Roboguru

Majas pada larik yang bercetak miring adalah ....

Majas pada larik yang bercetak miring adalah ....undefined

  1. personifikasiundefined

  2. alegoriundefined

  3. alusioundefined

  4. metaforaundefined

  5. simileundefined

Jawaban:

Majas adalah salah satu unsur fisik di dalam puisi. Majas atau gaya bahasa merupakan cara penyair dalam mengungkapkan pemikirannya melalui bahasa-bahasa yang khas dan bermakna kiasan. Ada beberapa majas yang sering digunakan oleh penyair dalam puisi, diantaranya:

  1. Majas personifikasi adalah majas atau gaya bahasa yang menganalogikan atau mengibaratkan sesuatu benda mati layaknya manusia atau benda hidup.
  2. Majas alegori adalah majas yang menyatakan dengan ungkapan kiasan atau penggambaran.
  3. Majas alusio adalah gaya bahasa yang menggunakan sesuatu untuk menyatakan sesuatu yang lain melalui kesamaan antar manusia, peristiwa, atau tempat yang sudah diketahui orang banyak, biasanya dalam legenda, pribahasa, atau sampiran yang sudah lazim diketahui dan digunakan masyarakat.
  4. Majas metafora adalah majas atau gaya bahasa yang senantiasa meletakkan sebuah objek yang bersifat sama dengan pesan yang hendak disampaikan dengan bentuk sebuah ungkapan.
  5. Majas simile adalah majas yang menggunakan kata pembanding langsung untuk menyatakan suatu hal lain. Simile melakukan perbandingan secara eksplisit (langsung) dengan menggunakan kata penghubung penunjuk seperti: bagaikan, laksana, bak, mirip, seperti, dsb.

Majas yang terdapat pada larik "Bak kembang sari sudah terbagi" adalah majas simile karena menggunakan kata pembanding "bak" untuk menyatakan suatu hal lain.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved