Roboguru

<!--td {border: 1px solid #ccc;}br {mso-data-placement:same-cell;}--> Mahakarya fenomenal peninggalan Kerajaan Majapahit adalah ...

Mahakarya fenomenal peninggalan Kerajaan Majapahit adalah ...undefined 

  1. Pararaton dan Serat Centiniundefined 

  2. Sutasoma dan Arjunawiwahaundefined 

  3. Negarakertagama dan Sutasomaundefined 

  4. Gatotkacasraya dan Kresnayanaundefined 

  5. Babad Tanah Jawi dan Babad Giyantiundefined 

Jawaban:

Kerajaan Majapahit merupakah kerajaan Hindu terbesar di Nusantara yang menguasai wilayah cukup luas pada masa kejayaannya. Majapahit mencapai puncak keemasan ketika diperintah oleh Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada. Sebagai kerajaan besar, Majapahit menghasilkan begitu banyak peninggalan bersejarah, salah satunya di bidang sastra. Peninggalan sastra dari kerajaan Majapahit ini cukup banyak, diantaranya adalah Kakawin Negarakertagama karangan Empu Prapanca, Kakawin Sutasoma karangan Empu Tantular.

Kakawin Negarakertagama berarti kisah pembangunan negara. Isinya menguraikan keagungan Prabu Hayam Wuruk khususnya dan keagungan negara Majapahit pada umumnya. Selain itu juga menguraikan kebesaran raja-raja leluhurnya. Sedangkan Kakawin Sutasoma adalah sebuah kakawin dalam bahasa Jawa Kuno. Kakawin ini termasyhur, sebab setengah bait dari kakawin ini menjadi motto nasional Indonesia: Bhinneka Tunggal Ika. Motto atau semboyan Indonesia tidaklah tanpa sebab diambil dari kitab kakawin ini. Kakawin ini mengenai sebuah cerita epis dengan pangeran Sutasoma sebagai protagonisnya. Amanat kitab ini mengajarkan toleransi antar agama, terutama antar agama Hindu-Siwa dan Buddha.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved