Roboguru

Lapisan bumi yang paling tebal adalah ....

Pertanyaan

Lapisan bumi yang paling tebal adalah ....space space  

Pembahasan Soal:

Barisfer adalah lapisan bumi yang paling tebal dengan ketebalan 2.900-6.730 KM. Inti bumi juga tersusun dari nikel dan besi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Mahmud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan istilah astenosfer!

Pembahasan Soal:

Struktur lapisan bumi terbagi menjadi tiga yaitu kerak bumi, selimut bumi (mantel bumi) dan inti bumi. Selimut merupakan lapisan di bawah lapisan kerak bumi berfungsi melindungi bagian dalam bumi. Selimut bumi terbagi atas tida lapisan yaitu litosfer, astenosfer, dan mesosfer. 

Astenosfer merupakan lapisan di bawah lempeng tektonik yang menjadi tempat bergeraknya lempeng benua. Astenosfer adalah lapisan yang lemah, panas, dan lebih dalam dari selimut. Lapisan astenosfer tebalnya 100 - 400 km diduga sebagai tempat formasi magma (magma induk). 

0

Roboguru

Berdasarkan rajah dibawah, jawab soalan-soalan yang berikutnya. Namakan struktur bumi yang bertanda P : Q : R : S :

Pembahasan Soal:

Bumi terdiri dari beberapa lapisan, struktur dalam bumi terdiri dari 3 lapisan yaitu kerak (crust), mantel (mantle), dan inti bumi (inner dan outer core). Bumi memiliki jari-jari sepanjang 6.371 km. Berikut penjelasan diantaranya:

  • P. Kerak Bumi, merupakan lapisan paling luar dan paling tipis. Tersusun dari material yag ringan seperti silika, alumunium, dan oksigen. Ketebalannya sekitar 25-40 km.
  • Q. Mantel bumi, berada pada kedalaman 40-3.000 km dibawah permukaan bumi, terdiri dari besi, magnesium dan silika. Mantel bumi bersama dengan kerak bumi membentuk lapisan litosfer. Lapisan ini disebut astenosfer karena bersifat lunak dan plastis.
  • R. Inti bagian luar, merupakan material cair yang tersusun dari besi dan nikel. Suhu pada lapisan ini mencapai 3.700 derajat cecius dan ketebalannya 2.885-5.144 km.
  • S. Inti bagian dalam, berbentuk seperti bola dengan radius 1.220 km, berada pada kedalaman 2.885-5.144 km. Suhu inti berkisar antara 4.300-5.400 derajat celcius hampir sepanas permukaan matahari.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan ciri dari lapisan mantel bumi adalah ….

Pembahasan Soal:

Mantel Bumi merupakan lapisan setelah kerak Bumi. Nama lain dari mantel Bumi adalah selimut Bumi. Mantel ini merupakan lapisan batuan setebal sekitar 2.900 km. Suhu di bagian bawah lapisan mantel mencapai 3.700°C. Akan tetapi, batuan yang ada di mantel bumi cenderung kental karena mendapatkan panas dari inti bumi dan berada di bawah tekanan tinggi. Pada umumnya, mantel Bumi dibagi menjadi tiga, yaitu litosfer, astenosfer, dan mesosfer.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Sebutkan tiga struktur utama pembentuk bumi.

Pembahasan Soal:

Fisik bumi menunjukkan bahwa batuan-batuan pembentuk bumi mulai dari kerak bumi sampai inti bumi mempunyai komposisi mineral dan unsur kimia yang berbeda-beda. Pada dasarnya planet bumi mempunyai struktur utama (dari permukaan sampai ke dalam). Struktur utama pembentukan bumi dibagi menjadi 3 diantaranya:

  1. Kerak bumi, merupakan lapisan terluar bumi dengan ketebalan 80 km yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu kerak samudera dengan ketebalan sekitar 5-10 km, material penyusunnya berupa batuan basalt dan kerak benua dengan ketebalan 20-70 km dan material penyusunnya berupa batuan granit yang memiliki massa lebih ringan dibanding basalt.
  2. Mantel bumi terletak diantara kerak dan inti bumi, material penyusunnya berupa batuan yang mengandung magnesium dan silikon, bersuhu ±1300 °C-1500 °C pada bagian atas dan ±1500 °C-3000 °C pada bagian bawah. Senantiasa bergerak karena terdapat arus konveksi.
  3. Inti bumi berada pada kedalam 2.883 km. Material penyusunnya terdiri dari unsur yang memiliki densitas besar seperti besi (Fe) dan nikel (Ni). Terdiri dari 2 bagian yaitu inti luar dan inti dalam.

0

Roboguru

Lapisan bumi yang terdiri atas lapisan silisium, alumunium dan magnesium adalah ....

Pembahasan Soal:

Bumi terdiri dari 4 (empat) lapisan, yaitu kerak bumi, mantel bumi, inti luar bumi, dan inti dalam bumi. Lapisan Kulit/Kerak Bumi merupakan lapisan terluar yang memiliki ketebalan tipis dan keras dibandingkan lapisan lainnya. Lapisan ini terdiri dari unsur-unsur kimia. Terdapat dua macam lapisan kerak Bumi, yaitu kerak benua dan kerak samudera. Kerak Benua ini terletak di daratan, ia mengandung Silisium-Magnesium yang bersifat basa, sedangkan Kerak Samudra terdapat di dasar laut, ia mengandung Silisium-Alumunium yang bersifat asam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved