekul sesamanya sebanyak ….

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi jika atom hidrogen berikatan dengan atom yang memiliki nilai keelektronegatifan yang besar seperti atom F, O dan N. Satu molekul air akan membentuk 4 ikatan hidrogen dengan molekul air yang lainnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved