Iklan

Iklan

Pertanyaan

Letusan gunung api mengeluarkan material vulkanik yang bermanfaat bagi kesuburan tanah sehingga daerah sekitar gunung api digunakan masyarakat untuk lahan pertanian. Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ...

Letusan gunung api mengeluarkan material vulkanik yang bermanfaat bagi kesuburan tanah sehingga daerah sekitar gunung api digunakan masyarakat untuk lahan pertanian.
Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ...

  1. prinsip penyebaran

  2. prinsip distribusi

  3. prinsip interelasi

  4. prinsip deskripsi

  5. prinsip korologi

Iklan

C. Julaika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni: Prinsip Deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta. Prinsip Persebaran/Distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran. Prinsip Interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya. Prinsip Korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya. Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat adalah prinsip interelasi. Dimana lahan pertanian yang subur berada di sekitaran gunung api yang disebabkan oleh material vulkanikyang tinggi unsur hara.

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip Deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta.
  • Prinsip Persebaran/Distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip Interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip Korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat adalah prinsip interelasi. Dimana lahan pertanian yang subur berada di sekitaran gunung api yang disebabkan oleh material vulkanik yang tinggi unsur hara.

 

Latihan Bab

Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi

Objek Studi dan Aspek Geografi

Konsep Esensial Geografi

Prinsip Geografi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sepanjang pantai selatan Jawa berada pada zona tumbukan lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Kondisi tersebut menyebabkan wilayah di sekitar pantai selatan Jawa rawan tsunami. Prinsip geografi yang dig...

691

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia