Iklan

Iklan

Pertanyaan

Larutan elektrolit biner pada suhu tertentu memiliki fraksi mol terlarut 0,2, tekanan uap air murni pada suhu tersebut = 30 mmHg dan bila mengalami ionisasi sempurna dalam larutannya, berapakah tekanan uap larutannya?

Larutan elektrolit biner pada suhu tertentu memiliki fraksi mol terlarut 0,2, tekanan uap air murni pada suhu tersebut = 30 mmHg dan bila mengalami ionisasi sempurna dalam larutannya, berapakah tekanan uap larutannya?space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tekanan uap larutannya adalah 18 mmHg.

tekanan uap larutannya adalah 18 mmHg.

Iklan

Pembahasan

Menurut Hukum Raoult, besarnya penurunan tekanan uap jenuh larutan sebanding dengan fraksi mol zat terlarut dalam larutan . Persamannya dapat ditulis sebagai berikut: △ P = X t ​ × P ∘ Namun, sebelumnya perlu diperhatikan bahwa larutan yang dimaksud adalah larutan elektrolit biner, yaitu larutan elektrolit yang memiliki dua ion (n = 2). Larutan elektrolit memiliki partikel lebih banyak daripada larutan nonelektrolit, sehingga perlu dikalikan dengan faktor van't Hoff (i) pada mol zat terlarutnya. Karena larutan initerionisasi sempurna, nilai α = 1 , sehingga: i = ( n − 1 ) α + 1 i = ( n − 1 ) 1 + 1 i = n Sehingga penurunan tekanan uap jenuh dirumuskan sebagai berikut: △ P = X t ​ × P ∘ × i △ P = 0 , 2 × 30 × 2 △ P = 12 mmHg Karena tekanan uap jenuh air murni 30 mmHg dan penurunannya adalah 12 mmHg, maka tekanan uap jenuh larutan tersebut adalah 18 mmHg. Jadi, tekanan uap larutannya adalah 18 mmHg.

Menurut Hukum Raoult, besarnya penurunan tekanan uap jenuh larutan sebanding dengan fraksi mol zat terlarut dalam larutan. Persamannya dapat ditulis sebagai berikut:

Namun, sebelumnya perlu diperhatikan bahwa larutan yang dimaksud adalah larutan elektrolit biner, yaitu larutan elektrolit yang memiliki dua ion (n = 2). Larutan elektrolit memiliki partikel lebih banyak daripada larutan nonelektrolit, sehingga perlu dikalikan dengan faktor van't Hoff (i) pada mol zat terlarutnya. Karena larutan ini terionisasi sempurna, nilai , sehingga:

 

Sehingga penurunan tekanan uap jenuh dirumuskan sebagai berikut:

 

Karena tekanan uap jenuh air murni 30 mmHg dan penurunannya adalah 12 mmHg, maka tekanan uap jenuh larutan tersebut adalah 18 mmHg.

Jadi, tekanan uap larutannya adalah 18 mmHg.

Latihan Bab

Pendahuluan Sifat Koligatif

Penurunan Titik Beku

Kenaikan Titik Didih

Penurunan Tekanan Uap

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika 12,5 gram zat X dilarutkan dalam 350 gram air (Mr = 18) pada suhu tertentu mempunyai tekanan uap 495 mmHg. Pada suhu yang sama tekanan uap air murni pada suhu tersebut adalah 500 mmHg. Massa mole...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia