Roboguru

Lengkapilah tabel berikut ini!

Lengkapilah tabel berikut ini!

Jawaban:

Pencemaran udara merupakan masuknya polutan ke udara atau perubahan komposisi udara akibat kegiatan manusia dan proses alam yang dapat menyebabkan kualitas udara menurun sampai ke tingkat tertentu. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh :

  1. Partikel yang merupakan butiran halus dan masih terlihat dengan mata, seperti uap air, debu, asap, dan kabut.
  2. Zat pencemar berupa gas yang hanya dapat dirasakan melalui penciuman, misalnya karbondioksida, karbonmonoksida, dan hidrokarbon.

Beberapa contoh polutan udara yang sering ditemukan di sekitar adalah asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap dari kebakaran hutan, gas begin mathsize 12px style straight H subscript 2 straight S end style, dan senyawa CFC. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah :

  1. Asap cerobong pabrik, yaitu dengan memasang filter udara pada cerobong asap pabrik untuk mengurangi emisi gas-gas yang dapat menyebabkan poluasi udara
  2. Asap dari kendaraan bermotor, yaitu dengan mengurangi kendaraan bermotor, melakukan uji emisi, dan memasang filter udara pada kendaraan bermotor.
  3. Asap dari rokok, yaitu dengan mengurangi dan mulai berhenti merokok dan menanam tumbuhan hijau di sekitar rumah.
  4. Asap dari kebakaran hutan, yaitu dengan memadamkan sumber api, memakai masker ketika beraktivitas keluar rumah, dan menutup jendela secara rapat untuk mengurangi masuknya polutan ke dalam rumah.
  5. Gas begin mathsize 12px style straight H subscript 2 straight S end style (berasal dari kilang minyak, tambang batubara, dan gas alam), yaitu dengan menggunakan gas detector yang terkalibrasi secara rutin dan memasang blower pada sekitar area sumber gas begin mathsize 12px style straight H subscript 2 straight S end style.
  6. Senyawa CFC, yaitu dengan mengurangi pemakaian AC, kulkas, dan hairdryer dan mengurangi penggunaan pestisida dari bahan kimiaspace space .

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved