Roboguru

Letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883 termasuk pada tipe letusan ...

Pertanyaan

Letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883 termasuk pada tipe letusan ...space space 

  1. perretspace 

  2. pellespace space 

  3. vulkanospace 

  4. merapispace space 

  5. semi vulkanospace 

Pembahasan Soal:

Gunung krakatau meletus pada tahun 1883 dengan erupsi yang sangat kuat dan mengeluarkan material berupa abu vulkanik dan gas-gas ke lapisan atmosfer dengan ketinggian mencapai 80 kilometer. Gunung dengan tipe erupsi tersebut adalah ciri-ciri tipe erupsi plinian atau perret.space space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang cukup berbahaya dan bisa menimbulkan banyak kerusakan dengan total kerugian yang besar. Tingkat kerusakan dipengaruhi oleh tipe letusan. Je...

Pembahasan Soal:

Fenomena mengenai gunung api dipelajari dalam materi vulkanisme. Termasuk pula di dalamnya membahas tentang bentuk gunung api, tipe letusan, material hasil erupsi, dan dampak gunung api.
Tipe Letusan Gunung Api yaitu:

  1. Tipe saint vincent, skala letusan relatif sedang tetapi intensitasnya cukup tinggi. Lava yang keluar dari dapur magma yang dangkal bersifat kental.
  2. Tipe merapi, lava nya kental, tekanan gas cukup rendah, kedalaman magma dangkal
  3. Tipe hawaii, skala letusan relatif kecil tetapi intensitasnya cukup tinggi. Lava yang keluar bersifat cair.
  4. Tipe stromboli, lava sangat encer, tekanan gas sedang, dan kedalaman magma dangkal
  5. Tipe volkano, mengeluarkan material padat dan cair, memiliki dapur magma yang dangkal sampai dalam, dan tekanan yang sedang sampai tinggi.
  6. Tipe pelee, tekanannya besar karena adanya penyumbatan di puncak gunung api yang berbentuk seperti jarum.
  7. Tipe perret atau plinian, mengeluarkan material yang dapat menghancurkan puncak gunung sehingga meruntuhkan dinding kawah dan membentuk kaldera. Ketika terjadi letusan disertai ledakan yang sangat dahsyat dan dapat merusak lingkungan.

Jadi, letusan gunung berapi yang sangat kuat dan berdampak besar yang disebabkan oleh tingginya tekanan gas di dalam dapur magma adalah Tipe Perret atau Plinian.

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, tipe gunung api semacam itu disebut ...

Pembahasan Soal:

Gunung api merupakan lubang rekahan dalam kerak bumi sebagai tempat keluarnya magma, gas dan material lainnya ke permukaan bumi. Berdasarkan tinggi atau rendahnya derajat fragmentasi dan kuat lemahnya letusan atau tinggi asap, gunung api dibagi menjadi beberapa tipe:

  1. Tipe Hawaian, magma/lava yang sangat cair, dapur magma sangkat dangkal, tekanan gas rendah, bentuknya seperti perisai atau tameng, letusan relatif kecil namun intensitasnya tinggi
  2. Tipe Stromboli, magma sangat encer, kedalaman dapur magma dangkal, tekanan gas sedang, interval waktu letusan hampir sama.
  3. Tipe Vulkanian, lava encer, tekanan gas sedang, kedalaman dapur magma dangkal, memiliki 2 tipe vulkano lemah dengan gasnya sedang dan dapur magmanya tidak terlalu dalam. Tipe vulkano kuat dengan tekanan gas tinggi dengan dapur magma lebih dalam.
  4. Tipe Perret/plinian, letusan disertai ledakan, material yang dikeluarkan dengan jangkauan sangat luas, awan menyembur menyerupai kembang kol.
  5. Tipe Pelee, letusan akibat sumbatan kawah puncak gunung api sehingga tekanan gas menjadi bertambah besar.
  6. Tipe Saint Vincent, ada pada gunung api yang memiliki danau kawah maka ketika gunung meletus air danau akan tumpah bersama magma.
  7. Tipe Merapi, lava yang kental, tekanan gas kuat sehingga menjadi kawah dan pecah keatas, mengeluarkan awan panas.

Berdasarkan penjelasan diatas maka gambar pada soal merupakan tipe perret karena memiliki letusan asap seperti kembang kol dan kepulan asap yang tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Letusan gunungapi dengan tipe Perret atau Plinian mempunyai ciri letusan yang sangat merusak. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh komposisi magma yang bersifat ....

Pembahasan Soal:

Letusan yang sangat merusak seperti letusan Gunung Krakatau termasuk ke dalam tipe Perret atau Plinian. Tipe ini bisa menimbulkan letusan yang dahsyat sebab kekentalan magma yang rendah akibat komposisinya yang cenderung bersifat felsik, dapur magma yang dalam, dan tekanan yang sangat tinggi.undefined 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! biasanya disertai ledakan yang sangat dahsyat lava cair kental-cair encer tekanan gas yang tinggi lava sangat kental  Karakteristik dari gunung api dengan tipe l...

Pembahasan Soal:

Tipe letusan Perret atau Plinian adalah tipe letusan gunung api yang sangat berbahaya. Letusan ini adalah letusan gunung api yang disertai ledakan yang sangat dahsyat dan dapat merusak lingkungan yang ada di sekitarnya. Ciri khusus yang dimiliki oleh letusan ini adalah selalu disertai gas yang sangat tinggi dan awan yang menyembur menyerupai kembang kol. Selain itu, lava pada tipe letusan Perret adalah cair kental-cair encer. Contoh dari tipe letusan Perret ini dapat dilihat pada peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri tipe erupsi di bawah ini! Mengeluarkan lava cair bertekanan tinggi Terdapat awan menyerupai kol Letusannya dapat membentuk kaldera Timbul getaran sebelum terjadi letusan B...

Pembahasan Soal:

Tipe erupsi dengan ciri-ciri mengeluarkan lava cair bertekanan tinggi, terdapat awan menyerupai kol, letusannya dapat membentuk kaldera, timbul getaran sebelum terjadi letusan adalah letusan tipe perret atau plinian.undefined Tipe letusan ini sangat berbahaya karena kekuatannya sangat dahsyat. Contohnya adalah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved