Roboguru

Malam itu, saat Raib dan Ali tertidur kelelahan, Seli melupakan soal bergantian berjaga setiap dua jam. Pukul dua malam, saat waktunya Ali berjaga, Seli tersenyum menatap wajah dua sahabatnya yang ber

Malam itu, saat Raib dan Ali tertidur kelelahan, Seli melupakan soal bergantian berjaga setiap dua jam. Pukul dua malam, saat waktunya Ali berjaga, Seli tersenyum menatap wajah dua sahabatnya yang berbaring di lantai perahu. Seli memutuskan akan terus berjaga sepanjang malam. Seli membiarkan jam pasir terus berjalan. Dia tidak ingin menganggu tidur Raib dan Ali, agar besok dua sahabatnya itu punya tenaga untuk melanjutkan perjalanan. Biarlah dia yang terus berjaga. Bahkan, jika ada monster laut, Seli akan memastikan Raib dan Ali tetap tidur nyenyak. Biar dia yang menghadapinya. Malam itu, dengan perut lapar, Seli menatap lautan lengang dengan senang hati. Sedikitpun tidak ada perasaan terbebani, dia tulus melakukannya. Demi sahabat sejati.

Dikutip darl: Tere Liye. Komet. Jakaria: Gramedia Pustaka 2018


Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan tersebut adalah ....undefined  

  1. orang pertama tunggalundefined  

  2. orang pertama jamakundefined  

  3. orang ketiga tunggalundefined  

  4. orang ketiga jamakundefined  

  5. campuranundefined  

Jawaban:

Pembahasan 

Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan adalah orang ketiga tunggal.
Bukti : terdapat kata ganti orang ketiga seperti pada kalimat "Seli membiarkan jam pasir terus berjalan. Dia tidak ingin menganggu tidur Raib dan Ali".

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved