Roboguru

Larutan penguji urin yang menggunakan  adalah untuk menguji ....

Pertanyaan

Larutan penguji urin yang menggunakan Ag N O subscript 3 adalah untuk menguji ....

Pembahasan Soal:

Larutan penguji urin adalah larutan yang digunakan dalam uji kandungan urin. Salah satu larutan ini adalah larutan yang mengandung Ag N O subscript 3. Larutan ini digunakan untuk menguji keberadaan klorin. Berikut adalah proses kimia yang terjadi dalam penggunaan larutan uji ini pada urin yang mengandung klorin: 2 Na Cl and Ag N O subscript 3 space end subscript yields Na subscript 2 N O subscript 3 and Ag Cl subscript 2. Apabila urin mengandung klorin maka akan terbentuk endapan putih pada campuran. Keberadaan klorin pada urin dapat mengindikasikan penyakit tertentu pada pemilik urin. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah pilihan jawaban C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

P. Santika

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hasil tes urine Pak Anton menunjukkan bahwa urine berwarna kuning tetapi berbusa dan pH 4,9. Berdasarkan hasil uji urine tersebut, dokter menyimpulkan bahwa urine Pak Anton tidak normal. Benarkah kesi...

Pembahasan Soal:

Umumnya urin normal memiliki pH 4,5 - 8,5, berwarna jernih hingga kuning muda dan tidak berbusa. Pada kondisi Pak Anton memiliki urin berbusa, yang mana bisa terjadi bila kurang minum atau sedang mengalami dehidrasi, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Tapi bila kencing berbusa terus menerus terjadi, busa tidak cepat hilang, atau malah makin lama makin berbusa, bisa jadi itu disebabkan oleh suatu penyakit. Misalnya, ginjal bocor (proteinuria).

Oleh karena itu, kondisi urin Pak Anton mengindikasikan tidak normal dan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. space space 

Roboguru

Urine normal mengandung ....

Pembahasan Soal:

Kandungan urine normal adalah :

  • Zat buangan nitrogen, misalnya urea (hasil deaminasi protein), asam urat (hasil katabolisme asam nukleat), dan kreatinin (hasil penguraian kreatin fosfat dalam jaringan otot).
  • Benda keton (hasil metabolisme lemak).
  • Asam hipurat dari pencernaan sayuran dan buah.
  • Toksin, zat kimia asing, pigmen (urobilin/urokrom, hematoporfirin), enzim, vitamin, dan hormon. Hormon chorionic gonadotropin (HCG) terdapat pada urine wanita hamil.
  • Elektrolit, meliputi ion natrium, klorin, kalium, amonium, sulfat, fosfat, kalsium, magnesium
Roboguru

Bagaimanakah proses terbentuknya urine?

Pembahasan Soal:

Proses terbentuknya urin terjadi pada nefron ginjal yang terdiri dari 3 tahapan yaitu:

  1. Filtrasi
    Merupakan proses penyaringan darah dari senyawa-senyawa besar komponen darah seperti sel darah dan protein darah. Terjadi pada Glomerulus di dalam kapsula bowman. Menghasilkan urin primer yang sudah tidak memiliki komponen besar dari darah. Urin primer terdiri dari air, senyawa yang masih berguna (asam amino, glukosa), ion garam mineral, dan zat sisa (urea, amonia, asam urat, kreatinin).
  2. Reabsorpsi
    Merupakan proses penyerapan kembali zat-zat yang masih bisa digunakan oleh tubuh dari urin primer seperti sebagian air dan ion garam mineral, asam amino, dan glukosa. Terjadi pada tubulus kontortus proximal dan lengkung henle. Menghasilkan urin sekunder yang sudah tidak memiliki asam amino dan glukosa karena semuanya diserap kembali. Urin sekunder terdiri dari air, ion garam mineral, dan zat sisa (urea, amonia, asam urat, kreatinin).
  3. Augmentasi
    Merupakan proses penambahan zat-zat yang sudah tidak lagi diperlukan tubuh seperti kelebihan ion garam mineral, serta sisa bahan kimia seperti sisa obat dan juga penambahan zat warna urin (urobilin). Terjadi pada tubulus kontortus distal. Menghasilkan urin sesungguhnya yang terdiri dari air, ion garam mineral, zat warna urin (urobilin), sisa bahan kimia seperti obat-obatan, dan zat sisa (urea, amonia, asam urat, kreatinin).

Dengan demikian, proses pembentukan urin pada dasarnya terdiri atas 3 tahapan yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.undefined 

 

Roboguru

Perhatikan beberapa karakteristik urine berikut! pH berkisar 4,5 - 7,5 mengandung air, urea, ammonia, dan glukosa tidak terdapat protein apabila diuji larutan Benedict berubah wama merah bata t...

Pembahasan Soal:

Pada urine normal, pH berkisar antara 4,5-7,5, tidak memiliki kandungan protein ataupun glukosa, dan mengandung urobilin yang dihasilkan dari empedu.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

Roboguru

Sebutkan 4 organ ekskresi pada manusia dan zat sisa yang dikeluarkan !

Pembahasan Soal:

Ekskresi merupakan proses pembuangan sisa metabolisme atau zat sisa yang sudah tidak berguna dalam tubuh. Organ-organ yang berperan dalam sistem ekskresi antara lain:

  1. Kulit mengekskresikan kelenjar keringat yang mengandung air, urea, dan garam mineral
  2. Ginjal mengekskresikan urin
  3. Paru-paru mengekskresikan karbondioksida dan uap air
  4. Hati mengekskresikan empedu space  space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved